5 Biji-bijian Terbaik yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Biji-bijian punya kandungan antioksidan dan serat yang berguna untuk menyehatkan tubuh

7 Desember 2021

5 Biji-bijian Terbaik Bermanfaat Kesehatan Tubuh
Freepik/Stockking

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya berolahraga rutin, tidur dan istirahat yang cukup, menghidrasi tubuh dengan banyak minum air, serta mengonsumsi makanan kaya nutrisi.

Makanan kaya nutrisi tak hanya berasal dari buah-buahan dan sayuran lho. Faktanya ada beberapa jenis biji-bijian terbaik, yang jika dikonsumsi memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh.

Biji-bijian merupakan sumber lemak sehat, serat, dan mineral, dimana ini sangat berdampak baik untuk kesehatan tubuh, demikian seperti dilansir dari Cleveland Clinic.

Nah kira-kira, biji-bijian apa saja yang baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh kita?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai 5 biji-bijian terbaik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak sampai akhir ya!

1. Flaxseed atau biji rami punya kandungan senyawa polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan

1. Flaxseed atau biji rami pu kandungan senyawa polifenol bermanfaat kesehatan
Pixabay/angelicavaihel

Flaxseed adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman rami. Selama berabad-abad lamanya, flaxseed dipercaya sebagai biji-bijian yang bermanfaat untuk kesehatan.

Flaxseed kaya akan serat, protein dan potasium, serta mengandung lignan atau senyawa polifenol yang lebih banyak daripada makanan nabati lainnya.

Dilansir dari Healthline, flaxseed bermanfaat untuk kesehatan karena membantu mengurangi risiko penyakit kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kadar gula darah tetap normal, serta membantu mengontrol berat badan.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Ketika mengonsumsinya, ada kemungkinan tubuh kita kesulitan dalam mencerna flaxseed. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengonsumsi flaxseed yaitu dengan menggilingnya hingga halus agar mudah dicerna.

Kamu bisa mencampurkan flaxseed ke dalam sereal, yoghurt, dan smoothies, serta menggunakannya sebagai pengganti tepung dalam resep muffin atau roti. Tak perlu banyak-banyak untuk mendapatkan manfaatnya, cukup satu sendok makan flaxseed setiap harinya ya.

Editors' Picks

2. Chia seed atau biji chia bisa bantu penuhi kebutuhan omega 3 tubuh kita

2. Chia seed atau biji chia bisa bantu penuhi kebutuhan omega 3 tubuh kita
Pixabay/ValeriaLu

Chia seed atau biji chia adalah sumber omega 3 nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi bagi kamu yang tidak begitu suka makan ikan, biji chia dapat membantu memenuhi kebutuhan omega 3 tubuh nih.

Selain kaya omega 3, chia seed juga mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang kuat seperti caffeic acid, chlorogenic acid, kaempferol, quercetin.

Menurut Webmd, kandungan nutrisi chia seed sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya menangkal radikal bebas, menyehatkan jantung, menjaga kadar gula darah dalam tubuh, meredakan peradangan, serta menyehatkan otot dan tulang.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Cara terbaik untuk mengonsumsuinya yaitu dengan mencampurkan ¼ cangkir air dengan 1 sendok makan chia seed. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum diminum.

Selain itu, kamu bisa juga mengonsumsi chia seed untuk mendapatkan manfaatnya, dengan mencampurkan satu atau dua sendok chia seed ke dalam puding atau smoothie buah segar.

3. Pumpkin seed atau biji labu mengandung kalsium untuk kesehatan tulang

3. Pumpkin seed atau biji labu mengandung kalsium kesehatan tulang
pixabay.com/2102033

Pumpkin seed atau biji labu meskipun memiliki bentuk yang kecil, ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan kita lho. Di Spanyol, pumpkin seed dikenal sebagai “Pepita” yang berarti biji labu kecil. Ini karena pumpkin seed berbeda dengan biji labu putih yang umumnya keras.

Pumpkin seed mengandung sejumlah besar lemak sehat, potasium, kalsium, magnesium, seng dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, pumpkin seed bermanfaat untuk kesehatan diantaranya meningkatkan sistem imun tubuh, serta membantu menyehatkan tulang, jantung, kulit dan mata. Selain itu, pumpkin seed juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, karena batu mencegah infeksi rahim yang bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Pumpkin seed termasuk jenis biji-bijian yang mudah dikonsumsi. Kamu bisa memakannya baik dengan kulit maupun tanpa kulit. Faktanya, pumpkin seed yang dimakan bersama dengan kulitnya, mengandung lebih banyak serat.

Biasanya pumpkin seed dikonsumsi dengan cara dipanggang dan digunakan sebagai campuran bumbu. Tapi tenang saja, kamu bisa mengonsumsinya langsung dengan mencampurkan pumpkin seed ke dalam salad atau sayuran tertentu.

4. Sunflower seed atau biji bunga matahari kaya mineral untuk menyehatkan jantung

4. Sunflower seed atau biji bunga matahari kaya mineral menyehatkan jantung
Freepik/8photo

Sunflower seed dipanen dari bagian kepala bunga matahari. Sunflower seed berwarna putih dengan tekstur yang lembut, biasanya terbungkus oleh cangkang berwarna hitam disertai garis putih tipis.

Selain dikenal memiliki rasa yang khas, sunflower seed juga kaya kandungan mineral, selenium, serta vitamin B dan E.

Menurut Healthline, mengonsumsi sunflower seed bermanfaat untuk meredakan inflamasi di dalam tubuh, menyehatkan jantung, serta membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Mengonsumsi sunflower seed cukup mudah kok, kamu bisa membelinya dalam bentuk utuh baik dengan kulit maupun tanpa kulit. Kulitnya bisa kamu gigit dan buang terlebih dahulu sebelum memakan isinya.

Sebaiknya pilihlah produk biji bunga matahari tanpa tambahan perasa asin ya. Ini karena natrium sebagai penambah rasa asin, berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

5. Sesame seed atau biji wijen menyehatkan sistem pencernaan karena kaya serat

5. Sesame seed atau biji wijen menyehatkan sistem pencernaan karena kaya serat
Pixabay/Pezibear

Sesame seed atau biji wijen adalah biji kecil dengan rasa renyah, yang mengandung banyak lemak sehat. Biji ini tumbuh di dalam tanaman bernama Sesamum indicum.

Biji wijen kaya akan serat, protein, vitamin, mineral dan antioksidan. Dimana nutrisi ini sangatlah dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kamu.

Dilansir dari Healthshots, biji wijen bermanfaat melancarkan buang air besar, mengatasi sembelit, mengurangi risiko tubuh terserang flu, mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, melawan stres oksidatif dan radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh, serta meningkatkan energi.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu boleh mengonsumsinya langsung dengan cara menaburkan biji wijen ke dalam makanan atau beragam jenis kue. Selain itu, kamu bisa juga nih menggunakan produk minyak wijen atau wijen bubuk.

Nah, itulah tadi informasi mengenai 5 biji-bijian terbaik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui manfaatnya untuk kesehatan, mana yang terlebih dahulu ingin kamu coba di rumah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk