5 Langkah Tepat Sebelum Memasang Wallpaper di Dinding

Perindah dinding rumah dengan wallpaper, yuk!

12 Maret 2021

5 Langkah Tepat Sebelum Memasang Wallpaper Dinding
Freepik/Rawpixel.com

Siapa yang tak ingin punya ruangan yang indah dan nyaman di rumahnya. Semua orang menginginkannya bukan?

Nah, dengan memasang wallpaper adalah salah satu cara dalam mendekorasi rumah impian.

Apalagi kini sudah semakin banyak pilihan motif dan warna wallpaper yang bisa kamu pasang di dinding.

Sementara kamu pun dapat melakukannya sendiri dengan cara yang mudah.

Ada beberapa tahapan dalam proses memasang wallpaper pada dinding yang perlu kamu lakukan. Berikut rangkumannya dari Popmama.com :

1. Memilih jenis wallpaper yang akan dipasang

1. Memilih jenis wallpaper akan dipasang
Freepik/Rawpixel.com

Poin pertama ialah memilih wallpaper yang sesuai dengan tema dan bentuk ruangan yang diinginkan. Pilihlah jenis wallpaper yang tepat sebelum kamu memasang nya di dinding.

  • Heavy duty paper

Wallpaper bahan jenis ini memiliki sifat yang kuat dan bisa dibersihkan dengan lap basah. Jenis wallpaper heavy duty paper ada pilihan bermotif timbul.

  • Kain

Wallpaper berbahan kain memiliki karakteristik hampir sama dengan kain pada umumnya. Wallpaper berbahan kain ada beraneka motif, tekstur dan warna. Untuk wallpaper yang berasal dari kain terbilang sangat halus dan perlu ekstra hati-hati dalam pemasangannya agar tidak rusak.

  • Kertas

Wallpaper dinding berbahan kertas memiliki kelebihan pada kualitas corak dan detail gambar yang sangat beragam. Wallpaper dari bahan kertas mudah sobek dan mudah kotor. Sehingga pemasangannya lebih cocok diaplikasikan pada dinding yang bukan merupakan jalur sirkulasi utama. 

  • Vinyl

Jenis wallpaper vinyl merupakan jenis yang umum diproduksi. Jenis bahan ini tak mudah sobek atau rusak dan tidak mudah kotor. Wallpaper vinyl relatif tahan lembap dibanding produk wallpaper berbahan kertas.

Editors' Picks

2. Menentukan titik dinding ruangannya

2. Menentukan titik dinding ruangannya
Freepik/terng99

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan selanjutnya ialah melakukan investigasi terhadap dinding yang akan dipasang. Apakah ada kebocoran atau terdapat permukaan yang tidak rata. Sebab awallpaper dinding tidak akan bertahan lama jika dindingnya lembap maupun jamuran.

Jadi tentukan titik awal penempelan di ruangan di rumahmu.

Sebaiknya posisikan diri kamu di tempat yang strategis, sehingga kamu dapat melihat keseluruhan panjang keseluruhan dinding yang akan ditempel wallpaper.

Lakukan proses penentuan titik awal ini sampai seluruh bagian dinding ruangan mempunyai titik acuan.

3. Menyiapkan peralatan

3. Menyiapkan peralatan
Freepik

Langkah ketiga yang paling penting, yakni menyiapkan alat-alat untuk memasang wallpaper di dinding rumah.

Kamu dapat menyediakan alat ukur meteran, penggaris, pencil, cutter, benang dengan pemberat, plastik sebagai alas, bak untuk mengaduk lem, lem, kuas lem, roller, spons, amplas, tangga A, roller dan scraper untuk meratakan wallpaper yang sedang dipasang.

4. Membersihkan dinding

4. Membersihkan dinding
Freepik

Salah satu poin penting sebelum memasang wallpaper dinding adalah memerhatikan kondisi dindingnya.

Hindari memasang wallpaper pada dinding dapur atau kamar mandi yang punya kelembapan cukup tinggi.

Cara terbaik untuk memasang wallpaper pada dinding yaitu dengan memperbaiki kelembapan dinding, menghilangkan jamur dan meratakan permukaan dinding. Kamu bisa melapisi dinding memakai cat khusus anti-lembap.

Lalu bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran dan lapisan cat. Bersihkanlah dengan amplas dinding yang berjamur atau berpori agar menjadi rata. Jika sudah sapukan permukaan dinding memakai kain lap hingga bersih. 

5. Mengukur dinding

5. Mengukur dinding
Freepik/navamin

Cara berikutnya kamu harus menghitung kebutuhan wallpaper. Ukurlah bidang dinding yang akan digunakan setelah dibersihkan.

Untuk dapat menyesuaikan lebar wallpaper kamu bisa menghitung panjang, lebar dan tinggi pada permukaan dinding ruangan.

Lebar wallpaper dinding ukuran standard adalah 0.5 meter, jadi apabila lebar dinding kamu 5 meter berarti kamu memerlukan 10 jalur untuk wallpaper dinding.

Lalu potong panjang wallpaper dinding menjadi panel-panel. Lihatlah petunjuk pemasangan pada kertas keterangan di setiap kemasannya. Setelah itu tempel wallpaper dinding dengan hati-hati.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti langkah sebelum memasang wallpaper di dinding. Kamu pun bisa langsung praktekan dan tidak perlu memanggil jasa pemasangan wallpaper dinding.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.