Jangan Asal Pilih, Ini Jenis Hand Sanitizer yang Aman untuk Si Kecil!

Padahal efektif lho, tapi harus jeli

18 Maret 2020

Jangan Asal Pilih, Ini Jenis Hand Sanitizer Aman Si Kecil
Shutterstock/Jitchanamont

Walaupun virus di luar sana mengancam kesehatan Si Kecil, Mama tetap harus siap siaga sediakan senjata ampuhnya. Salah satu produk yang marak digunakan adalah hand sanitizer atau cairan pencuci tangan tanpa perlu dibilas. Boleh nggak sih, si Kecil menggunakannya? Nah, Mama perlu tahu nih jenis hand sanitizer yang aman buat si Kecil.

1. Pilih hand sanitizer yang non alkohol

1. Pilih hand sanitizer non alkohol
Shutterstock/Nitiphonphat

Sebagian besar hand sanitizer, biasanya mengandung alkohol 60% atau bahkan lebih. Memang pada dasarnya kandungan alkohol ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman, tapi kalau untuk si Kecil sih jangan coba-coba ya Ma. Meskipun alkohol lebih mudah menguap, si Kecil bisa saja menghirup atau menelannya lho Ma. Belum lagi, kalau mereka menjilat atau memasukkan tangannya ke mulut. Bisa bahaya!

Editors' Picks

2. Aroma hand sanitizer yang wangi tidak membahayakan si Kecil

2. Aroma hand sanitizer wangi tidak membahayakan si Kecil
Shutterstock/pratan ounpitipong
Shutterstock/pratan ounpitipong

Semua orang sepertinya setuju deh kalau hand sanitizer ini punya aroma yang super wangi bak parfum, benar begitu Ma? Tapi bukan berarti semakin wangi aromanya, itu berarti aman untuk si Kecil ya. Justru ini mengganggu indera penciuman mereka, bahkan kalau terlalu ‘menyengat’ bisa bikin si Kecil pusing perlahan.

Oh ya, sekadar informasi nih buat para Mama yang tengah khawatir dengan kondisi kesehatan saat ini. Hand sanitizer itu sendiri mengandung bahan kimia seperti ethanol, dan ini jadi semakin berbahaya saat mereka tanpa sadar menjilat atau bahkan sampai menelannya. Maka dari itu, pilihlah produk hand sanitizer yang memang benar-benar aman untuk semua anggota keluarga, terutama si Kecil.

Caranya juga mudah banget kok, apalagi ada Tokopedia sebagai marketplace terbesar di Indonesia memiliki pilihan terlengkap dari berbagai kategori di mana Mama bisa berbelanja di tempat yang terpercaya dan merasakan keuntungan bebas ongkir sepuasnya.

Jangan Asal Pilih, Ini Jenis Hand Sanitizer Aman Si Kecil
Popmama.com/Tokopedia
Popmama.com/Tokopedia

Saat ini Tokopedia memiliki program Tokopedia Peduli Sehat yang akan memudahkan Mama untuk membeli segala kebutuhan seperti masker, produk herbal, hingga hand sanitizer. Soal harga pun Mama juga nggak perlu khawatir, soalnya semuanya mulai dari Rp10.000,- saja. Demi perlindungan keluarga, harus kasih yang terbaik ya Ma dan yang terpenting semuanya tetap nyaman di rumah ya!

3. Terbuat dari bahan-bahan organik dan alami

3. Terbuat dari bahan-bahan organik alami
Shutterstock/Boris Bulychev
Shutterstock/Boris Bulychev

Nah biar lebih aman, Mama bisa pilih hand sanitizer dengan bahan-bahan organik atau alami demi menjaga kelembutan tangan si Kecil. Perlu diingat bahwa kulit si Kecil pasti sangatlah sensitif, dan kulit mereka bisa dibilang tidak bisa menerima bahan kimia yang terlalu keras. Semakin banyak kandungan kimianya, kemungkinan iritasi kulit pun semakin besar. Pilih yang alami saja ya Ma, lebih aman.

4. Bertekstur cair dibandingkan gel

4. Bertekstur cair dibandingkan gel
Shutterstock/Aquarius Studio
Shutterstock/Aquarius Studio

Perlu diketahui juga ya Ma, hand sanitizer yang ada di apotik ataupun supermarket ada yang bertekstur gel dan juga cair. Secara kasat mata sih keduanya sama saja alias tidak ada bedanya, tapi kalau untuk si Kecil, Mama harus pilih yang tekstur cair ya. Alasannya sederhana, tekstur cair lebih mudah dan lebih cepat menyerap pada kulit si Kecil. Kemungkinan untuk mereka jilat pun tidak seberbahaya si tekstur gel.

Gimana nih Ma, sekarang nggak perlu takut lagi ya bisa beli dan lengkapi persediaan rumah secara online dan hanya di Tokopedia. Dengan kebutuhan pokok yang terus tersedia, harga stabil serta bebas ongkir sepuasnya! #DiRumahAjaDulu

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk