Sering Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung

Jangan lupa mengenali makanan apa saja yang sering membuat kembung ya!

20 Oktober 2021

Sering Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Perut Kembung
Freepik.com
Dok. Jovee

Perut kembung adalah kondisi yang umum terjadi. Seseorang yang mengalami perut kembung juga akan merasa lebih sering bersendawa atau kentut.

Dalam kondisi perut kembung, akan terlihat pula bentuk perut yang sedikit membesar daripada biasanya. Perut kembung biasanya terjadi karena ada produksi gas secara berlebihan di perut. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut sering kembung.

Banyak yang meyakini perut kembung terjadi karena pola makan yang tidak teratur, minum minuman bersoda, hingga konsumsi makanan penyebab kembung. Menurut keterangan dokter ahli, ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan perut terasa kembung dan harus dihindari sebisa mungkin.

Dijelaskan Kelvin Halim, nutrisionis dari Jovee, Berikut Popmama.com rangkum daftar makanan yang bisa menyebabkan perut kembung.  

1. Susu bisa menyebabkan perut kembung

1. Susu bisa menyebabkan perut kembung
Freepik.com

Susu mengandung laktosa yang bisa menyebabkan perut kembung. Namun, kondisi perut kembung tidak serta-merta dialami semua orang yang meminum susu. 

Perut kembung yang disebabkan oleh susu hanya terjadi kepada orang yang memiliki alergi terhadap laktosa saja. Sehingga akibatnya bisa mengalami perut kembung setelah minum susu.

2. Sayuran mengandung gas

2. Sayuran mengandung gas
Pexels/daria

Ada beberapa sayuran yang bisa menyebabkan pembentukan gas di perut. Misalnya, kubis, kembang kol, lobak, sawi, dan nangka muda merupakan beberapa contoh sayur bergas.
 
Hal ini karena komponen serat yang tidak mudah dicerna terkandung dalam sayuran tersebut. Zat ini perlu melalui proses fermentasi yang dilakukan bakteri di usus.

Selain itu, kandungan gula kompleks bernama raffinose bisa jadi penyebab jenis sayuran tertentu menyebabkan perut kembung.

Editors' Picks

3. Buah mengandung gas buat perut bergas

3. Buah mengandung gas buat perut bergas
Freepik.com

Selanjutnya, selain sayuran yang bisa menyebabakan kembung ada juga buah-buahan yang meningkatkan gas di dalam perut. Contohnya seperti buah durian, nangka, cempedak, hingga buah awetan. 

Buah-buahan itu menyimpan banyak gas atau lemak yang membuat perut kembung.

4. Konsumsi kacang-kacangan berlebihan juga nggak baik lho

4. Konsumsi kacang-kacangan berlebihan juga nggak baik
Freepik/azerbaijan_stockers

Kacang mengandung serat tidak larut dan biasanya tersaji dalam bentuk makanan kering. Konsumsi kacang diperbolehkan kok, karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan. 

Namun, ada baiknya untuk mengonsumsi kacang dalam jumlah yang tidak berlebihan. Imbangilah konsumsi kacang dengan minum air putih yang banyak sehingga serat pada kacang bisa menyerap air. Hal ini akan lebih melancarkan pergerakan pencernaan kacang di dalam perut.

5. Makanan berlemak susah dicerna dan mengakibatkan permasalahan pada perut

5. Makanan berlemak susah dicerna mengakibatkan permasalahan perut
Pexels/SenuScape

Makanan penyebab kembung lainnya adalah jenis makanan yang berlemak. Makanan yang mengandung banyak lemak akan lebih sulit untuk dicerna sehingga dapat bertahan lama di perut dan mengakibatkan perut kembung.

Cara menghindari perut kembung

Cara menghindari perut kembung
Freepik.com

Mengetahui makanan yang dapat memicu kelebihan gas di perut, kita bisa lebih terhindar dari kondisi perut kembung. Meskipun reaksi setiap orang terhadap makanan di atas berbeda-beda. 

Kenalilah makanan mana yang menurut Mama sering membuat perut kembung sehingga bisa menghindari atau mengurangi untuk mengonsumsinya. Hindari pula gangguan psikologis seperti cemas dan stres, yang berlebihan karena bisa meningkatkan gas di dalam perut. 

Mama juga bisa meninum yoghurt yang mengandung bakteri baik. Sebab, minuman fermentasi ini bisa melawan bakteri jahat yang tinggal di saluran pencernaan termasuk bisa mengatasi perut kembung.

Menyantap nasi beberapa suap juga disebut dapat membantu menghilangkan perut kembung.  Cara lainnya, Mama juga bisa mengonsumsi sari kunyit untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan sekaligus mengeluarkan toksin di dalam tubuh.

Itulah tadi informasi mengenai makanan yang bisa menyebabkan perut kembung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk membantu Mama mengurangi perut kembung setiap hari. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.