5 Essential Oil yang Efektif untuk Meredakan Sakit Kepala

Eucalyptus oil bisa meredakan sakit kepala akibat sinus lho!

18 September 2021

5 Essential Oil Efektif Meredakan Sakit Kepala
Pixabay/monicore

Apakah kamu sering mengalami sakit kepala?

Ada banyak faktor yang menyebabkan kamu mengalami sakit kepala, mulai dari stres, insomnia, kecemasan berlebih, hingga penyakit lain seperti sinus.

Nah, selain mengatasinya dengan minum obat, kamu bisa juga loh menggunakan essential oil untuk meredakan sakit kepala. Kandungan essential oil dipercaya mampu mengurangi ketegangan pada otot tubuh terutama kepala, serta membantu kamu untuk lebih rileks.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan daftar 5 essential oil yang efektif untuk meredakan sakit kepala, dilansir dari Healthline. Yuk disimak, supaya kamu nggak bingung lagi memilihnya.

1. Lavender oil punya aroma yang menenangkan untuk meredakan sakit kepala akibat stres

1. Lavender oil pu aroma menenangkan meredakan sakit kepala akibat stres
Pixabay/googlerankfaster

Lavender oil bermanfaat untuk menghilangkan stres dan relaksasi tubuh. Menurut studi tahun 2013, menemukan bahwa orang-orang melaporkan berkurangnya rasa sakit kepala yang signifikan, hanya setelah 15 menit mereka menghirup aroma lavender oil.

Selain itu, menghirup aroma lavender oil juga dipercaya mampu mengatasi migrain lho. Ini menjadi bukti yang kuat bahwa lavender oil dapat membantu kamu meredakan rasa sakit di kepala.

Kamu bisa mengoleskan lavender oil ke kulit, menggunakan diffuser untuk essential oils, atau menambahkannya beberapa tetes ke dalam bak mandi air hangat.

Editors' Picks

2. Peppermint oil mengandung mentol untuk merelaksasi otot kepala yang tegang

2. Peppermint oil mengandung mentol merelaksasi otot kepala tegang
Freepik/Elenglush

Peppermint oil adalah salah satu essential oil yang paling umum digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan migrain. Peppermint oil, selain efektif untuk meredakan sakit kepala juga memiliki aroma yang menenangkan. Kandungan mentol di dalamnya, membantu kamu meredakan sakit kepala dan merelaksasi otot-otot yang tegang.

Untuk menggunakannya, kamu bisa melarutkan peppermint oil dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa, lalu langsung oleskan saja pada bagian pelipis.

3. Rosemary oil memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik alami

3. Rosemary oil memiliki sifat antiinflamasi analgesik alami
Freepik/User6694312

Rosemary oil memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik alami yang cukup kuat. Analgesik biasa kita kenal sebagai penghilang rasa sakit. Essential oil yang satu ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama turun temurun untuk mengurangi stres, menghilangkan sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Menurut penelitian pada tahun 2013, rosemary oil juga bisa membantu mengurangi insomnia dan mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang.

Teteskan rosemary oil ke area yang sakit, lalu lakukan pemijatan di area tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat rosemary oil, dengan cara mencampurkannya  beberapa tetes ke dalam bak mandi yang berisi air hangat.

4. Chamomile oil membantu kamu melemaskan dan menenangkan otot yang tegang

4. Chamomile oil membantu kamu melemaskan menenangkan otot tegang
Freepik/Statiana

Essential oil yang bisa meredakan sakit kepala lainnya adalah chamomile oil. Chamomile oil bisa membantu melemaskan dan menenangkan otot yang tegang. Karena alasan ini, chamomile oil dipercaya bisa membantu meredakan sakit kepala. Selain itu, chamomile oil juga membantu kamu mengatasi kecemasan dan insomnia, yang merupakan penyebab umum sakit kepala.

Chamomile oil tidak direkomendasikan untuk ibu hamil ya, karena bisa berisiko menyebabkan keguguran.

Tuangkan beberapa tetes chamomile oil ke dalam bak mandi berisi air panas, lalu kamu bisa menghirup uapnya untuk meredakan sakit kepala.

5. Eucalyptus oil membantu meredakan sakit kepala akibat sinus

5. Eucalyptus oil membantu meredakan sakit kepala akibat sinus
Freepik/bowonpat

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kamu mengalami sakit kepala, salah satunya karena masalah sinus. Jika sinus menjadi penyebabnya, maka eucalyptus oil bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit kepala.

Essential oil ini akan membuka saluran hidung, membersihkan sinus dan membantu meredakan ketegangan sinus yang menyebabkan kamu mengalami sakit kepala. Menurut penelitian, kombinasi peppermint dan eucalyptus bisa memberikan efek relaksasi pada otot dan pikiran sehingga sakit kepala bisa mereda.

Gunakan eucalyptus oil dengan cara mengoleskannya ke dada untuk membantu membersihkan sinus. Tak hanya itu, kamu bisa juga menambahkan beberapa tetes eucalyptus oil ke dalam air panas untuk menghirup uapnya.

Nah, itulah tadi 5 essential oil yang efektif untuk meredakan sakit kepala.

Setiap orang tentu punya selera masing-masing dalam memilih essential oil, yang paling utama biasanya terkait dengan aromanya. Tapi mengingat manfaatnya untuk meredakan sakit kepala, sepertinya tak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari kelima essential oil tersebut ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.