Suami Mencari Nafkah dan Istri Memasak, Adilkah?

Ini dia nih yang sering jadi permasalahan

23 Agustus 2019

Suami Mencari Nafkah Istri Memasak, Adilkah
Shutterstock/Iam_Autumnshine
Shutterstock/Iam_Autumnshine

Hari gini, siapa sih yang tidak tahu tentang Lambe Turah? Popmama yakin deh, beberapa Mama di sini pasti ada yang selalu update tentang semua posting-an yang ada di sana. Benar bukan? Ya, refreshing sedikit di tengah kesibukan rumah tangga, bolehlah ya.

Suami Mencari Nafkah Istri Memasak, Adilkah
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

Akun gosip dan hiburan, Lambe Turah, kini kembali memunculkan kontroversi nih Ma, lewat video yang baru banget diunggah. Dalam video itu terlihat sepasang suami istri yang sedang bertengkar di dapur, dan disaksikan langsung oleh anak yang kira-kira berusia remaja. Waduh, ada apa ya?

1. Dipicu permasalahan yang sederhana

1. Dipicu permasalahan sederhana
Shutterstock/findracadabra
Shutterstock/findracadabra

Namanya juga rumah tangga, rasanya ada saja permasalahan-permasalahan sepele yang tiba-tiba bisa jadi besar. Di dalam video, ternyata dipicu permasalahan sepele, yakni sang suami menuntut istri untuk ada di rumah tepat waktu untuk mempersiapkan masakan. Padahal jelas-jelas sang istri baru saja pulang bekerja. Menurut Popmama, sepertinya kejadian ini bukan terjadi pertama kalinya, bahkan sang anak akhirnya memutuskan untuk turun tangan sendiri dengan membantu di dapur.

Editors' Picks

2. Ketidaksetaraan gender semakin jelas terlihat

2. Ketidaksetaraan gender semakin jelas terlihat
Shutterstock/Have a nice day Photo
Shutterstock/Have a nice day Photo

Pasti ada banyak hal yang bisa kita ambil dari setiap permasalahan. Di video ini, kita seakan diingatkan akan isu utama yang ada dan mungkin sering terjadi di sekitar kita. Yap benar banget Ma, ketidaksetaraan gender yang semakin jelas terlihat.

Para suami sepertinya masih enggan berbagi tanggung jawab di dalam dapur, meskipun 60% istri di Indonesia juga ikut berkontribusi dalam pendapatan keluarga. Bahkan, berdasarkan studi dari HILL ASEAN 2018, hanya 1 dari 3 suami yang bersedia membantu di dapur.

3. Nilai patriaki yang ditanamkan sejak dini

3. Nilai patriaki ditanamkan sejak dini
Shutterstock/TONGCHAI SANGRUKSAWONG
Shutterstock/TONGCHAI SANGRUKSAWONG

Kalau sudah seperti itu, tidak jarang suami kerap membalas dengan agresif ketika disinggung tentang berbagi tugas di dapur. Atau mungkin, dengan tegas mengkonfirmasi bahwa tidak selayaknya seorang suami memasak karena itu hanyalah tugas sang istri. Ini jelas merupakan hasil dari nilai patriaki yang sudah ditanamkan sejak dini, bahwa suami mencari nafkah dan istri memasak.

4. Solusi isu kesetaraan gender

4. Solusi isu kesetaraan gender
Shutterstock/anek.soowannaphoom
Shutterstock/anek.soowannaphoom

Melalui video ini, muncul harapan agar di kemudian hari dapat menjadi solusi isu kesetaraan gender, di mana seorang anak laki-laki remaja masuk di antara pertengkaran orangtuanya dan mulai memasak. Kalau dipikir-pikir, ini merupakan sebuah aksi yang sederhana namun sarat akan makna.

Sudah sepantasnya remaja laki-laki pun memahami pentingnya belajar masak sedari dini, seperti perempuan di masa kini yang sudah bisa memiliki penghasilan sendiri (yang dulunya menjadi tugas utama suami sebagai kepala keluarga). Cukup adil bukan?  

5. Reaksi para istri di kolom komentar

5. Reaksi para istri kolom komentar
Instagram.com/lambe_turah

Video ini menuai beragam kontroversi dan komentar di media sosial, terutama banyaknya istri yang setuju bahwa hal yang terjadi di dalam video adalah lumrah, dan bahkan memuji aksi sang anak. Tayangan video ini, tentu berhasil menyadarkan publik akan kesetaraan gender di dapur. Tapi ada satu hal yang menarik nih, sebenarnya siapa yang bertanggungjawab menyebarkan video ini?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.