Mengenal Manfaat Magnesium Oxide untuk Tubuh, Fungsinya Banyak!

Jika kekurangan kandungan ini bisa memengaruhi kondisi tuhu dalam beraktivitas

9 Juni 2021

Mengenal Manfaat Magnesium Oxide Tubuh, Fungsi Banyak
Pexels/polina-tankilevitch

Magnesium oxide adalah garam oksida dari magnesium yang memiliki sifat antasida, laksatif dan juga menenangkan jaringan otot di dalam tubuh. Magnesium sendiri merupakan material yang terbentuk secara alami. 

Adanya mineral magnesium di dalam tubuh sangat penting terutama untuk mempertahankan fungsi otot, sel, tulang, jantung dan juga sistem saraf agar dapat bekerja dengan normal. Untuk menjaga kadar magnesium tetap ideal, seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi magnesium oxide agar darah tidak kekurangan kadar magnesium atau disebut hipomagnesemia. 

Kelvin Halim, S. Gz., salah satu tim konsultan dari Jovee menyebut agar dapat menjaga jumlah mineral magnesium di dalam tubuh, seseorang dapat mengkonsumsi sejumlah makanan yang memang mengandung material ini. Lebih lanjut lagi, Kelvin juga menjelaskan pentingnya fungsi dari kandungan magnesium oxide yang cukup di tubuh manusia. 

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

Editors' Picks

1. Kekurangan magnesium oxide bisa sebabkan gangguan bagi tubuh

1. Kekurangan magnesium oxide bisa sebabkan gangguan bagi tubuh
Shutterstock/RHJ
Dok. Jovee

Magnesium oxide atau magnesium oksida bisa didapatkan dari obat atau suplemen tambahan yang bisa dikonsumsi oleh mereka yang mengalami kondisi hipomagnesemia. Hipomagnesemia merupakan kondisi kekurangan mineral magnesium di dalam tubuh. 

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami hipomagnesemia yakni salah satunya karena kurang asupan makanan tinggi magnesium seperti produk kacang-kacangan, susu, sayuran berdaun hijau hingga biji gandum utuh.

Orang dengan hipomagnesemia juga bisa dialami karena kondisi tubuh yang tidak mampu menyerap mineral magnesium di usus sehingga banyak yang terbuang. Proses pembuangan magnesium oxide yang berlebihan di dalam urine juga dapat menyebabkan hipomagnesemia.

Mengenai gejala hipomagnesemia, perbedaan muncul pada tiap orang tergantung seberapa parah kondisi yang ada. Berikut merupakan gejala awal yang umum terjadi jika seseorang mengalami kekurangan magnesium:

  • Mual
  • Muntah
  • Kelelahan
  • Nafsu makan menurun
  • Kram otot

Ada beberapa gejala lain yang dapat muncul jika kondisi hipomagnesemia semakin memburuk. Oleh karenanya, Segera temui dokter apabila terjadi gejala-gejala seperti:

  • Mati rasa
  • Kejang
  • Gangguan irama jantung
  • Kelainan pergerakan mata (nistagmus)

2. Fungsi magnesium oxide yang ada di tubuh manusia

2. Fungsi magnesium oxide ada tubuh manusia
Shutterstock/milosducati
Dok. Jovee

Mengonsumsi magnesium oxide untuk memenuhi kekurangan magnesium di dalam darah juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi berikut ini. Jangan anggap remeh soal pentingnya kandungan ini di dalam tubuh ya, karena bisa sangat memengaruhi kinerja tubuh manusia sehari-hari.

Berikut fungsi mangesium oxide yang ada di dalam tubuh:

  • Sebagai antasida dan berperan menurunkan gejala asam lambung tinggi seperti mual, muntah, kembung yang muncul saat seseorang mengalami maag ataupun heartburn.
  • Sebagai obat pencahar untuk mereka yang tengah mengalami sembelit dan dapat melancarkan buang air besar dengan mudah.
  • Menjaga kesehatan otak dari depresi.
  • Dapat mencegah stroke, berdasarkan Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition bahwa kandungan magnesium yang tinggi akan mengurangi timbulnya stroke, terutama ischemic stroke.

Selain untuk tujuan di atas, magnesium oxide juga dapat dimanfaatkan untuk hal lain sesuai dengan anjuran dokter.

3. Perlu saran dokter, jangan asal mengonsumsi suplemen magnesium oxide

3. Perlu saran dokter, jangan asal mengonsumsi suplemen magnesium oxide
Shutterstock/MIAStudio
Dok. Jovee

Meski sangat berguna bagi tubuh, suplemen magnesium oxide tidak dapat dikonsumsi oleh sembarang orang. Oleh karenanya sangat penting sebelum seseorang mengkonsumsi obat ini untuk memberitahukan kondisinya kepada dokter.

Beritahu dokter soal riwayat alergi dengan obat mengandung magnesium atau sedang menjalani pengobatan lainnya. Hal ini dikhawatirkan akan timbul suatu respons yang tidak diinginkan ketika suplemen dengan kandungan magnesium oxide berinteraksi dengan obat lainnya di dalam tubuh.

Khusus untuk beberapa orang dengan kondisi medis tertentu, disarankan untuk bertanya kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi magnesium oxide dalam bentuk apapun. Berikut adalah kondisinya, yakni:

  • Orang dengan penyakit Jantung
  • Orang yang memiliki kadar kalsium 
  • Sering mual dan muntah.
  • Orang dengan kondisi penutupan saluran usus.
  • Ibu hamil dan menyusui.

Itulah tadi informasi mengenai manfaat magnesium oxide untuk Tubuh yang fungsinya banyak. Semoga artikel ini membantu Mama yang ingin mendapatkan informasi seputar kandungan magnesium dioxide untuk tubuh ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.