5 Inspirasi Dekorasi Ruangan Rumah Minimalis Tipe 36

Gunakan furniture yang sesuai luas ruangan, ya

14 Juli 2019

5 Inspirasi Dekorasi Ruangan Rumah Minimalis Tipe 36
Instagram.com/design.rumahminimalis

Sekarang ini banyak rumah minimalis tipe 36 yang menjadi tempat hunian idaman masyarakat Indonesia.

Bahkan desain rumah dengan beragam gaya atau style sudah bisa diterapkan pada semua model rumah, baik untuk rumah mewah atau rumah minimalis tipe 36 sekalipun.

Selain itu rumah berukuran 6x6 ini memiliki model lebih menarik, elegan, dan pastinya tidak memakan biaya yang cukup besar dalam pembuatannya.

Lalu bagaimana penampilan rumah tipe 36? Yuk, simak ulasan dari Popmama.com mengenai serba-serbi 5 ruangan rumah minimalis tipe 36.

1. Model desain depan rumah tipe 36

1. Model desain depan rumah tipe 36
Instagram.com/inspirasirumahidaman_

Kini konsep rumah minimalis semakin disukai masyarakat. Ya, tipe rumah ini tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Pada umumnya perpaduan warna estetisnya pada rumah tipe 36 terkesan lebih modern karena didominasi warna abu-abu, putih atau hitam. 

Berbeda dengan rumah mewah, dari segi konsep maupun dekorasi pada rumah minimalis tipe 36 terlihat lebih praktis.

Bentuk dan ukurannya yang simpel inilah menjadikan rumah minimalis terlihat lebih sederhana, terutama dari bagian luar.

Editors' Picks

2. Desain bagian dalam rumah tipe 36

2. Desain bagian dalam rumah tipe 36
Instagram.com/sudutrumahfavorit

Dengan desain interior dan penerapan berbagai elemen dekoratif, maka penampilan bagian dalam rumah sederhana tipe 36 tidak kalah impresifnya dengan rumah besar.

Di mana rumah tipe 36 ini memiliki ruang yang terbatas, tentunya harus sekreatif mungkin dalam menata ruangan. Tak lupa juga memadupadankan furniture yang sesuai fungsi agar ruangan dalam rumah tidak terlalu sempit.

Ya, memiliki ruangan yang kecil harus bisa diakali dengan cara tepat. Sementara untuk rumah minimalis tidak perlu satu set furniture yang lengkap, karena kamu dapat membelinya secara terpisah.

Cukup dengan furniture kecil dan mungil, rumah pun terlihat lebih estetis.

3. Desain ruang tamu rumah tipe 36

3. Desain ruang tamu rumah tipe 36
Instagram.com/sudutrumahfavorit

Sebenarnya ruang tamu sederhana terbilang lebih mudah untuk disusun jika dibandingkan dengan ruang tamu berukuran besar.

Dengan memiliki ruang tamu pada rumah tipe rumah 36, kamu dituntut untuk menata interior ruangan yang lebih elegan dan tetap fungsional. 

Kamu bisa memulainya dengan pemilihan sofa yang disesuaikan dengan luas ruang tamu agar tidak membuat ruangan menjadi sempit.

Sebaiknya hindari menempatkan terlalu banyak sofa atau bangku, sehingga kehadiran sofa terlihat pas di dalam ruang tamu minimalis tersebut.

Selain itu hindari meletakkan vas bunga atau pajangan lainnya. Sebagai penggantinya kamu dapat menaruh nampan kecil yang digunakan untuk menaruh toples makanan atau minuman kemasan di atas nakas, fungsional bukan?

4. Desain ruang tidur dalam rumah tipe 36

4. Desain ruang tidur dalam rumah tipe 36
Freepik/Demkat

Satu ruangan yang esensial dari sebuah rumah tentunya adalah kamar tidur.

Saat mendekorasi kamar di rumah tipe 36, ruangan tersebut perlu mendapatkan perhatian lebih dan senyaman mungkin. Hal ini bisa diwujudkan dengan memilih kasur yang sesuai luas ruangan, dipadu dengan sidetable dan lighting yang tepat.

Penggunaan warna-warna cerah juga terbukti membuat kamar yang sempit terlihat lebih luas. Kamu bisa menggunakan warna cerah seperti putih, pink, atau biru muda pada bagian dinding, lantai dan beberapa furniture lainnya.

Selain itu, penataan untuk kamar tidur yang sempit ini dapat menggunakan tempat penyimpanan bawah ranjang. Gunakan juga rak dinding, karena rak gantung tersebut lebih efisien jika dibandingkan dengan rak biasa atau lemari besar.

5. Desain dapur rumah tipe 36

5. Desain dapur rumah tipe 36
Instagram.com/sudutrumahfavorit

Kini mengintip bagian dapur rumah minimalis. Ruang memasak ukuran kecil ini juga penting untuk diperhatikan, karena dapur adalah salah satu ruangan yang selalu dipakai.

Sementara memiliki rumah dan ruangan berukuran kecil bukanlah sebuah masalah untuk menciptakan dapur yang bersih, rapi, dan nyaman.

Dengan mendesain ruang interior minimalis sebaik mungkin, dapur yang tidak terlalu luas pun bisa diatur menjadi terlihat lebih luas, rapi, dan menarik.

Nah, agar penggunaan ruang dapur lebih efisien maka pilihlah penggunaan warna dari furniture atau deretan kabinet dengan warna yang sepadan.

Kamu bisa menggunakan furniture dapur berbahan kayu atau stainless yang lebih mudah untuk dibersihkan.

Setelah melihat 5 desain ruangan rumah tipe 36 di atas, ternyata memiliki rumah minimalis bukan jadi halangan untuk mendapat rumah idaman dan nyaman.

Dengan ukuran rumah yang kecil, kamu pun bisa tetap berkumpul dengan anggota keluarga.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.