Manfaat Mengonsumsi Kacang Arab yang Jarang Disadari Orang

Yuk cari tahu manfaatnya!

14 Oktober 2021

Manfaat Mengonsumsi Kacang Arab Jarang Disadari Orang
Pixabay/PDPics

Salah satu oleh-oleh yang cukup populer setelah pulang dari ibadah umroh atau haji antara lain adalah kacang Arab. Dikalangan umum, kacang ini lebih sering disebut dengan nama chickpeas. Namun, karena banyak yang membawa kacang ini sepulang dari negara-negara Arab sebagai oleh-oleh maka banyak yang menyebutnya dengan kacang Arab.

Tekstur dari kacang ini cenderung lembut jika dibandingkan dengan jenis kacang yang lainnya. Biasanya, kacang Arab yang dibawa sebagai oleh-oleh sudah berupa kacang panggang yang siap makan. Tetapi sebetulnya kacang ini juga biasa dijadikan sup, saus, salad, atau bahan makanan lainnya.

Banyak yang tidak menyadari bahwa mengonsumsi kacang Arab ternyata banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Tak hanya enak untuk dikonsumsi, kacang Arab bisa menjadi pilihan camilan atau makanan yang menyehatkan.

Ada beberapa informasi terkait manfaat kacang Arab yang Popmama.com dapatkan. Simak informasi lengkapnya berikut ini ya, Ma!

1. Menjaga fungsi sistem pencernaan

1. Menjaga fungsi sistem pencernaan
Freepik/user6014584

Mengonsumsi kacang Arab dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan flora di dalam usus. Kondisi kehidupan flora yang seimbang akan membuat fungsi pencernaan bekerja dengan baik.

Menilik dari laman Harvard School of Public Health yang menerangkan bahwa kacang Arab memiliki kandungan serat yang dapat larut di dalam tubuh. Kandungan tersebut akan difermentasi oleh bakteri baik di dalam usus yang disebut dengan Bifidobacterium. Saat bakteri tersebut memecah kandungan serat kacang Arab akan terbentuk asam lemak rantai pendek yang disebut dengan butyrate

Butyrate berfungsi untuk mengurangi inflamasi pada dinding sel usus dan meningkatkan keteraturan pada usus. Dengan begitu, kesehatan pencernaan usus akan meningkat dengan mengonsumi kacang Arab.

Editors' Picks

2. Mengontrol nafsu makan

2. Mengontrol nafsu makan
Pexels/Life of Pix

Kacang Arab akan menjadi pilihan camilan yang sangat baik untuk mengontrol nafsu makan. Sebab, kacang Arab tinggi akan kandungan serat dan protein. Kedua kandungan tersebut bersinergi untuk memperlambat pencernaan mencernanya yang artinya membantu untuk rasa kenyang.

3. Sebagai sumber protein nabati yang tinggi

3. Sebagai sumber protein nabati tinggi
pixabay.com

Kacang Arab menjadi pilihan baik sebagai sumber protein nabati. Kandungan protein di dalam kacang Arab sebanyak 3 gram dalam setiap 28 gram.

Dalam beberapa studi memperkirakan kalau kualitas protein pada kacang Arab lebih baik dibandingkan jenis tumbuhan polong lainnya. Tetapi tetap disarankan untuk memvariasikan jenis makanan untuk mencegah kekurangan nutrisi.

4. Mampu menjaga berat badan

4. Mampu menjaga berat badan
Pixabay/mojzagrebinfo

Dalam hal mengontrol berat badan, kacang Arab memiliki peran tersebut. Kandungan protein dan serat yang cukup tinggi berperan besar terhadap hal itu. 

Kacang Arab akan menjaga perut untuk merasa kenyang lebih lama. Hal ini akan membuat jumlah konsumsi makanan yang dimakan menjadi berkurang.

Otomatis jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang. Di samping itu, kacang Arab juga termasuk makanan yang memiliki kandungan kalori rendah.

5. Membantu mengontrol kadar gula darah

5. Membantu mengontrol kadar gula darah
Pixabay/stevepb

Ada beberapa faktor yang menjadikan kacang Arab berperan dalam mengontrol gula darah. Pertama, kacang Arab memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Sehingga apabila kacang Arab dikonsumsi tidak akan menaikkan gula darah secara drastis.

Kedua, telah disebutkan sebelumnya bahwa kacang Arab kaya akan kandungan serat dan protein. Kedua kandungan tersebut juga membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Ternyata walaupun ukurannya cukup kecil, kacang Arab memiliki banyak manfaat yang tidak disadari oleh banyak orang. Jadi jangan ragu untuk selalu menyediakan kacang Arab sebagai persediaan makanan di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.