Amerika Serikat Imbau Seks Virtual untuk Cegah Cacar Monyet

Penyakit cacar monyet bisa menyebar ke siapa saja melalui kontak dekat

27 Juni 2022

Amerika Serikat Imbau Seks Virtual Cegah Cacar Monyet
Pexels/Fauxels

Pemerintah Amerika Serikat tengah berusaha menekan penyebaran penyakit cacar monyet. Penyakit cacar monyet menyebar melalui kontak fisik, terutama ketika berhubungan seksual. 

Cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox yang kembali ditemukan pada April 2022 lalu. Hingga Minggu (26/6/2022), tercatat lebih dari 1.000 kasus cacar monyet di dunia di mana Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus terbanyak. 

Oleh karena itu, pemerintah AS mulai gencar memberikan imbauan untuk menekan laju penyebaran cacar monyet. Salah satu imbauan yang disampaikan kepada masyarakat ialah melakukan seks virtual. 

Apakah seks virtual benar-benar bisa menekan angka kasus cacar monyet di Amerika Serikat? Berikut beberapa fakta yang dirangkum Popmama.com secara lebih detail. 

Editors' Picks

1. Imbauan seks virtual 

1. Imbauan seks virtual 
Pexels/Capondesign

Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyampaikan saran untuk melakukan seks secara virtual untuk mencegah penularan cacar monyet. Saran tersebut tercantum dalam panduan CDC yang berjudul Social Gatherings, Safer Sex, and Monkeypox

“Jika Anda atau pasangan mengidap atau diduga mengidap cacar monyet, maka pertimbangkan untuk mengurangi risiko penyebaran virus,” tulis keterangan yang dirilis CDC. 

Salah satu cara mencegah penularan cacar monyet dari CDC, yakni melakukan seks virtual, tanpa adanya kontak langsung. Cara tersebut dinilai aman untuk mengendalikan kasus cacar monyet di Amerika Serikat. 

2. Waspada luka dan ruam di kulit

2. Waspada luka ruam kulit
Pexels/Mali

CDC juga menyarankan masyarakat untuk mewaspadai luka maupun ruam di kulit dan organ intim yang muncul secara tiba-tiba. 

“Jika Anda atau pasangan sedang sakit atau memiliki ruam dan luka di kulit, jangan berhubungan seks terlebih dahulu. Segera temui penyedia layanan kesehatan,” tulis CDC. 

3. Panduan seks untuk cegah cacar monyet

3. Panduan seks cegah cacar monyet
Pexels/Mentatdgt-330508

Selain mengimbau untuk melakukan seks virtual, CDC juga memberikan panduan untuk kontak seksual yang aman dari penyebaran cacar monyet. Pertama, masturbasi dilakukan bersama dengan jarak minimal 2 meter, tanpa saling menyentuh. 

Selanjutnya, melakukan hubungan seks dengan tetap memakai pakaian yang menutupi ruam atau luka, sehingga bisa mengurangi kontak kulit. Ketiga, hindari berciuman. 

Lalu, cuci tangan dan mainan seks setelah berhubungan seks. Terakhir, hindari berganti-ganti pasangan untuk mencegah penularan cacar monyet. 

Perlu diingat, penyakit cacar monyet bisa menyebar ke siapa saja melalui kontak dekat, terutama yang memiliki ruam atau luka di kulit. 

Semoga informasi ini bisa memberikan pengetahuan baru, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk