Agar Terhindar dari Stres, Begini 5 Cara Memelihara Kelinci yang Benar

Terapkan ini agar kelinci memiliki umur panjang ya, Ma! 

23 Januari 2020

Agar Terhindar dari Stres, Begini 5 Cara Memelihara Kelinci Benar
Pixabay/PublicDomainPictures

Kelinci termasuk hewan peliharaan yang sangat menggemaskan apalagi sangat disenangi oleh anak-anak karena bulu halusnya. Meskipun ingin sekali memelihara kelinci, namun beberapa orang justru ragu karena menganggap kalau kelinci tidak akan memiliki umur panjang. 

Kelinci memang tergolong sensitif, sehingga panjang atau pendek usianya tergantung pada cara merawat selama kelinci kesayangan. Jika perawatan dilakukan dengan cara yang tepat bukan berarti usia kelinci bisa berumur hingga 5-10 tahun ke depan. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui cara tepat sekaligus mudah dalam memelihara kelinci, tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Pemilihan kandang kelinci harus bersih agar terhindar dari penyakit

1. Pemilihan kandang kelinci harus bersih agar terhindar dari penyakit
rogueengineer.com

Memelihara hewan di rumah memang susah-susah gampang karena perlu memerhatikan berbagai hal, termasuk pemilihan kandang. Demi kelinci berumur panjang, ada baiknya untuk memerhatikan ketika memilih kandang kelinci. 

Kelinci peliharaan dan kelinci liar yang memang hidup di alam bebas tentu memiliki perbedaan tersendiri. Sebuah kandang sangat penting apalagi kelinci termasuk hewan yang tak bisa merasa stres atau ketakutan karena akan berdampak pada kesehatannya. 

Pilihlah kandang yang tidak terlalu kecil agar kelinci pun bisa berlari-lari di dalamnya. Kandang kelinci yang dibeli setidaknya berukuran lima kali dari tubuh kelinci, sehingga memudahkan kelinci saat ingin beraktivitas di dalam kandang. 

2. Makanan kelinci harus diperhatikan nutrisi serta porsinya yang seimbang

2. Makanan kelinci harus diperhatikan nutrisi serta porsi seimbang
Pixabay/Natasya_gepp

Ketika memutuskan untuk memeliharan hewan di rumah, maka Mama sekeluarga perlu membagi peran dalam merawatnya dengan penuh cinta. Perbanyak juga informasi mengenai merawat kelinci agar dapat diterapkan sendiri. 

Cara lain saat memelihara kelinci agar berumur panjang yaitu dengan memperhatikan nutrisi makanannya serta dalam porsi seimbang. Perlu diingat bahwa kelinci memiliki sistem pencernaan yang cukup rumit dan perlu mendapatkan makanan bernutrisi. 

Beberapa makanan yang bisa disiapkan sebagai makanan kelinci seperti rumput sebagai makanan utama, wortel dengan kandungan vitamin A yang dibutuhkan kelinci, selada, kangkung hingga tomat. 

Jika kelinci rutin mendapatkan makanan yang bernutrisi, maka bisa membantunya dalam mencegah masalah kesehatan mulai dari bola rambut, diare dan obesitas.

Ketika Mama sudah mendapatkan beberapa jenis makanan yang sekiranya cocok dikonsumsi oleh kelinci, maka berikutnya perlu sekali mengatur jadwal makan agar lebih teratur. Sama halnya seperti manusia, kelinci peliharaan pun perlu sekali mengetahui jadwal makan yang lebih teratur. 

Dengan kebiasaan kelinci yang makan sedikit meskipun cukup sering, maka hal ini perlu diperhatikan dengan baik. Sediakan wadah khusus untuk makanan-makanannya agar menjaga kandang menjadi lebih bersih. 

Editors' Picks

3. Cara menggendong kelinci harus diperhatikan karena tak boleh sembarangan

3. Cara menggendong kelinci harus diperhatikan karena tak boleh sembarangan
Pixabay/SimonaR

Sebagai hewan yang cukup sensitif, maka Mama perlu memahami bahwa menggendong seekor kelinci juga perlu diperhatikan karena tak boleh sembarangan. 

Perlu diketahui bahwa tubuh kelinci cukup rentan, sehingga usahakan tidak melukainya terutama ketika menggendong kelinci.

Hindari untuk mengangkat kelinci dengan memegang ke dua telinganya atau mengangkat dengan memegang kedua kaki belakang. Cara menggendong yang salah hanya akan membuat kelinci merasa takut bahkan stres. 

Ketika ingin menggendong kelinci sama saja saat mau memegang kucing. Jika kesulitan, maka cobalah menggunakan satu tangan untuk memegang tengkuk atau punggung kelinci. Ketika tubuh kelinci sudah terangkat, maka tangan lainnya bisa digunakan untuk menopang bagian pantat agar kelinci pun merasa lebih nyaman. 

4. Menyediakan kotak di dalam kandang untuk kelinci membuang kotoran 

4. Menyediakan kotak dalam kandang kelinci membuang kotoran 
Pixabay/1447441

Kebersihan kandang kelinci memang perlu dijaga dengan baik agar umurnya bisa lebih panjang karena terhindar dari penyakit. Menyediakan kotak di dalam kandang dapat menjadi salah satu alternatif agar kelinci tetap sehat. 

Dengan pemilihan kotak kotoran yang sesuai di dalam kandang, maka kelici dapat membuang kotoran di tempat yang telah disediakan. Setidaknya ini menghindari banyaknya kotoran di sudut-sudut kandang. 

Demi kesehatan Mama sekeluarga, usahakan untuk selalu mencuci tangan usai bersentuhan dengan hewan peliharaan. Demi terhindar dari berbagai macam penyakit nih, Ma. 

5. Biarkan kelinci bermain di luar kandang, namun tetap dalam pengawasan

5. Biarkan kelinci bermain luar kandang, namun tetap dalam pengawasan
Pexels/Pixabay

Sebagai hewan yang membutuhkan waktu yang tenang ketika sedang tidur siang atau malam, maka keberadaan kadang pun membantu kebutuhan kelinci. Meskipun begitu, kelinci pun membutuhkan waktu bermain. 

Demi tak selalu terkurung di dalam kandang saja, Mama perlu mengajak kelinci untuk keluar kandang agar bisa merasakan alam bebas. Saat bermain tidak ada salahnya juga mengajaknya jalan-jalan keluar di sekitar rumah. 

Saat kelinci berada di luar kandang, tetaplah untuk mengawasinya dengan baik. Si Kecil juga bisa diajak bermain bersama kelinci saat berada di luar kandang. 

Itulah beberapa cara merrawat kelinci yang baik agar hewan peliharaan tersebut tidak mudah stres serta berumur panjang. 

Semoga bisa memberikan informasi baru ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.