Tips Memilih Layanan Desain Interior yang Tepat

Layanan desain interior dapat membuat rumah Mama semakin nyaman

15 Oktober 2019

Tips Memilih Layanan Desain Interior Tepat
Pexels/Level 23 Media

Salah satu yang membuat rumah nyaman ditinggali adalah konsep dan desain ruangan di dalamnya.

Mama pasti punya ide tentang ruangan idaman Mama. Mungkin ada konsep atau rancangan tertentu yang ingin diwujudkan sehingga rumah tidak sekedar menjadi tempat tinggal, tapi juga merepresentasikan kepribadian Mama dan keluarga.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mendesain ruangan dengan baik. Oleh karena itu, layanan desain interior menjadi krusial. Para desainer inilah yang akan membantu Mama mewujudkan ruangan impian Mama.

Namun agar tidak kecewa nantinya, Mama harus memilih layanan desain interior yang tepat. Untuk itu, Mama mungkin membutuhkan tips-tips berikut:

1. Pilih layanan desain interior yang terpercaya

1. Pilih layanan desain interior terpercaya
Pexels/Tim Gouw

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan desain interior tertentu, tidak ada salahnya Mama mencari tahu pengalaman desainer yang Mama pilih. Walaupun bukan desainer terkenal, pastikan mereka bukan desainer abal-abal.

Beberapa pertanyaan bisa ditanyakan untuk memastikan kinerja dan desain mereka. Selain itu, Mama bisa meminta portfolio mereka untuk melihat hasil kerja mereka secara langsung.

2. Mencari tahu preferensi gaya

2. Mencari tahu preferensi gaya
Pexels/Jean van der Meulen

Selain pengalaman atau portfolio, cari tahu juga preferensi gaya desainer yang Mama pilih ya.

Desainer yang baik tentu bisa membuat rancangan interior dengan gaya apapun, tapi preferensi gaya mereka sedikit banyak pasti akan memengaruhi.

Oleh karena itu, pastikan Mama memilih desainer dengan gaya yang sama atau sesuai dengan gaya Mama ya!

Editors' Picks

3. Cari tahu layanan yang diberikan

3. Cari tahu layanan diberikan
Pexels/Mentatdgt

Tidak semua layanan desain interior menawarkan layanan yang sama lho, Ma. Diskusi di awal akan menjauhkan Mama dari salah paham atau konflik di kemudian hari.

Tanyakan apa saja yang akan Mama dapatkan terlebih dahulu. Apakah layanan desain interior tersebut hanya memberikan layanan konsultasi dan desain atau akan tetap membantu hingga proses pengerjaan nantinya, bahkan membantu pengadaan barang.

4. Konsultasikan waktu dan budget Mama

4. Konsultasikan waktu budget Mama
PexelsBreakingpic

Nah, ini adalah poin yang paling penting, bahkan mungkin senstif. Setelah Mama memberi tahu konsep ruangan yang Mama inginkan, tanyakan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaannya.

Jika biaya atau waktu yang disebutkan tidak sesuai dengan proyeksi budget dan waktu Mama, lebih baik beri tahu secara terus terang. Desainer yang baik tentunya dapat memberikan solusi yang tepat.

Selain itu, tanyakan tarif desainer yang Mama pilih. Apakah mereka menggunakan tarif tetap atau tarif perjam?

Apakah mereka mengenakan tarif tambahan untuk konsultasi tertentu? Dengan mengetahui ketentuannya, Mama bisa menghindari biaya tak terduga nantinya.

5. Konsultasikan desain rumah Mama

5. Konsultasikan desain rumah Mama
Pexels/Vecislavas Popa

Mama pasti punya ide dan konsep rancangan sendiri untuk rumah Mama, tapi Mama tidak boleh memaksakan ide tersebut ya.

Tidak ada salahnya Mama mengonsultasikan ide tersebut dengan desainer terlebih dahulu. Apakah ide tersebut sudah baik dengan kondisi rumah Mama atau justru mustahil untuk diwujudkan?

Bagaimanapun, desainer adalah expertise di bidangnya. Mereka pasti punya pandangan lain dan bisa memberikan masukan agar rancangan ruangan Mama lebih baik dan nyaman nantinya.

Dengan cara ini, Mama juga menunjukan penghargaan Mama terhadap desainer dan secara tidak langsung membangun hubungan yang baik.

Itulah lima tips yang bisa Mama terapkan untuk memilih layanan desain interior yang tepat. Yuk, wujudkan ruangan impian Mama. Tentunya jangan lupa untuk mengonsultasikannya bersama Papa ya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!