Cara Merawat Matras Yoga agar Tetap Awet dan Efektif saat Digunakan

Matras lebih tahan lama dan Mama juga bisa yoga dengan nyaman tanpa tergelincir

21 Agustus 2021

Cara Merawat Matras Yoga agar Tetap Awet Efektif saat Digunakan
Freepik/diana.grytsku

Yoga adalah senam gerak badan dengan latihan pernapasan, pikiran, dan sebagainya untuk kesehatan jasmani dan rohani. Yoga juga menjadi salah satu senam favorit para Mama karena gerakannya lembut dan menenangkan.

Salah satu aspek untuk menunjang aktivitas yoga adalah matras. Sebab itu, penting untuk Mama merawat matras yoga agar tetap awet dan efektif saat digunakan. Terlebih jika Mama rutin ke studio yoga.

Pada masa pandemi ini pun kebersihan matras sangat perlu diperhatikan.

Supaya Mama tidak boros akibat sering mengganti matras, Popmama.com akan memberikan cara merawat matras yoga agar tetap awet dan efektif saat digunakan seperti dilansir dari Verywell Fit.

Editors' Picks

1. Seberapa bersih matras yoga yang kita pakai dan bagaimana cara membersihkannya?

1. Seberapa bersih matras yoga kita pakai bagaimana cara membersihkannya
Freepik/prostooleh

Kebersihan matras yoga berkaitan dengan beberapa faktor, seperti berapa banyak pengguna, kebersihan tubuh pengguna, serta tempat latihan.

Pemimpin area senior Pacific Northwest CorePower Yoga, Molly Dilg, mengatakan jika hanya Mama yang menggunakan matras tersebut maka aman untuk dikatakan bahwa kebersihan alas sama dengan bersihnya tubuh pengguna.

Selain tubuh Mama, tempat latihan yoga juga berkontribusi terhadap bersih atau tidaknya matras.

Menurut Marije Paternotte, fasilitator yoga dan meditasi mindfulness di studio BE mindfulness, penggunaan matras di rumah, kemungkinan jauh lebih bersih daripada saat digunakan di studio.

Terbayang jika Mama berjalan-jalan di studio yoga dengan kaki telanjang lalu naik ke matras.

Karena itu, permukaan matras yoga merupakan rumah bagi kotoran, kuman, virus, bakteri, jamur, dan hal kotor lainnya. Itulah mengapa Mama harus rajin membersihkannya setelah digunakan.

Apalagi kalau menggunakan matras bersama di studio, ada baiknya untuk menyemprot dengan disinfektan sebelum dan sesudah kelas. Paternotte menggunakan campuran bahan-bahan berikut ini untuk membersihkan matras yoga.

Bahan:

  • 3/4 cangkir (177,5 ml) spring water
  • 1/4 cangkir (59,15 ml) witch hazel
  • 15 tetes tea tree oil
  • 10 tetes essential oil pilihan Mama

Cara membuat:

Campurkan semua bahan lalu masukkan ke dalam botol semprot ukuran sekitar 475 ml.

Dan perlu diperhatikan, apabila matras Mama terbuat dari karet alam sebaiknya hanya dibersihkan dengan air saja.

2. Bagaimana cara merawat matras yoga agar tetap awet dan efektif saat digunakan?

2. Bagaimana cara merawat matras yoga agar tetap awet efektif saat digunakan
Freepik

Supaya matras yang Mama gunakan untuk latihan yoga lebih tahan lama ada beberapa hal yang harus dilakukan. Meskipun aturan praktis yang baik adalah membersihkan atau menyeka matras sebelum dan setelah digunakan.

Di samping itu, untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19, Centers for Disease Control and Prevention mengingatkan pentingnya untuk membersihkan jika menggunakan matras bersama di studio atau gym.

Mama juga dapat menggunakan tisu atau semprotan disinfektan yang dibuat khusus untuk matras.

Dilg akan memberi tahu cara merawat matras yoga agar tetap awet dan efektif saat digunakan, sebagai berikut.

1. Bersihkan tangan dan kaki sebelum menggunakan matras.

2. Semprotkan dan seka di sela-sela waktu latihan dengan beberapa tetes essential oil yang diencerkan dalam air atau produk pembersih matras.

3. Jauhkan matras dari sinar matahari langsung dan keringkan dengan menggantung setelah terkena banyak keringat.

d. Pasangkan handuk matras untuk melindungi permukaan matras. Handuk juga dapat meningkatkan ketebalan dan cengkeraman sesuai kebutuhan. Ditambah, mudah dibersihkan setelah latihan yang sangat berkeringat.

3. Seperti apa kondisi matras yang sudah tidak layak pakai?

3. Seperti apa kondisi matras sudah tidak layak pakai
Freepik/wayhomestudio

Meskipun Mama sudah merawat dengan baik, tidak selamanya matras yoga dapat bertahan. Sebab, usia matras tergantung pada kualitas dan seberapa sering Mama menggunakannya.

Umumnya, matras tersebut bisa bertahan selama sekitar 1 tahun. Tapi menurut Dilg, hal itu juga bergantung pada jenis matras, irama latihan, dan gaya setiap orang yang menggunakannya.

Bagi Mama yang telah lama melakukan Yoga, mungkin sudah memiliki gambaran ketika matras perlu diganti. Nah, untuk Mama yang masih pemula, perhatikan beberapa hal yang menandakan kondisi matras sudah tidak layak pakai.

1. Matras yang Mama gunakan semakin tipis

Dilg mengatakan bahwa ketika matras pada area sekitar tangan dan kaki sudah menipis, sebaiknya segera mengganti dengan yang baru supaya keseimbangan Mama tetap terjaga saat melakukan yoga.

2. Lapisan atas matras mulai terkelupas

Paternotte mengatakan sudah waktunya mengganti matras jika lapisan atasnya mulai terkelupas. Ini juga berlaku untuk lubang pada matras yang biasa terjadi di area tangan dan kaki.

3. Mama sering tergelincir saat melakukan yoga

Perlu diketahui, matras berkualitas baik akan mencegah Mama tergelincir bahkan saat berkeringat. Selain itu, juga mencegah tubuh Mama bergeser saat melakukan yoga. Jika itu terjadi, mungkin inilah saatnya Mama mengganti matras.

4. Matras Mama sudah bau

Apabila Mama sudah rutin menggosok dan merawat matras tapi masih berbau tidak sedap, berarti saatnya mengganti dengan yang baru.

Jika matras masih dalam kondisi baik, Mama masih bisa melakukan perawatan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan begitu, matras lebih tahan lama dan bisa digunakan secara efektif.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.