7 Bahan Alami Pereda Batuk Berdahak

Ada bahan-bahan alami yang bisa Mama manfaatkan sebagai obat batuk berdahak!

2 April 2019

7 Bahan Alami Pereda Batuk Berdahak
Freepik

Hampir semua orang pernah mengalami batuk berdahak. Batuk yang ditandai dengan keluarnya dahak ini memang menimbulkan ketidaknyamanan, terutama saat malam dan saat sedang memulai aktivitas.

Mama merasakan ketidaknyamanan yang muncul saat mengalami batuk berdahak. Eits, jangan buru-buru mengonsumsi obat batuk dulu Ma.

Mama dapat melakukan perawatan sederhana di rumah dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Mama ingin tahu apa saja bahan alami untuk mengatasi batuk berdahak yang Mama derita?

Dilansir dari Everydayroots.com, berikut beberapa diantaranya:

1. Air garam

1. Air garam
Freepik/Awesomecontent

Air garam dapat dijadikan salah satu obat batuk berdahak alami Ma. Air garam dapat meredakan batuk berdahak yang Mama derita termasuk rasa sakit tenggorokan yang mungkin juga dirasakan.

Untuk mendapatkan manfaat air garam, Mama disarankan untuk berkumur dengan air garam setidaknya 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Cara ini dianggap dapat membunuh virus dan bakteri penyebab batuk sekaligus membersihkan dahak di tenggorokan.

2. Minyak kayu putih

2. Minyak kayu putih
Freepik

Ternyata minyak kayu putih juga bisa Mama jadikan sebagai obat alami batuk berdahak. Mama ingin tahu cara mendapatkan manfaatnya? Mudah kok Ma, Mama hanya perlu menyiapkan air panas di dalam baskom kecil lalu teteskan minyak kayu putih secukupnya. Hirup uap dari “ramuan” tersebut secara perlahan Ma.

Menghirup uap minyak kayu putih diklaim mampu mengusir virus dan bakteri penyebab batuk berdahak Ma. Bahkan jika Mama pilek, Mama juga dapat menggunakan cara ini untuk meredakan pilek yang Mama derita.

Editors' Picks

3. Madu

3. Madu
Unsplash/Christina Branco

Mama punya madu di rumah? Manfaatkan sebagai obat batuk alami yuk Ma. Caranya cukup mudah, Mama hanya perlu mencampurkan satu sendok madu murni dengan perasan air jeruk nipis secukupnya.

Lalu minum secara perlahan dan jadikan sebagai obat batuk alami dengan mengonsumsinya secara teratur yaitu 2 kali dalam sehari.

Madu dianggap dapat menjadi obat batu alami karena memiliki sifat antiradang. Juga bersifat antibakteri sehingga bisa mencegah infeksi bakteri batuk berdahak bertambah parah.

4. Lada hitam

4. Lada hitam
Freepik

Selain mencampurkan madu dengan air perasan jeruk nipis, Mama juga bisa mencapurkan madu dengan lada hitam sebagai ramuan alami obat batuk berdahak.

Lada hitam diklaim menjadi salah satu rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak.

Mama disarankan untuk mengonsumsi ramuan madu dan lada hitam ini secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Jahe dan kencur

5. Jahe kencur
Freepik/Dragana_Gordic

Selain lada, rempah lainnya yang juga bisa dijadikan sebagai obat alami mengatasi batu berdahak adalah jahe dan kencur.

Dua rempah yang memang memiliki ragam manfaat ini tak hanya mampu menghangatkan tubuh, tetapi juga dianggap mampu meredakan dan menyembuhkan batuk berdahak.

Untuk meredakan batuk berdahak yang Mama derita, caranya cukup mudah, kupas dan cucu bersih jahe ataupun kencur lalu rebus ke dalam air atau campurkan ke dalam teh hangat.

6. Sup ayam

6. Sup ayam
Freepik/Foodiesfeed

Dilansir dari Livestrong, konsumsi sup ayam dapat membantu meredakan batuk berdahak yang Mama derita.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan para dokter di University of Nebraska Medical Center menunjukkan bahwa kandungan kimiawi yang terdapat pada sup ayam mampu meredakann gejala pilek.

Ini juga dapat membantu meredakan batuk dengan cara melonggarkan lendir di tenggorokan.

7. Biji anggur

7. Biji anggur
Freepik/Jigsawstocker

Dilansir dari Boldsky, biji anggur juga dapat dijadikan sebagai obat batuk berdahak alami Ma.

Hal ini karena dalam biji anggur terkandung zat proanthocyanidins, dan antioksidan yang kuat yang mampu membantu membersihkan paru-paru dari lendir.

Mama disarankan untuk tidak membuang biji anggur saat mengonsumsinya. Atau bisa pula membuat jus anggur tanpa membuang bijinya agar manfaat biji anggur dapat diperoleh.

Itulah 7 bahan alami untuk mengobati batuk berdahak. Mama bisa coba terapkan di rumah.

BacajugaTips Memilih Obat Batuk yang Ampuh untuk Anak

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.