5 Fakta Tentang Bibir Vagina yang Perempuan Harus Tahu

Yuk lebih kenal lagi dengan anggota tubuh yang satu ini, Ma

28 Februari 2020

5 Fakta Tentang Bibir Vagina Perempuan Harus Tahu
Pixabay/JerzyGorecki

Organ vital perempuan, vagina, mempunyai bagian yang disebut labia. Labia atau kerap disebut bibir vagina ini adalah lipatan kulit yang membentuk vulva pada bagian luar vagina. Nah, kali ini kita membahas tentang beberapa fakta tentang bibir vagina.

Labia terbagi menjadi dua area, yang pertama labia majora (bagian luar) dan yang kedua labia minora (bagian dalam). Bibir vagina bagian luar mempunyai tekstur yang tebal dan berlemak. Sedangkan, bibir vagina bagian dalam memiliki tekstur yang tipis dengan ukuran yang kecil.

Apa fungsi labia? Bibir vagina ini ternyata memiliki peran yang sangat penting yakni untuk melindungi organ vagina. Misalnya, bibir vagina luar yang berfungsi melindungi organ bagian dalam labia atau labia minora.

Adapun bibir vagina mempunyai fungsi untuk melindungi lubang vagina terhadap benda-benda berukuran kecil yang berisiko masuk ke dalam saluran kemih. Seperti kotoran atau bahkan serangga.

Simak rangkuman Popmama.com tentang fakta tentang bibir vagina yang jarang diketahui berikut ini:

1. Bentuk labia pada setiap perempuan berbeda

1. Bentuk labia setiap perempuan berbeda
stylecraze.com

Banyak perempuan menyangka bahwa bibir vagina pada perempuan itu sama bentuknya. Padahal, tidaklah demikian. Nyatanya labia pada setiap perempuan berbeda-beda.

Selain itu, bibir vagina mempunyai ukuran, warna, ketebalan dan panjang yang berbeda-beda pada setiap kaum hawa. Di beberapa kasus, ada perempuan yang memiliki ukuran bibir vagina tak simetris.

Pada kasus lain, ada labia yang bentuknya jauh lebih panjang, bergelambir dan sedikit menonjol keluar.

Hal ini kadang dikeluhkan oleh perempuan sehingga merasa tak percaya diri. Namun tak perlu khawatir, karena itu sebenarnya normal-normal saja.

2. Operasi bibir vagina

2. Operasi bibir vagina
Pixabay/voltamax

Fakta tentang bibir vagina selanjutnya yakni tentang melakukan operasi labia. Beberapa perempuan yang merasa tak puas dengan bentuk atau ukuran bibir vagina melakukan hal ini.

Selain bisa menimbulkan rasa tak percaya diri, perempuan cenderung khawatir kondisi tersebut bisa menurunkan gairah seksual pasangannya.

Operasi atau pembedahan bibir vagina memang dapat dilakukan. Ukuran bibir vagina dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kamu. Adapun operasi bedah labia itu disebut labiaplasty. Pastinya proses pembedahan dilakukan oleh dokter ahli bedah plastik.

Baca juga: Tren Vaginoplasty untuk Mengencangkan Organ Intim Setelah Persalinan

Editors' Picks

3. Labia akan menyusut ketika perempuan sudah lanjut usia

3. Labia akan menyusut ketika perempuan sudah lanjut usia
Freepik

Ketika seorang perempuan memasuki usia lanjut, bibir vagina atau labia akan menyusut secara bertahap. Kenapa demikian? Ini karena hormon estrogen yang akan berkurang seiring bertambahnya usia seorang perempuan.

Lalu kulit labia bagian luar akan terasa lebih halus. Kondisi ini normal terjadi pada perempuan yang berusia lanjut.

4. Terasa hangat bila terangsang

4. Terasa hangat bila terangsang
Unsplash/Kristina Flour

Fakta tentang bibir vagina yang terakhir yakni terasa hangat bila terangsang. Bagian labia ini akan terasa hangat dan sedikit membesar bila sedang terangsang.

Ketika klitoris, sebagai salah satu sumber utama gairah klimaks tersentuh, lalu akan menyebabkan banyak aliran darah di area bibir vagina.

5. Perubahan vagina pada ibu hamil

5. Perubahan vagina ibu hamil
Unsplash/Matthew T Rader

Selama kehamilan terjadi peningkatan vaskularisasi dan hiperemia (kemerahan) pada kulit dan otot-otot perineum dan bibir kemaluan.

Ketika usia kehamilan semakin bertambah, peningkatan vaskularisasi juga semakin bertambah. Keadaan tersebut mengakibatkan vagina nampak berwarna biru-keunguan. Hal ini biasa terjadi dan sering disebut sebagai chadwick sign.

Itulah 5 fakta tentang bibir vagina yang jarang diketahui termasuk para perempuan yang sudah menikah. Kenali tubuh kamu secara menyeluruh. Apakah kamu merasakan yang disebutkan di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.