PON Papua 2021 Diharapkan Berdampak Baik untuk Pariwisata Indonesia

Ini dia 5 strategi yang perlu dijalankan demi membangkitkan pariwisata Papua

28 September 2021

PON Papua 2021 Diharapkan Berdampak Baik Pariwisata Indonesia
Pixabay/Ady_Fauzan

PON Papua XX yang diadakan tahun 2021 ini, selain menjadi ajang pertandingan olahraga tentunya membawa pengharapan baru bagi sektor pariwisatan nasional. 

Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Chusmeru mengatakan, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX di Papua menjadi momentum tepat untuk mendongkrak pariwisata di daerah Papua.

"Ini merupakan momentum yang tepat untuk makin mendongkrak sektor pariwisata di Papua," ungkapnya di Purwokerto, Banyumas, pada hari Senin (27/9/2021).

Bayangkan saja ada 7000 atlet yang menjadi peserta di ajang olahraga tersebut. Belum lagi tim pendukung yang juga ikut berangkat ke sana untuk mendampingi, tentu total keseluruhan jadi bertambah banyak.

Ini akan sangat menarik tentunya, "Apalagi, jika panitia penyelenggara dan Pemerintah Provinsi Papua mengemas kegiatan PON dalam paket sport tourism atau wisata olahraga," ungkapnya.

Berikut Popmama.com telah merangkum potensi pariwisata selama PON Papua 2021 digelar. Tentu ini menguntungkan, tidak hanya untuk negara, tapi bagi penduduk sekitar juga tentunya. 

Lalu apa saja strategi yang harusnya dilakukan?

1. Menjaga keamanan sekitar

1. Menjaga keamanan sekitar
Pixabay/ElasticComputeFarm

Jaminan keamanan adalah hal penting dalam gelaran penting seperti ini. Pesta olahraga selalu memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya di lapangan pertandingan saja, namun Papu harus punya jaminan keamanan secara merata.

"Beberapa hal dapat dilakukan agar pariwisata Papua dapat terimbas dari kegiatan PON ini. Langkah pertama tentunya adalah jaminan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh atlet dan rombongan untuk mengunjungi objek dan daya tarik wisata di Papua," kata Chusmeru.

Editors' Picks

2. Protokol kesehatan yang ketat

2. Protokol kesehatan ketat
Pixabay/onderortel

Kita semua menyadari, pandemi masih terus berlangsung meski kasus Covid-19 dikabarkan menurun. Demi menjaga pencapaian yang sudah ada dari penurunan kasus sejak Juli 2021 lalu, tentunya protokol kesehatan harus dijaga dengan ketat.

Setiap orang yang terlibat PON Papua perlu memiliki kesadaran tinggi untuk jaga satu sama lain.  

Begitu pula dengan pengelola dan pekerja pariwisata di Papua juga menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dengan demikian, seperti yang sama-sama kita harapkan atlet dapat tetap sehat ketika bertanding, berkunjung ke objek wisata, serta saat kembali ke daerah masing-masing.

3. SDM untuk mendukung pariwisata

3. SDM mendukung pariwisata
pixaby/1103997
Ilustrasi

Pemprov Papua perlu secepatnya menyiapkan sumber daya manusia(SDM) di sektor pariwisata yang siap melayani atlet PON dengan standar pelayanan kepada wisatawan.

Meski ini tamu lokal tetap saja bisa dijadikan momen yang menguntungkan bagi penduduk lokal jika pelayanannya baik.

4. Meningkatkan daya tarik wisata Papua

Hal yang tak kalah penting adalah mengatur daya tarik wisata setempat. "Penataan objek dan daya tarik wisata perlu segera dilakukan. Papua memiliki objek wisata alam yang masih natural. Tinggal perlu dikembangkan daya tarik wisata seperti seni budaya, kuliner, dan hasil kerajinan untuk sajian wisatawan," katanya.

5. Kerja sama antar biro wisata

5. Kerja sama antar biro wisata
Jalajahnusae.com

Strategi terakhir, kerja sama dengan biro perjalanan wisata perlu segera dijalin. Tentu akan lebih menarik jika ada paket wisata yang memadukan unsur olahraga, alam, dan budaya Papua. Orang pasti akan lebih tertarik.

Dengan begitu, setiap atlet yang bertanding dalam cabang olahraga tertentu dapat melanjutkan kegiatan berwisata begitu pertandingan usai. 

"Jika kelima hal tersebut dapat dipersiapkan dengan baik, maka PON XX Papua dapat menciptakan banyak prestasi, kesempatan berekreasi, dan mendatangkan kemanfaatan ekonomi bagi pemerintah dan masyarakat Papua," ungkapnya.

Semoga acara PON Papua 2021 membawa kebaikan untuk pariwisata dan membantu perekonomian keluarga setempat ya, Ma. Tentunya tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja, namun setiap orang juga memiliki peran penting dalam kesempatan kali ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.