Bahas Kesehatan Mental, BTS Beri Semangat Lewat Pidato Menyentuh

Ketika bisa menerima dan mencintai diri sendiri, kita bisa mencintai orang lain lebih baik

24 September 2020

Bahas Kesehatan Mental, BTS Beri Semangat Lewat Pidato Menyentuh
Youtube.com/United Nations

Pandemi Covid-19 tidak hanya jadi masalah warga Indonesia. Hampir negara dunia terkena dampak dari pandemi ini. Hal ini tentunya mengubah banyak kebiasaan hidup manusia.

Boyband asal Korea Selatan, BTS berpidato dalam acara sidang Umum PBB ke-75 yang tahun ini digelar secara online. Selain BTS, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berpidato dalam forum ini.

Dalam acara tersebut BTS sebagai Brand Ambassador UNICEF menyampaikan semangat untuk semua orang agar bisa bertahan di tengah pandemi ini.

Salah satu member BTS, Park Jimin bahkan merasa sempat putus asa karena adanya Covid-19. Mengingat, BTS dijadwalkan menggelar konser dunia dan harus dibatalkan karena hal ini.

Bagaimana isi pesen dan pidato dari RM BTS dan kawan-kawan ini? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Membahas kesehatan mental selama masa pandemi

1. Membahas kesehatan mental selama masa pandemi
Twitter.com/bts_bighit

Isu kesehatan mental jadi benang merah yang disampaikan BTS. Mengingat isu ini banyak dihadapi oleh anak muda di usia mereka.

Salah satu hal yang digaungkan boyband BTS dari tahun 2017 adalah Love Yourself atau mencintai diri sendiri. Karena lagunya ini, BTS juga didapuk menjadi Brand Ambassador dari UNICEF. Tahun 2018 lalu, BTS juga sempat berpidato di PBB.

Love yourself, speak yourself. Sekarang, lebih dari sebelumnya, kita harus mencoba untuk mengingat kembali siapa diri kita, dan menghadapi siapa kita,” tutur leader BTS, RM dalam pidato sidang PBB tahun 2020.

2. Jimin sempat putus asa karena Covid-19

2. Jimin sempat putus asa karena Covid-19
Youtube.com/United Nations

Dalam pidato yang disampaikan, masing-masing member BTS menyampaikan pesannya masing-masing. Salah satu yang disampaikan oleh Park Jimin atau Jimin adalah ia sempat merasa putus asa.

“Aku merasa putus asa, semuanya terasa hancur. Aku hanya bisa melihat keluar dari jendelaku. Aku hanya bisa pergi ke kamarku,” jelas Jimin.

Mengingat dulu ia bisa hampir setiap hari berdiri di panggung megah dan menyapa fans-nya lewat konser. Dulu Jimin merasa dunianya sangat luas, karena pandemi dunianya menyempit hanya di kamarnya sendiri.

3. Harus isolasi di rumah, Suga merasa dunianya semakin sempit

3. Harus isolasi rumah, Suga merasa dunia semakin sempit
Youtbube.com/United Nations

Pandemi Covid-19 mengubah gaya hidup banyak orang. Pandmei Covid-19 juga jadi hal yang tidak pernah diharapkan terjadi.

Suga melihat dunianya tenggelam secara cepat, dulunya ia bermandikan cahaya di panggung megah. Kini ia hanya bisa menatap langit-langit di kamarnya.

“Namun ketika kembali ke kamarku, dunia menjadi terasa sempit. Kamarku sangat sempit tetapi duniaku dan dunia yang kami capai sangat jauh dan luas,” tutur Suga.

Namun, dalam keadaan seperti ini Suga menyebut bahwa ini bisa jadi ajang untuk lebih dekat dengan penggemar.

Editors' Picks

4. Taehyung ‘V’ juga sempat merasa kesepian

4. Taehyung ‘V’ juga sempat merasa kesepian
Youtube.com/United Nations

Karena pandemi Covid-19 juga membuat Tehyung atau V merasa kesepian. Mengingat pandemi ini sangat sulit dan tak dibayangkan sebelumnya.

“Aku merasa frustasi dan sedih, akan tetapi aku mengambil buku catatanku, menulis lagu, dan memikirkan siapa aku sebelumnya,” jelas V.

Namun, ia berusaha tidak menyerah. Menurut V ini adalah salah satu jalan untuk berjuang dalam hidupnya saat ini.

“Ini adalah tindakan yang dilakukan orang hebat',” jelas V.

