TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Mudah Bersih-bersih Rumah dalam Waktu Singkat

Beres-beres rumah nggak perlu tunggu weekend lagi

1 Mei 2020

5 Tips Mudah Bersih-bersih Rumah dalam Waktu Singkat
Rawpixel/roungroat

Bagi working mom, bersih-bersih rumah kerap jadi agenda wajib saat weekend karena hanya hari itu Mama berada di rumah seharian.

Namun, sejak kebijakan working from home berlaku, Mama harus berada di rumah sehari penuh. Baru sebentar saja, rasanya kok semua bagian rumah terlihat berantakan ya?

Keinginan untuk membersihkan semua bagian rumah seharian terlihat menggoda. Namun, apa iya selama bulan Ramadan Mama hanya menghabiskan waktu untuk beres-beres saja?

Meski tampak mustahil, ternyata Mama bisa kok beres-beres rumah walau waktu terbatas. Tak sampai 10 menit malah, Mama dapat membuat salah satu sudut rumah berubah rapi.

Kali ini Popmama.com akan berbagi tips mudah bersih-bersih rumah dalam waktu singkat, seperti dilansir dari The Spruce.

1. Fokus pada satu area kecil

1. Fokus satu area kecil
Freepik/yanalya

Kunci utama adalah Mama fokus pada salah satu area kecil di rumah lebih dulu. Apalagi, jika Mama melakukan semua pekerjaan rumah tangga hanya berdua Papa alias tanpa ART.

Mustahil Mama beres-beres besar sendirian satu hari penuh. Bisa-bisa keperluan diri sendiri, anak, atau rumah lainnya terbengkalai.

Maka, coba bagi waktu bersih-bersih salah satu area di rumah ke dalam sesi 10 menit. Cara ini membuat Mama lebih mudah mengatur tahapan beres-beres.

Plus, lebih menghemat energi Mama karena tidak perlu mendedikasikan satu hari penuh untuk bersih-bersih besar.

Apalagi sekarang sedang bulan Ramadan. Mama tentu ingin mengisi waktu puasa dengan beribadah khusyuk. Jangan sampai Mama sibuk beres-beres sehingga terlalu lelah untuk menunaikan ibadah.

Editors' Picks

2. Pilih satu proyek dalam satu waktu

2. Pilih satu proyek dalam satu waktu
Freepik/Yanalya

Sebisa mungkin hindari multitasking saat bersih-bersih, Ma. Jadi, Mama bisa memusatkan perhatian pada area yang hendak dirapikan.

Contoh, coba cek meja berserta isi laci yang berada tepat di samping tempat tidur. Tanpa disadari, Mama mungkin kerap menumpuk atau menyimpan beberapa benda yang tidak perlu.

Pilah mana barang yang masih dipakai dan tidak. Lalu, bersihkan meja dari debu dan pastikan barang-barang yang sudah tidak terpakai sudah menyingkir.

3. Selipkan di antara rutinitas harian

3. Selipkan antara rutinitas harian
Freepik

Situasi kerja di rumah seperti saat ini membuat waktu 24 jam sehari terasa begitu padat. Mama harus pintar membagi waktu antara urusan kantor, mengurus Papa dan anak-anak, sampai urusan rumah.

Maka, selipkan proyek beres-beres ini di antara rutinitas harian. Contoh, ketika membersihkan ruang keluarga, Mama bisa sekalian merapikan tumpukan buku di meja samping sofa atau membereskan mainan anak-anak.

Tahan diri untuk tidak tergoda merapikan seluruh ruang keluarga saat itu juga. Bukannya tidak boleh, tetapi pasti si Kecil sudah sibuk memanggil Mama minta ini itu, atau jadwal meeting online sudah menanti.

4. Buat tema proyek bersih-bersih per minggu

4. Buat tema proyek bersih-bersih per minggu
Pexels/Pixabay

Mama tipe orang yang senang mengerjakan segala sesuatu sampai tuntas? Boleh jadi beres-beres 10 menit ini terkesan tanggung.

Kalau bisa sih ingin langsung dibereskan semuanya. Namun, ketika jadwal kegiatan tak bisa kompromi, Mama harus punya strategi lain.

Solusinya, Mama bisa membuat tema proyek bersih-bersih per minggu atau per dua/tiga hari. Contoh, minggu ini Mama fokus beres-beres di kamar utama. Maka, setiap hari sisipkan waktu untuk membersihkan satu per satu bagian kamar.

5. Terapkan pada semua hal

5. Terapkan semua hal
Freepik

Mama bisa coba menerapkan bersih-bersih 10 menit ini pada semua hal, tak hanya untuk rumah saja.

Mulai dari mengatur antrean tontonan di Netflix, ‘bersih-bersih’ media sosial, sampai cek kontak telepon yang sudah tidak pernah di-update. Cocok juga dicoba saat membersihkan barang-barang di mobil.  

Semua bisa kok Mama lakukan dalam waktu singkat sambil menunggu kegiatan berikutnya hari itu.

Bagaimana, Ma, ternyata bersih-bersih dalam waktu singkat bisa dilakukan kan? Selamat mencobanya di rumah!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk