7 langkah Tepat untuk Merapikan Lemari Dapur

Lemari dapurmu berantakan? Nggak perlu khawatir lagi, cukup lakukan 7 langkah berikut ini!

18 Januari 2019

7 langkah Tepat Merapikan Lemari Dapur
marthastewart.com

Kehadiran dapur dalam sebuah rumah amatlah penting karena di tempat inilah segala jenis masakan diciptakan untuk melepas lapar seluruh anggota keluarga. Sehingga tidak heran jika dapur menjadi salah satu area yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Mulai dari memasak sarapan pagi, siang hingga malam dilakukan di dapur. Begitupula untuk sekedar membuat minuman guna menghangatkan badan atau memasak kue untuk si Kecil. Semua peralatan yang Mama butuhkan pasti disimpan di dapur. Sayangnya terkadang tidak semua terpakai karena cara penyimpanan yang kurang baik. Alhasil ada beberapa tempat yang hanya dipenuhi debu karena jarang digunakan.

Oleh sebab itu sebaiknya dapur tertata dan terorganisir dengan baik agar seluruh anggota keluarga nyaman saat menggunakan ruangan ini. Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk merapikan lemari dapur? Simak ulasannya berikut ini:

1. Ketahui tujuanmu

1. Ketahui tujuanmu
marthastewart.com

Sebelum mulai merapikan lemari dapur, Mama harus mengetahui tujuan Mama dan area mana yang ingin dibersihkan dan ditata ulang kembali. Jennifer Jones dari I Heart Organizing menyarankan Mama membuat catatan terlebih dahulu mengenai permasalahan yang Mama alami di dapur.

Jika sudah memahami masalah yang dihadapi maka Mama dapat menata ulang dapur dengan seefektif dan seefisien mungkin. Ashley Murphy, seorang pendiri NEAT menyarankan Mama untuk mulai merapika lemari dapur dimulai dari bagian laci alat memasak atau wadah penyimpanan.

2. Mulai bersihkan!

Langkah pertama yang harus Mama lakukan adalah mengeluarkan segala isi lemari terlebih dahulu. Cuci setiap peralatan memasak maupun peralatan makan hingga bersih dari debu dan kotoran. Kamu pasti akan sedikit terkejut menemukan benda-benda yang selama ini hilang dari pandangan.

Sembari menunggu alat-alat memasak kering, Mama dapat membersihkan terlebih dahulu lemari yang telah kosong tersebut. Gunakan lap lembut untuk menyeka seluruh permukaan hingga bersih kemudian keringkan dengan lap kering.

Setelah semua bersih, kamu dapat menata ulang cara penyimpanan alat-alat dapur dalam lemari. Kelompokkan per tiap jenis agar tidak pusing ketika hendak menggunakannya.

3. Jangan simpan banyak barang

3. Jangan simpan banyak barang
marthastewart.com

Mulailah untuk selektif dalam membeli barang yang akan digunakan dalam memasak atau menempatkan makanan. Tidak semua benda lucu dan menggemaskan harus kamu miliki.

Yang paling penting ketika membeli sesuatu adalah fungsinya. Kemudian tanya kembali pada diri, apakah sudah memiliki produk serupa. Jika memang membutuhkan maka membelinya tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika terlalu banyak menimbun barang dikhawatirkan malah tidak terpakai.

Kumpulkan barang yang tidak kamu sentuh dalam waktu lama lalu berikan pada teman atau kerabat yang membutuhkannya. Dengan begitu lemari dapur akan terasa lebih lapang.

Editors' Picks

4. Kategorikan jenis barang

4. Kategorikan jenis barang
Pexels/Aphiwat chuangchoem

Dalam menempatkan barang, kamu harus mengkategorikan mereka ke dalam beberapa jenis misalnya piring, mangkuk, gelas, sendok garpu harus memiliki tempat penyimpanan masing-masing secara berkelompok.

Selain menyimpan sesuai jenis, kamu juga harus memilah barang mana yang sering digunakan sehari-hari. Tempatkan barang-barang ini di area depan yang mudah dijangkau oleh setiap anggota keluarga. Dengan begitu keharmonisan visual dalam dapur dapat tercapai.

5. Tumpuk dengan hati-hati

5. Tumpuk hati-hati
marthastewart.com

Jika Mama hendak menumpuk piring, sebaiknya tumpuk maksimal 3 piring saja agar seluruh piring terpakai. Jika menumpuk terlalu tinggi maka piring yang berada di paling dasar akan tidak terpakai. Selain itu banyaknya tumpukan akan meningkatkan risiko piring retak.

6. Menambah rak

6. Menambah rak
Pexels/Pixabay

Jika rak di dapur Mama masih sedikit dan ada area disebelahnya yang masih dapat digunakan maka tidak ada salahnya menambah jumlah rak di dapur.

Bukan berarti Mama dapat menyimpan semua barang-barang termasuk yang jarang dipakai, fungsi rak tambahan adalah untuk membantu Mama mengorganisir peralatan memasak yang ada sehingga lebih rapi dan mudah diakses.

7. Jangan menjejalkan barang

7. Jangan menjejalkan barang
Pexels/Mikes Photo

Meskipun memiliki rak yang tertutup bukan berarti kamu dapat menjejalkan barang ke dalamnya semaumu. Semua barang tetap harus ditata rapi agar memudahkan siapa saja mengambilnya. Jangan terlalu banyak dan padat mengisi rak karena kamu pasti akan kesulitan ketika hendak menaruh atau mengambil sesuatu.

Nah itulah 7 langkah tepat untuk merapikan lemari dapur. Mulailah sekarang juga untuk membereskan dapurmu supaya barang yang menumpuk dan berantakan tidak semakin bertambah.