Inspirasi Dekorasi Meja Natal untuk Menjamu Tamu di Rumah

Pilih mana yang paling sesuai dengan gaya Mama

26 Desember 2019

Inspirasi Dekorasi Meja Natal Menjamu Tamu Rumah
Pexels/Picjumbo.com

Menjamu tamu di rumah untuk merayakan Natal bersama berarti Mama perlu menyiapkan rumah serapi dan secantik mungkin. Salah satu ruangan yang paling menyita perhatian adalah ruang makan.

Di sinilah pusat aktivitas pesta Natal berlangsung. Bagaimanapun model penyajian makanan yang Mama siapkan, baik itu prasmanan atau jamuan makan malam, penataan meja makan akan menjadi sorotan.

Popmama.commelansir beberapa inspirasi meja makan Natal dari thespruce.com berikut ini.

1. Centerpiece simpel si pencuri perhatian

1. Centerpiece simpel si pencuri perhatian
diyhomehealth.com

Tidak punya bujet ekstra untuk membeli beragam pernak-pernik Natal terbaru? Mama bisa memanfaatkan hiasan Natal lama untuk mengkreasikan sebuah centerpiece simpel yang bisa mencuri perhatian.

Tempatkan dekorasi dari daun pohon cemara, buah pinus kering, dan tiga tempat lilin di tengah yang ditata dalam sebuah kotak kayu vintage. Meski tampak simpel, dekorasi ini cukup besar untuk ditaruh di tengah meja makan.

Editors' Picks

2. Waktunya mengeluarkan koleksi piring cantik

2. Waktu mengeluarkan koleksi piring cantik
homestoriesatoz.com

Mama punya koleksi piring cantik warisan orang tua? Makan malam Natal adalah saat tepat untuk mengeluarkan koleksi piring tersebut. Biarkan piring-piring tersebut “berbicara” melalui keindahannya sendiri.

Mama tinggal menambahkan dekorasi simpel seperti alas makan dan serbet berwarna merah untuk menegaskan tema Natal di meja. Padukan piring cantik itu dengan peralatan makan bertema senada, sehingga semuanya tampil selaras dan sedap dipandang.

3. Terarium cantik sebagai centerpiece

3. Terarium cantik sebagai centerpiece
homewithholliday.com

Mama suka terarium cantik dengan hiasan unik di dalamnya? Ternyata, terarium bisa jadi dekorasi indah untuk meja jamuan makan Natal, Ma. Isi stoples terarium dengan tema Natal sehingga membangun diorama tersendiri.

Misalnya, Mama menaruh pohon natal mini di atas salju buatan. Tambahkan rusa kutub dengan warna seputih salju dan sedikit glitter untuk efek lebih dramatis. Kemudian, tata beberapa terarium dalam satu wadah dan hias dengan daun cemara, lilin, dan bola-bola mengkilap. Tampak mewah dan berkelas!

4. Hiasan serba merah buah berry

4. Hiasan serba merah buah berry
rachelparcell.com

Tema “Very Berry Christmas” bisa jadi alternatif berikutnya. Mama bisa mengandalkan hiasan buah berry yang dirangkai sedemikian rupa. Tempatkan hiasan tersebut dalam dua buah vas tinggi. Lalu, letakkan pohon cemara mini di antara dua buah vas.

Padukan bersama sebuah taplak meja berwarna merah yang ditempatkan di bagian tengah meja makan. Jangan lupa tambahkan dekorasi buah berry ini di kursi agar ruang makan terlihat semakin indah dan meriah. Simpel, tetapi elegan ya, Ma.

5. Piring dengan handlettering indah

5. Piring handlettering indah
Instagram/theletterdj

Mama tengah gandrung dengan handlettering? Teknik menulis cantik ini memang serba guna untuk berbagai keperluan dekorasi, termasuk membuat dekorasi meja Natal.

Jika biasanya Mama menulis di atas kertas, kali ini coba tulis di atas piring berwarna merah. Tata piring merah bersama peralatan makan lain berwarna kontras agar suasana Natal tetap menonjol.

Sebagai alternatif, Mama bisa memakai spidol emas atau perak untuk menambah ornamen serpihan salju, pohon natal, atau pita pada piring merah polos yang ada di rumah.

Sudah dapat inspirasi, Ma? Tetap sesuaikan dengan bujet yang dianggarkan ya, Ma. Hiasan meja hanya pelengkap, tetapi kebersamaan dan kehangatan berkumpul bersama merayakan Natal jauh lebih penting. Selamat merayakan Natal bersama orang terkasih, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.