Beda Bentuk Beda Nama, Kenali 6 Macam Pasta dari Italia

Kamu suka menikmati kelezatan lasagna?

16 Maret 2019

Beda Bentuk Beda Nama, Kenali 6 Macam Pasta dari Italia
Freepik

Tentu kamu sudah nggak asing lagi mendengar kata pasta? Ya. Pasta merupakan salah satu makanan pokok di Italia.

Pasta adalah adalah jenis masakan dengan pemberian bumbu dan saus di atasnya.

Pasta sendiri juga sudah populer di Indonesia. Namun sering kali orang tidak tahu dari setiap nama pasta. Padahal masing-masing bentuk punya nama tertentu.

Yuk, kenali macam-macam pasta dari Italia. Berikut ulasan dari Popmama.com:

1. Fusilli

1. Fusilli
Freepik/Rawpixel.com

Kamu sering makan di restoran Italia? Hmm, pasti pernah dengar fusilli yang disajikan dengan potongan daging ayam atau sapi.

Fusilli sendiri pasta yang berasal dari wilayah Mezzogiorno, Italia. Biasanya fusilli diolah bersama saus krim dan kacang polong. Tapi bisa juga dipanggang dengan saus tomat, daging dan taburan keju yang lezat.

Di negara asalnya, fusilli dijual dalam kemasan berbentuk kering dan bisa disimpan hingga 3 tahun atau lebih.

Tapi ada juga yang menjual dalam bentuk frozen, jadi pasta ini tinggal dipanaskan dengan oven microwave.

Nah, fusilli merupakan pasta berbentuk spiral yang panjangnya sekitar 3 cm. Selain itu fusilli memiliki 3 macam warna, yakni fusilli warna hijau, merah, dan warna pasta pada umumnya.

Sementara fusilli berwarna hijau dibuat dari bayam, sedangkan warna merah didapatkan dari warna buah bit.

2. Lasagna

2. Lasagna
Freepik/i_photos

Berbeda dengan fusilli, lasagna berbentuk menyerupai lembaran kertas, memiliki lebar 5 cm dan panjang 27 cm. Tekstur lasagna sendiri kenyal saat dimakan.

Biasanya lasagna diolah dengan cara dipanggang dengan isian daging, keju mozzarella, saus tomat dan aneka sayuran yang membentuk satu kesatuan pasta dan bercita rasa creamy.

Lasagna pun punya 3 jenis warna, pasta lasagna berwarna kuning untuk sajian panggang, hijau dipadu padankan dengan sayuran, dan lasagna merah untuk saus tomat.

Saat membuat lasagna, jangan lupa menaburi banyak keju mozarella diatasnya agar menghasilkan lasagna yang gurih dan lezat.

3. Macaroni

3. Macaroni
Freepik/Topntp26

Satu lagi pasta asal Italia yang sering kamu temui di Indonesia. Ya. Namanya elbow macaroni atau disebut dengan makaroni.

Makaroni memiliki bentuk tabung yang melengkung di kedua ujungnya, seperti menyerupai huruf C. Makaroni terbuat dari gandum jenis durum, tepung terigu dan air.

Biasanya elbow macaroni diolah menjadi mac and cheese yang kejunya meleleh dan sangat lezat saat disantap.

Di Indonesia, makaroni pun juga bisa dibuat untuk campuran macaroni schotel, seblak dan isian sayur sup.

Editors' Picks

4. Ravioli

4. Ravioli
Freepik

Pasta yang satu ini adalah makanan tradisional Italia, bentuknya seperti kue pastel dan bernama ravioli.

Biasanya di bagian tengah ravioli diisi dengan bayam, daging, keju, dan lada hitam. Ravioli juga bisa disajikan bersama kaldu atau saus pasta.

Pasta jenis ini tergolong pasta basah, dengan pinggiran bergerigi dan menggembung pada bagian tengahnya. Ayo isi raviolimu dengan ricotta cheese dan bayam yang akan menjadi hidangan super lezat.

5. Spaghetti

5. Spaghetti
Freepik/valeria_aksak

Siapa yang sering makan spaghetti?

Ya, spaghetti merupakan salah satu jenis pasta paling populer di Indonesia.

Spaghetti adalah mie dari Italia berbentuk panjang seperti menyerupai lidi, namun memiliki diameter yang cukup tebal. Ketika dimasak teksturnya melunak.

Jenis pasta ini biasanya diolah menjadi spaghetii bolognese, disajikan dengan tomato sauce atau white sauce dan dicampur daging cincang serta taburan keju parut di atasnya. spaghetti merupakan salah satu jenis pasta tertua yang dikenal oleh bangsa Italia, kira-kira 10.000 tahun lalu.

6. Penne

6. Penne
Pexels/Pixabay

Bagi penggemar masakan Italia, pasti tahu dengan penne. Di resto yang menyajikan hidangan Italia tentunya memiliki sajian menu pasta yang satu ini.

Penne adalah jenis pasta berbentuk silinder yang ujungnya dipotong serong dan berasal dari bahasa Latin yaitu penne, artinya “bulu” atau “pena”.

Penne biasanya disajikan dengan saus seperti pesto, marinara, dan arrabbiata. Selain itu penne juga cocok diolah dengan saus pasta bolognese, carbonara, maupun saus bayam.

Bahkan, penne pun juga dapat diolah dengan cara dipanggang bersama saus krim dan daging berselimut keju yang meleleh di atasnya.

Ternyata pasta masuk ke dalam urutan teratas sajian populer di dunia. Kalau kamu suka dengan jenis pasta yang mana?

Baca juga: