Eksklusif: Berhijab setelah Umrah, Tika Bravani Sempat Hadapi Pertentangan Soal Kebebasan Berkarier

Tika sebut gaya berpakaiannya setelah berhijab terinspirasi dari Zaskia Adya Mecca lho

27 April 2021

Eksklusif Berhijab setelah Umrah, Tika Bravani Sempat Hadapi Pertentangan Soal Kebebasan Berkarier
Popmama.com/Sweet Escape

Jalan hidup kadang membawa manusia mengalami keputusan yang mungkin tak pernah terpikirkan dalam waktu cepat.

Banyak kesempatan mungkin sebelumnya, tapi apalah daya, Tuhan kadang punya peran besar dalam membolak-balikkan hati hamba-Nya.

Begitulah yang dirasakan oleh Tika Bravani ketika mantap berhijab pada tahun 2018 lalu. Momen ibadah Umrah itulah yang membuat Millennial Mama of The Month edisi April 2021 ini mendapat panggilan dari Allah SWT untuk menutup aurat. 

Ia merasa saat Umrah itu, Allah SWT menegurnya secara langsung. Hatinya seolah dibolak-balikkan akan rasa ragu dan gundah soal menutup aurat.

"Katanya kalau Allah SWT mau membolak-balikkan hati manusia, dalam sedetik itu ya akan berbalik. Dulu (sebelum Umrah) belum mau dalam waktu dekat pakai hijab. Tapi, ketika waktu Umrah itu muncul (niat) dan menjadi awalnya. Sebelumnya saya sempat berpikir, dari dulu peran saya banyak yang memakai hijab, kenapa tidak sekalian saja (pakai)," jelas Tika dalam wawancara khusus dengan Popmama.com.

Bagaimana perjalanan Tika Bravani mantap berhijab dan akhirnya menemukan gaya yang sesuai dengan dirinya? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Setelah pulang Umrah, Tika Bravani mantap menutup aurat dengan sempurna

1. Setelah pulang Umrah, Tika Bravani mantap menutup aurat sempurna
Popmama.com/Sweet Escape
Photoshoot dilakukan secara virtual

Sebelum melakukan ibadah Umrah pada tahun 2018, Tika memang sempat terpikir untuk berhijab. Namun, niat itu belum semantap dibandingkan setelah ia datang ke rumah Allah SWT itu.

Seluruh keluarga Tika sendiri sudah berhijab sebelumnya. Ketika memantapkan hati untuk berhijab, Tika pun mengalami perjalanan batin yang cukup kompleks.

Tidak tidak memiliki sosok yang menginspirasi dirinya untuk berhijab. Murni karena panggilan Tuhan untuk melaksanakan salah satu kewajiban tersebut.

"Setelah pulang dari Umrah itu udah sudah tidak lepas-lepas hijab lagi. Tidak ada sosok yang menginspirasi saya untuk berhijab cepat, murni karena saya merasa sudah saatnya dan itu adalah kewajiban," tutur Tika. 

2. Didukung keluarga, Tika sempat berpikir soal kebebasannya berkarir ketika berhijab

2. Didukung keluarga, Tika sempat berpikir soal kebebasan berkarir ketika berhijab
Popmama.com/Sweet Escape
Photoshoot dilakukan secara virtual

Keluarga Tika merespons baik keputusannya saat itu. Namun, kegalauan sempat menyelimutinya ketika datang omongan dari rekan sejawat yang ada di dunia entertaiment. 

Sebelum memutuskan berhijab, Tika sempat berpikir apakah keputusannya itu akan membatasi karirnya kelak. Sebab, tentunya ia tak bisa bebas lagi bermain peran apa pun. Namun, Mama satu anak ini lebih memikirkan hal yang positif.

"Dulu kenapa saya tidak mau pakai hijab sebelum Umroh karena berpikir akan membatasi peran. Tapi, setelah memakai (hijab) langsung, pemikiran saya perlahan terbuka, yang Maha Memberikan Rezeki itu pasti punya cara lain. Mungkin tidak dari satu hal saja," tutur Tika. 

Kini, Tika Bravani lebih memiliki pemikiran agar setiap yang ia lakukan berusaha mendatangkan kebaikan bagi sesama. Sehingga ada alasan yang mendasar kenapa ia melakukan suatu hal tersebut. 

"Mau bagaimana pun, kalau misalnya tidak mendatangkan kebaikan atau tidak menjalankan kewajiban, kenapa dilakukan? Sebisanya, cari yang lain saja. Akhirnya sampai sekarang, aman-aman saja. InsyaAllah rezeki ya dari mana-mana, Alhamdulillah, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," pungkas Mama dari Kalam ini.

3. Tika sebut gaya hijabnya terinspirasi dari Zaskia Adya Mecca

3. Tika sebut gaya hijab terinspirasi dari Zaskia Adya Mecca
Popmama.com/Sweet Escape
Photoshoot dilakukan secara virtual

Ketika awal-awal berhijab, diungkapkan Tika jika ia tidak merombak semua isi lemarinya. Gayanya yang boyish membuat isi lemarinya saat itu sudah banyak baju dan celana jeans yang panjang. Sehingga banyak yang ia bisa mix and match dengan gayanya ketika sudah berhijab.

Untuk gaya selebriti andalannya, Tika Bravani menyebut ia sangat menyukasi gaya berhijab Zaskia Adya Mecca. 

"Karena waktu itu main film bareng dan saya rasa melihat dia itu nyaman sekali. Lalu, style-nya masuk juga di saya. Tidak terlalu girly tapi nyaman sekaligus cantik juga," tutur Tika.

Saat ini Tika sendiri memiliki gaya hijab yang cenderung simple dan ready-to-go. Gaya berpakaiannya yang banyak warna rupanya sudah dari dulu lho.

Meski begitu, sebagai Mama-mama, menurut Tika hijab andalannya adalah berbentuk bergo yang sekali pakai tidak pakai jarum apa-apa.

Itulah tadi informasi mengenai cerita dan perjalanan berhijab Tika Bravani. Mama yang mengagumi style hijab dan gaya berpakaian Zaskia Adya Mecca ini menemukan panggilan untuk berhijabnya di waktu yang tidak direncanakan. 

Memang, Allah SWT adalah dzat yang Maha membolak-balikkan hati hamba-Nya.

#MillennialMama of the Month Edisi April 2021 – Tika Bravani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani
Photographer - Sweet Escape

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Tika Bravani
Millennial Mama

Tika Bravani

"Jangan overthinking, kunci sukses berpuasa saat pandemi"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk