5 Daftar Artis dan Tokoh Indonesia yang Punya NFT, Ada Luna Maya

Bahkan karya digital mereka ada yang laku terjual dengan harga 1M Ma!

18 Januari 2022

5 Daftar Artis Tokoh Indonesia Pu NFT, Ada Luna Maya
Instagram.com/princessyahrini/ridwankamil

Non-Fungible Token (NFT) belakangan ini sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat nih Ma.

Singkatnya, NFT ini adalah aset digital yang merupakan objek asli berupa karya seni, musik, atau item lainnya berbentuk video dan game dalam format JPEG, PNG dan MP4. Dengan begitu, karya tersebut bisa dipastikan keasliannya dan dapat diperdagangkan melalui blokchain

Karena bisa menghasilkan keuntungan yang besar, hal ini tentunya membuat banyak orang tertarik untuk punya NFT. Mulai dari kalangan artis, influencer, hingga tokoh peting di Indonesia diketahui menjual karya melalui NFT. Penasaran ada siapa saja?

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 Artis dan tokoh Indonesia yang punya NFT. Simak dulu yuk!

1. Syahrini

1. Syahrini
Instagram.com/princessyahrini

Mengikuti tren yang sedang berkembang, Syahrini diketahui juga turut menjual NFT miliknya per tanggal 14 Desember 2021 lalu, via Binance. 

Menariknya, saat baru satu hari dipasarkan, karya dari Syahrini diketahui langsung laris manis dan habis terjual dalam waktu kurang dari 10 jam. NFT dari Syahrini yang dijual ini memperlihatkan gambar seorang perempuan mengenakan hijab berwarna lilac, yang mirip seperti dirinya.

Selain itu, Syahrini dikabarkan menjadi perempuan berhijab pertama yang ada di NFT lho Ma. Hal ini menurut penuturan Aisyahrani selaku adik sekaligus manajer Syahrini, dalam unggahan Instagram @syh55.

Editors' Picks

2. Anang Hermansyah

2. Anang Hermansyah
Instagram.com/ananghijau

Artis yang diketahui menjual karyanya melalui NFT lainnya ada Anang Hermansyah. Bahkan diketahui Anang telah mempersiapkan beberapa benda pribadinya untuk diperjualbelikan. Mengusung nama ASIX, kabarnya barang-barang tersebut berkaitan langsung dengan kisah hidupnya bersama Ashanty.

Tak hanya karya NFT, ASIX juga merupakan token yang memungkinkan para pengguna untuk memainkan beragam game berteknologi blockhain. Dimana game-game yang bisa dimainkan merupakan game dengan tema tradisional khas Indonesia seperti Congkak dan Layangan.

Bahkan banyak yang meyakini kalau marketplace NFT milik Anang Hermansyah ini nantinya bisa jadi yang terbesar di Asia lho Ma. Karena akan mengundang banyak artis-artis Indonesia lainya untuk bergabung menjual karyanya melalui NFT.

3. Luna Maya

3. Luna Maya
Instagram.com/lunamaya

Pada Juni 2021 lalu, Tokau kreator NFT asal Jepang diketahui menggandeng Luna Maya untuk meluncurkan karya digital dalam jumlah yang terbatas.

Aset NFT Luna Maya yang hanya terdapat 10 item ini dijual melalui platform NFT populer seperti Bakery Swap. Hal ini membuat para penggemar Luna Maya bisa mendukungnya dengan mengoleksi karya digital orisinal Luna Maya. 

Melalui unggahan akun Instagramnya pada awal Juni 2021, Luna menunjukkan semangatnya saat meluncurkan NFT tersebut.

"Hai semuanya, saya sangat bersemangat untuk segera meluncurkan NFT saya bersama Tokau di Bakery Swap," tulis Luna Maya.

4. Denny JA

4. Denny JA
opensea.io

Pada 16 April 2022, artis sekaligus penulis buku terkenal Denny JA juga diketahui menjual lukisan dirinya. Lukisan tersebut diberi judul "A Portrait of Denny JA 40 Years in the World of Ideas".

Tak hanya sekedar gambar digital, lukisan yang menyerupai wajahnya tersebut diketahui dibuat berdasarkan 102 sampul buku karya Denny, yang telah ditulisnya selama 40 tahun berkarya.

Lukisan karya Galam Zulkifli dijual Denny melalui platform OpenSea dengan akun Studio-DennyJA. Kemudian pada 22 April, lukisan tersebut ditawar dan terjual dengan harga 27,5 ETH atau sekitar Rp 1 miliar. Wow!

5. RIdwan Kamil

5. RIdwan Kamil
Instagram.com/ridwankamil

Bagi Mama yang tinggal di Jawa Barat, tentu kenal dong dengan Ridwan Kamil?

Gubernur Jawa Barat ini juga diketahui menjual lukisan milik salah satu seniman yang biasa berkarya di Jalan Braga, Bandung. Lukisan tersebut berhasil dijual dengan harga 0,09 ETH atau sekitar 4,2 juta rupiah. 

Berkat hal ini, beliau berencana akan membuat akun khusus Pemprov Jawa Barat di salah satu platform NFT yakni OpenSea. Ini dilakukannya untuk membantu menjual berbagai macam karya seniman lainnya yang ada di Kota Bandung. Dimana proses penjualan ini akan dilakukan secara kolektif, guna meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Itulah tadi Ma, 5 daftar artis dan tokoh Indonesia yang punya NFT. Nah gimana, setelah mengetahuinya apakah Mama ikut tertarik juga untuk menjual karya digital lewat akun NFT?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk