Agar Nyaman, Ini Dia 5 Tips Memilih Rumah Kontrakan yang Tepat

Rumah kontrakan adalah rumah yang akan ditempati dalam jangka waktu cukup lama

29 Juli 2019

Agar Nyaman, Ini Dia 5 Tips Memilih Rumah Kontrakan Tepat
Freepik/area46studio

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting untuk beristirahat dan melindungi diri dari panas terik matahari maupun hujan.

Memiliki rumah sendiri yang aman dan nyaman pastinya menjadi idaman setiap orang. Namun sayangnya banyak pertimbangan dalam membeli rumah. Ya, salah satu faktornya harus menyiapkan biaya yang cukup besar.

Solusi untuk menempati sebuah hunian adalah dengan menyewanya. Di mana rumah kontrakan adalah sebuah pilihan bagi kamu yang mempunyai budget terbatas.

Tapi buat kamu yang berencana pindah ke rumah kontrakan, simak terlebih dahulu 5 tips memilih rumah kontrakan yang nyaman. Berikut ulasannya dari Popmama.com :

1. Memilih harga sewa yang sesuai dengan budget

1. Memilih harga sewa sesuai budget
Freepik/Jcomp

Tingginya kebutuhan tempat tinggal, membuat bisnis kontrakan semakin menjamur.

Sementara menyewa rumah untuk sebagian orang memang bisa dijadikan sebagai solusi karena harga jual properti yang terus melambung tinggi.

Tapi hal pertama yang harus kamu lakukan saat mencari rumah kontrakan adalah memilih harga sewanya sesuai dengan budget.

Sedangkan rumah kontrakan ada yang memiliki sistem bayar per bulan dan per tahun, maka pilihlah harga rumah kontrakan yang paling sesuai dengan kondisi keuangan finansial.

Agar lebih aman sebaiknya membuat perhitungan anggaran, setidaknya untuk enam bulan pertama.

Editors' Picks

2. Pertimbangkan lokasi rumah kontrakan

2. Pertimbangkan lokasi rumah kontrakan
Freepik/ilixe48

Langkah kedua sebelum menyewa rumah sebaiknya memilih lokasi yang berdekatan dengan tempat aktivitas rutin sehari-hari seperti kantor, sekolah anak hingga universitas.

Jadi pilihlah rumah kontrakan yang lokasinya strategis agar memudahkanmu dalam menjangkau tempat-tempat tersebut dengan waktu yang cepat dan hemat biaya.

Di mana akan sangat menguntungkanmu juga jika rumah kontrakan tidak jauh dari berbagai fasilitas umum seperti tempat ibadah, stasiun, rumah sakit, dan lain sebagainya.

3. Lakukan survei rumah terlebih dahulu

3. Lakukan survei rumah terlebih dahulu
Freepik/topntp26

Selain mempersiapkan budget, kamu juga perlu melakukan survei dan bertemu dengan pemilik rumahnya langsung.

Dengan cara ini kamu dapat memerhatikan kondisi rumah, apakah dilengkapi fasilitas seperti yang diinginkan atau menemukan kerusakan beberapa bagian di rumah tersebut.

Sebaiknya juga memerhatikan aspek lahan terbuka hijau yang dapat membuat hunian menjadi lebih nyaman.

Saat mensurvei rumah usahakan untuk mendokumentasikan tampilan interior sebelum ditempati, tujuannya untuk menjadi bukti terkait kondisi fasilitas dari rumah yang akan ditinggali.

4. Mengecek surat persetujuan kontrak rumah

4. Mengecek surat persetujuan kontrak rumah
Freepik

Rumah kontrakan adalah rumah yang akan ditempati dalam jangka waktu cukup lama, maka sebisa mungkin harus sesuai dengan kebutuhan.

Di mana butuh pertimbangan matang sebelum memutuskan menyewa sebuah rumah agar tidak menyesal di kemudian hari.

Oleh karenanya kamu harus aktif mengajukan pertanyaan kepada sang pemilik rumah, mulai dari pertanyaan dasar sampai peraturan atau larangan yang diberlakukan.

Selain itu perlu membuat surat persetujuan kontrak yang ditanda tangani hitam di atas putih.

Namun sebelum menandatangani surat tersebut, kamu harus membaca pelan-pelan dan memerhatikan dengan saksama terkait setiap poin yang disebutkan.

Jangan sampai terdapat salah satu poin yang berpotensi merugikan kamu secara sepihak.

5. Persiapkan isi rumah sesuai dengan tipe rumah

5. Persiapkan isi rumah sesuai tipe rumah
Freepik

Setiap tinggal di sebuah tempat, pastikan rumah yang akan disewa tidak ada gangguan dan memiliki kondisi yang aman serta nyaman untuk ditempati.

Selain itu meski hanya tinggal sementara, akan lebih menyenangkan jika kamu bisa mengubah tampilan rumah kontrakan sesuai dengan karakter pribadimu sekeluarga.

Kamu bisa mendekorasinya dengan menambahkan pajangan seperti lukisan atau wallpaper di dinding.

Sebaiknya kamu juga perlu menyiapkan berbagai perabotan rumah untuk menunjang aktivitas harianmu yang sesuai dengan luas ruangan.

Itulah 5 poin penting yang perlu kamu terapkan. Bagaimana pun, sebelum menyewa rumah pastikan kamu memiliki pengetahuan tentang rumah yang ideal dan sesuai dengan keluarga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.