5. J-Hope dan member BTS berusaha menerima keadaan

5. J-Hope member BTS berusaha menerima keadaan
Youtube.com/United Nations

Karena pandemi ini, J-Hope dan member BTS yang lain harus bersama di dorm mereka. Namun, ia dan rekan-rekannya melihat bahwa ini bisa menjadi kesempatan mereka untuk membuat musik bersama.

“Inilah tempat musik berasal, dan ini membuat kami jujur. Kehidupan tidak bisa diprediksi. Kita tidak tahu semua jawaban,” jelas J-Hope.

Ia sempat merasa tersesat dan kesusahan di awal. Namun, J-Hope harus percaya kepada diri sendiri dan mencoba yang terbaik. Serta jangan lupa, untuk mencintai diri sendiri dengan keadaan saat ini.

6. Jin berpesan menghargai diri sendiri lebih penting

6. Jin berpesan menghargai diri sendiri lebih penting
Youtube.com/United Nations

Dengan bersama para member BTS, Jin kemudian menemukan lagi passion-nya musik dan dirinya sendiri. Jin menegaskan, kita saat ini harus bisa lebih menghargai diri sendiri.

“Memikirkan masa depan dan bekerja keras memang penting. Tetapi menghargai diri sendiri, menyemangati, dan menjaga diri sendiri agar bahagia adalah hal yang terpenting,” jelas Jin.

Dunia yang saat sedang dalam keadaan tidak pasti. Sehingga kepentingan ‘aku, kamu dan kita’ adalah yang diutamakan. Itu juga jadi pesan dari lagu Love Yourself.

“Itu juga adalah pesan yang ada dalam lirik lagu kami Dynamite. I'm diamond, you know I glow up,” tutur Jin.

7. Lewat lagu, Jungkook ingin musiknya bercerita bagi orang lain

7. Lewat lagu, Jungkook ingin musik bercerita bagi orang lain
Youtube.com/United Nations

Refleksi bayangan ketujuh member BTS di jendela saat mereka bekerja bersama jadi hal yang mengingatkan Jungkook dengan konser-konser yang mereka lalui. Ia dan para member yang lain tidak bisa melihat ‘bintang’ saat ini.

Namun, ia juga sadar lewat lagu BTS bisa menjadi cerita dan dibagikan kepada orang lain. Meski hidup saat ini tidak pasti, kehadiran BTS tidak akan berubah. Ia dan member yang lain berusaha untuk hadir untuk fans mereka, ARMY.

“Jika ada sesuatu yang bisa aku lakukan, jika suara kami bisa memberikan kekuatan untuk orang lain, maka itulah yang kami inginkan dan itulah yang akan kami tetap lakukan,” tutur Jungkook.

8. RM kembali ingatkan untuk mencintai diri sendiri

8. RM kembali ingatkan mencintai diri sendiri
Youtube.com/United Nations

Dalam masa-masa sulit ini, RM mengingat kembali pidato yang pernah ia bawakan di sidang umum PBB tahun 2018 lalu. Bahwa saat ini, semua orang sedang berusaha mengingat dirinya dan menghadapi dirinya sendiri.

“Kita harus mencoba mencintai diri kita sendiri dan membayangkan kembali masa depan. BTS akan selalu bersama kalian. Hari esok mungkin akan terasa gelap, menyakitkan, dan sulit bagi kita. Kita mungkin saja tersandung atau jatuh. Namun bintang-bintang bersinar terang saat malam terasa begitu gelap,” tutur RM.

Leader BTS dengan nama asli Kim Namjoon ini juga menyampaikan poin penting. RM mengajak agar mari kita bangkit dan berjalan bersama. Mari kita berusaha gaungkan lagi mimpi-mimpi yang tertunda.

Meski saat ini semua orang terpaksa di rumah, tapi Namjoon mengajak kita untuk membayangkan ketika dunia sudah kembali normal. Meski tampaknya masih panjang, ia menggandeng agar semua orang bisa bertahan.

Life goes on (hidup terus berjalan),

Life goes on. Let’s live on (hidup terus berjalan. Mari menjalaninya)

Itulah tadi pesan mengharukan dari pidato boyband BTS di sidang umum PBB ke-75 secara online. Saat ini BTS sendiri menjadi salah satu artis yang panas diperbincangkan. Single terbaru mereka Dynimite meraih puncak di tangga lagu Billboard selam dua minggu berturut-turut. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.