Ingat, Rute KRL Bogor-Tanah Abang Dihapus Mulai 28 Mei

Perubahan rute hanya berdampak pada relasi Bogor, Depok, Nambo

24 Mei 2022

Ingat, Rute KRL Bogor-Tanah Abang Dihapus Mulai 28 Mei
Twitter.com/CommuterLine

Pelaksanaan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai menyebabkan perubahan sejumlah rute perjalanan kereta rel listrik (KRL). Rute perjalanan yang terdampak ialah rute Bogor, Depok, dan Nambok menuju Jakarta Kota dan Tanah Abang. 

Vice President Corporate Communication Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan bahwa perubahan rute hanya berdampak pada relasi Bogor, Depok, Nambo. Rute-rute tersebut hanya melayani perjalanan menuju Jakarta Kota menuju Stasiun Manggarai. 

“Seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron 10, 11, 12, dan 13 di Stasiun Manggarai,” kata Anne. 

Berikut Popmama.com telah merangkum perubahan rute perjalanan KRL yang akan berlaku mulai 28 Mei 2022. Simak beberapa faktanya ya, Ma!

Editors' Picks

1. Rute menuju Stasiun Tanah Abang-Sudirman dihapus

1. Rute menuju Stasiun Tanah Abang-Sudirman dihapus
Twitter.com/CommuterLine

Anne menjelaskan bahwa rute perjalanan KRL menuju Stasiun Tanah Abang, Sudirman, dan Kampung Bandang dihapus seiring pelaksanaan switch over di Stasiun Manggarai mulai 28 Mei 2022. 

Bagi penumpang dari arah Bogor, Depok, dan Nambo yang ingin pergi ke Stasiun Tanah Abang, Sudirman, dan Kampung Bandan, mereka harus transit terlebih dahulu di Stasiun Manggarai. 

“Para pengguna yang akan menuju Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Jatinegara, dan Bekasi dapat melakukan transit di Stasiun Manggarai dan menunggu keberangkatan di peron jalur 6 atau 7,” ujar Anne. 

2. Jumlah perjalanan KRL ditambah

2. Jumlah perjalanan KRL ditambah
Twitter.com/CommuterLine

Perubahan rute perjalanan itu akan didukung dengan penambahan jumlah perjalanan KRL lintas Bogor, Depok, dan Nambo. Jumlah perjalanan akan ditambah 406 perjalanan per hari. 

“Untuk penomoran perjalanan KRL relasi Bogor/Depok menuju Jakarta Kota yaitu 4.000 sampai 4.499 dan perjalanan KRL relasi Nambo menuju Jakarta Kota yaitu mempunyai nomor perjalanan 4.500 sampai 4.999,” jelas Anne. 

3. Kecepatan KRL lintas Bogor berubah

3. Kecepatan KRL lintas Bogor berubah
Twitter.com/CommuterLine

Pelaksanaan SO ke-5 juga menyebabkan perubahan kecepatan KRL lintas Bogor. Sebelumnya, kecepatan maksimal kereta hanya 70 km per jam. Kini, kecepatan akan bertambah menjadi 90 km per jam dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Jakarta Kota. 

“Kecepatan perjalanan dari Bogor menuju Manggarai masih tetap yaitu 70 km per jam dengan headway perjalanan rata-rata lima menit,” kata Anne. 

Untuk diketahui, KAI Commuter beroperasi setiap hari mulai pukul 04.00 sampai 00.00 WIB dengan 1.054 perjalanan KRL di wilayah Jabodetabek. Anne pun mengimbau penumpang tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk