7 Buah Ajaib yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Sudah coba salah satunya?

31 Juli 2020

7 Buah Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat
Freepik/katemangostar

Tak selalu jahat, pada dasarnya kolesterol di dalam tubuh dibagi menjadi dua macam, yakni high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL).

HDL sering disebut sebagai kolesterol 'baik' yang berperan mengangkut kolesterol LDL (yang merupakan kolesterol 'jahat') dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan.

Namun, saat kolesterol di dalam tubuh berlebih, ia akan mengendap pada dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Lama-kelamaan endapan lemak ini akan mengeras di dinding pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit.

Hal inilah yang bisa memicu penyakit jantung atau stroke. Oleh sebab itu, kadar kolesterol dalam darah harus terus dikontrol.

Jika terlalu tinggi, hal tersebut bisa memunculkan penyakit berbahaya. Untuk mengatasinya, kamu perlu menjaga pola makan sehat dan membatasi asupan lemak jenuh.

Untuk itu, kamu bisa mulai mengonsumsi buah-buahan untuk memulai pola makan sehat.

Tak main-main, buah-buahan memiliki senyawa kimia yang dapat membatasi penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Selain itu, buah-buahan juga bisa menaikkan kadar kolesterol baik.

Lantas, apa saja jenis buah yang baik untuk menurunkan kolesterol? Berikut Popmama.com telah merangkum ketujuh daftarnya!

1. Apel mengandung pektin yang dapat menyerap kolesterol jahat

1. Apel mengandung pektin dapat menyerap kolesterol jahat
Unsplash/Priscilla Du Preez

Mengonsumsi apel secara rutin terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat ini didapat dari senyawa polifenol sebagai antioksidan yang ada pada kulit buah apel.

Tak hanya itu, apel juga mengandung pektin yang mampu menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus, lalu dikeluarkan dari tubuh lewat urin dan feses.

Selain memakan langsung buah apel, kamu juga bisa mengonsumsi cuka apel yang ampuh dalam meningkatkan HDL. Bagi penderita diabetes tipe 2, cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Tomat mengandung likopen yang dapat mengurangi kolesterol

2. Tomat mengandung likopen dapat mengurangi kolesterol
Freepik/azerbaijan_stockers

Selain apel, tomat juga kaya akan kalium serta vitamin A dan C. Senyawa likopen yang terkandung di dalam tomat juga sangat efektif mengurangi kolesterol LDL.

Berdasarkan penelitian, dengan mengonsumsi 60 gram pasta tomat atau sari dari satu buah tomat setiap hari sudah cukup untuk memperoleh khasiat buah tomat.

Buah penurun kolesterol yang satu ini hampir bisa dipastikan kalau mudah didapatkan oleh siapapun.

Editors' Picks

3. Anggur mengandung zat catechin yang dapat meningkatkan kolesterol baik

3. Anggur mengandung zat catechin dapat meningkatkan kolesterol baik
Pixabay/skeeze

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah anggur. Anggur mengandung antioksidan quercetin yang dapat mencegah peradangan dalam tubuh.

Buah penurun kolesterol satu ini juga memiliki kandungan flavonoid yang bisa mencegah penggumpalan darah dan menangkal radikal bebas.

Selain quercetin dan flavonoid, ada juga zat catechin yang bisa menaikkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

Kamu cukup mengonsumsi anggur sekitar 200 gram untuk mengurangi tanda-tanda peradangan.

4. Kelompok berry mengandung pterostilbene yang dapat mencegah penumpukan plak

4. Kelompok berry mengandung pterostilbene dapat mencegah penumpukan plak
Pixabay/PublicDomainPictures

Kelompok buah berry seperti strawberry, blueberry dan cranberry dikenal sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Tingginya antioksidan pada buah berry ini mampu melawan lemak jahat.

Selain itu, pterostilbene yang ditemukan pada kelompok beri-berian dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri yang jika dibiarkan lama kelamaan bisa menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke.

5. Pisang dapat menghajar kolesterol jahat dengan membasmi endapan lemak

5. Pisang dapat menghajar kolesterol jahat membasmi endapan lemak
Pexels/Alexandar Pasaric

Buah berikutnya yang efektif menghajar kolesterol jahat adalah pisang. Cara kerja pisang dalam menghajar kolesterol jahat adalah dengan membasmi endapan lemak dari sistem pencernaan, sehingga endapan lemak tersebut tidak masuk ke dalam aliran darah lalu menyumbat arteri.

Jika pembuluh darah bebas dari plak lemak yang menempel, pastinya kesehatan jantung dan organ lainnya akan tetap terjaga dan bebas dari masalah.

Jika ingin hasil yang lebih optimal untuk kesehatan jantung, campurkan pisang dengan chia seed ke dalam oatmeal sebagai sarapanmu setiap pagi.

6. Pir merupakan sumber serat larut air yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol

6. Pir merupakan sumber serat larut air sangat baik menurunkan kolesterol
Freepik/stockvault

Pir adalah buah penurun kolesterol yang merupakan sumber serat larut air yang sangat baik. Makanan dengan tinggi serat alami bisa kamu dapatkan pada buah pir.

Satu buah pir ukuran sedang dapat memenuhi 16% dari kebutuhan harian serat manusia. Jenis serat tersebut bernama pektin.

Pektin sebagai karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah pir bisa membantu membersihkan usus dan melancarkan buang air besar.

Dalam membantu menurunkan kolesterol, pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh. Sehingga kadar kolesterol LDL tubuh pun menurun.

7. Jambu biji mengandung kadar kalium yang dapat membantu menurunkan kolesterol

7. Jambu biji mengandung kadar kalium dapat membantu menurunkan kolesterol
Freepik/Premwatthanakul

Sama seperti anggur, jambu biji juga mengandung banyak flavonoid yang berperan dalam menghindari kerusakan jantung akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu, kadar kalium dan serat larut air juga membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa jika kamu rutin mengonsumsi jambu sebanyak 900 gram setiap hari selama 2 bulan, dapat membantu penurunan kadar kolesterol LDL yang signifikan.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa memotong-motong buah jambu biji dan dimakan secara langsung, atau tak sedikit orang juga yang menikmatinya sebagai jus buah jambu biji. 

Nah, itulah ketujuh buah ajaib yang ampuh menurunkan kolesterol.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.