5 Cara Jaga Kesehatan Gigi Si Kecil Selama Pandemi

Sayangi gigi si Kecil

7 Desember 2020

5 Cara Jaga Kesehatan Gigi Si Kecil Selama Pandemi
Shutterstock/Odua Images

Mama pasti mengalami sulitnya berobat ketika masa pandemi seperti sekarang ini. Hampir semua layanan kesehatan membatasi orang yang ingin berobat. Penting ya bagi Mama untuk menjaga kesehatan mereka selama di rumah. Terutama kesehatan gigi dan mulut anak-anak. Kali ini, Popmama.com akan berbagi cara menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka selama pandemi. Simak yuk Ma!

1. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula

1. Kurangi konsumsi makanan mengandung gula
Shutterstock/kornnphoto

Anak-anak memang sudah pasti menyukai yang namanya makanan manis. Namun mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula secara berlebih bisa berdampak buruk pada kesehatan, termasuk kesehatan gigi si Kecil.

Selama pandemi ini, usahakan agar si Kecil mengurangi konsumsi makanan manis ya Ma. Makanan manis bisa menyebabkan gigi berlubang. Kok bisa? Dikutip dari Halodoc, makanan manis yang tertinggal pada gigi menyebabkan bakteri pada mulut tumbuh lebih cepat. Bakteri menggerogoti sisa karbohidrat yang ada pada gigi dan menjadi asam. Asam inilah yang membuat lapisan gigi kamu rusak, sehingga menjadi lebih rentan untuk berlubang.

Jadi, jangan biarkan si Kecil konsumsi makanan manis, apalagi sampai lupa menggosok gigi setelahnya. 

2. Biasakan anak menyikat gigi minimal dua kali sehari

2. Biasakan anak menyikat gigi minimal dua kali sehari
Shutterstock/Casezy idea

Selanjutnya, yuk biasakan si Kecil untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari. Kapan waktunya? Di pagi hari setelah bangun tidur, dan di di malam hari sebelum beranjak tidur. Akan lebih baik jika ia juga diajarkan menggosok gigi setelah selesai makan. Hal ini guna mengurangi resiko gigi berlubang seperti penjelasan dalam poin satu di atas, Ma.

Editors' Picks

3. Ajak anak lakukan konsultasi secara virtual

3. Ajak anak lakukan konsultasi secara virtual
Shutterstock/Travelpixs

Mama memiliki keluhan soal gigi? Atau kekhawatiran soal pertumbuhan gigi si Kecil? Tenang Ma, pandemi seperti sekarang membuat teknologi jadi sangat berguna. Mama bisa mengajak si Kecil untuk berkonsultasi seputar masalah gigi secara virtual. 

Apalagi dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020 ini, Pepsodent melakukan edukasi secara virtual mengenai kesehatan gigi. Dalam rangka mendukung keluarga di Indonesia dalam penanganan masalah gigi dan mulut ketika berada di rumah, serta untuk mengurangi risiko penularan COVID-19 di rumah sakit dan klinik pada masa pandemi.

5 Cara Jaga Kesehatan Gigi Si Kecil Selama Pandemi
Popmama.com/Pepsodent

Pepsodent memberikan pelayanan konsultasi gigi gratis secara online. Mama dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi profesional dari Pepsodent Dental Expert Center melalui WhatsApp Official Tanya Pepsodent. Tertarik untuk ikut serta? Mama bisa langsung klik di sini untuk info lengkapnya ya!

4. Selalu tanyakan kondisi gigi dan mulut anak secara berkala

4. Selalu tanyakan kondisi gigi mulut anak secara berkala
Shutterstock/Tonographer

Kesehatan mulut dan gigi si Kecil bukan hanya tanggung jawab anak namun juga tanggung jawab Mama. Bisa saja, anak tidak menyadari ada yang salah pada giginya. Itu sebabnya peran Mama sangat penting untuk mengecek kesehatan gigi dan mulut si Kecil secara berkala. Mama juga bisa sesekali menanyakan kepada si Kecil apakah ia merasakan giginya baik-baik saja atau tidak. 

5. Berikan informasi tentang kesehatan gigi dan mulut ya Ma

5. Berikan informasi tentang kesehatan gigi mulut ya Ma
Shutterstock/Makistock

Mengedukasi dan memberikan informasi soal kesehatan gigi si Kecil juga termasuk hal yang perlu Mama lakukan. Setelah menanyakan kesehatan gigi dan mulut anak secara berkala, Mama bisa memberikan informasi tentang kesehatan gigi dan mulut kepada si Kecil. Mama juga bisa memberikan informasi melalui gambar-gambar agar si Kecil lebih paham dan aware pada kesehatan gigi dan mulutnya sejak dini. 

Ingat ya Ma, sayangi gigi si Kecil sejak dini. Yuk selalu jaga kesehatan gigi dan mulut. (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.