5 Kegunaan Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

Lebih ringkas dengan baking soda

3 Juni 2019

5 Kegunaan Baking Soda Mencuci Pakaian
Freepik

Saat urusan mencuci jadi repot, ada satu yang bisa membantu yaitu baking soda. Tak hanya untuk memasak, tapi baking soda juga punya banyak kemampuan lain terutama untuk urusan cuci pakaian.

Baking soda atau sodium bikarbonat merupakan salah satu produk terbaik untuk urusan mencuci. Selain untuk masak, baking soda bisa juga untuk memudahkan urusan mencuci tanpa harus menggunakan produk yang mengandung bahan kimia terlalu banyak. 

Disusun Popmama.com, inilah 5 kegunaan baking soda untuk mencuci:

1. Menghilangkan bau di pakaian

1. Menghilangkan bau pakaian
Pornpan77 / Freepik

Saat deterjen tidak bisa menghilangkan bau di pakaian, saatnya baking soda bekerja. Baking soda bisa membantu menjaga kandungan Ph di air cuci. Dengan menambahkan 1/2 cup baking soda ke setiap sesi mencuci, deterjen bisa bekerja lebih maksimal dan juga membantu mengurangi bakteri.

Untuk bau yang menyengat seperti bau ketiak atau bau rokok, kamu bisa merendam pakaian tersebut dengan air dan baking soda. Rendam selama semalaman dan kemudian cuci dengan biasa. 

2. Membantu menghilangkan noda

2. Membantu menghilangkan noda
bamboobubby.com

Jika penghilang noda dilarutkan di air cuci yang terlalu asam dan terlalu banyak alkali, maka ia tidak bisa bekerja secara maksimal. Baking soda bisa menyeimbangkan kandungan Ph air sehingga penghilang noda bisa bekerja dengan maksimal.

Dengan memasukkan 1/2 cup baking soda dan 1/2 cup penghilang noda, baju bisa jadi lebih bersih dan bebas noda. 

Editors' Picks

3. Pelembut alami pakaian

3. Pelembut alami pakaian
Pornpan77 / Freepik

Saat kamu sedang kesal mendapati semua pakaian jadi kaku setelah dicuci, maka saatnya menggunakan baking soda. Karena ia mampu menjaga kandungan mineral di dalam air dan menghindari pakaian jadi terasa kaku setelah dicuci. 

Sebagai mineral alami, baking soda lebih aman digunakan sebagai pelembut. Apalagi jika kamu alergi dengan pelembut , maka baking soda adalah jawabannya. 

4. Pembersih setrika

4. Pembersih setrika
The Independent

Jika setrikaan kamu sudah kotor dan banyak noda yang menempel dan sulit dibersihkan, mungkin butuh baking soda. Dengan campuran baking soda dan air kamu bisa mencelupkan bahan putih yang lembut untuk mengelap permukaan dasar setrika. 

Ulangi sampai permukaan setrika jadi licin dan seperti baru lagi. Dengan begitu urusan menyetrika pun jadi lebih mudah. 

5. Mengontrol busa 

5. Mengontrol busa 
Freepik/bowonpat

Busa berlebihan bisa jadi masalah untuk mesin cuci front load. Karena busa bisa bocor keluar dan mencuci pun jadi merepotkan. 

Jika mendapati busa bocor keluar atau melihat terlalu banyak busa di mesin cuci, kamu bisa menaburkan baking soda ke kumpulan busa tersebut. Dengan sekejap, busa akan hilang dan mencuci bisa dilanjutkan. 

Setelah mengetahui aneka kegunaan baking soda, maka kamu bisa menyetoknya di tempat mencuci untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!