5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Taman di Depan Rumah

Cari tahu sebelum membuat taman di rumah ya, Ma!

16 Januari 2019

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Taman Depan Rumah
Unsplash/Irene Dávila

Di rumah Mama sudah ada taman belum nih atau mungkin Mama sedang memiliki rencana untuk membuat taman impian sendiri? 

Adanya taman di rumah tentu membuat udara sekitar menjadi lebih sejuk. Namun, membuat taman bukanlah sesuatu yang mudah dan bisa dianggap sepele. Mama perlu sekali membuat perencanaan dan banyak detail yang harus dipikirkan agar proses serta esksekusi dapat berjalan lanjar. 

Untuk Mama yang sedang ingin membuat taman di depan rumah, berikut rangkuman mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memiliki taman impian. 

Semoga artikel dari Popmama.com kali ini bisa memberikan inspirasi tersendiri ya, Ma. 

1. Memahami kondisi taman di rumah 

1. Memahami kondisi taman rumah 
Pixabay/cocoparisienne

Berbagai referensi jenis taman tak jarang membuat pilihan menjadi lebih banyak. 

Namun, seiring mencari referensi melalui berbagai sumber ada baiknya untuk mulai memahami kondisi taman yang dimiliki di rumah. Terkadang ukuran taman yang ada bisa kurang mendukung dari banyaknya referensi. 

Bahkan tak jarang banyak yang merasa kecewa karena hasil akhir taman kurang sesuai dengan ekspektasi dari berbagai referensi. Untuk itu, agar tidak kecewa usahakan untuk memahami kondisi taman yang ada di rumah. 

Mulailah mengenal dari ukuran taman hingga detail yang mungkin ada di sekitar taman depan rumah. Setidaknya, Mama perlu memahami kondisi taman di rumah agar bisa membayangkan hasil akhir dari taman impian. 

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Kolam Ikan di Sekitar Rumah

2. Mulai menyusun perencanaan anggaran 

2. Mulai menyusun perencanaan anggaran 
Freepik

Sebelum terlalu jauh membayangkan taman impian yang akan dibuat di rumah atau mulai mencari referensi jenis taman, Mama perlu menyusun keperluan anggaran terlebih dahulu. 

Anggaran pembuatan taman di rumah perlu dibuat dari awal agar biayanya tidak membengkak dan semakin banyak detail yang akan dibeli. Perencanaan anggaran juga membuat Mama semakin disiplin, sehingga tidak terlalu berlebihan dalam membeli berbagai tanaman hias dan kebutuhan lainnya. 

Saat menyusun anggaran pembuatan taman di rumah, berdiskusilah bersama pasangan agar menemukan kesepakatan berdua. 

Editors' Picks

3. Banyak berkonsultasi dengan kerabat terdekat 

3. Banyak berkonsultasi kerabat terdekat 
Freepik/katemangostar

Jika Mama memiliki teman yang akhir di bidang arsitektur atau sudah pernah membuat taman di rumahnya, cobalah untuk berkonsultasi kepadanya.   
Dengan berkonsultasi seperti ini, Mama mendapatkan banyak gambaran dan ide dalam mewujudkan pembuatan taman impian di rumah. Ini juga mampu menekan biaya atas jasa arsitek dalam membantu membuat taman yang sesuai dengan keinginan Mama. 

Harus pintar-pintar menekan biaya agar tidak meleset dari perencanaan anggaran yang sudah dibuat ya, Ma. 

4. Mengingat kembali tujuan awal saat ingin membuat taman

4. Mengingat kembali tujuan awal saat ingin membuat taman
Pixabay/emetzner130

Tujuan membuat taman seringkali ingin menjadikan rumah lebih sejuk, teduh dan nyaman. Namun, selera pemilik rumah terkadang memang berbeda-beda dalam membuat sebuah taman.  

Hasil akhir dari taman tentunya harus merepresentasikan cita rasa dan kepribadian dari pemilik rumah. 

Walau terkesan mudah dalam menentukan taman impian di rumah perlu dilakukan secara detail agar hasil akhir bisa semakin maksimal. Untuk mencari inspirasi taman agar sesuai keinginan, mulailah melihat berbagai jenis taman melalui majalah atau internet. 

Ide-ide taman ini tentu dapat membantu memberikan inspirasi lain mulai dari jenis tanaman, rumput hingga detail pendukung agar taman di rumah semakin indah.   

Baca juga: Berwarna Gelap, 5 Bunga Ini Tetap Bisa Memperindah Taman Rumah

Baca juga: 7 Jenis Bunga yang Cocok Ditanam di Taman Rumah

5. Jalankan proses pembuatan taman sesuai rencana

5. Jalankan proses pembuatan taman sesuai rencana
Unsplash/Benjamin Combs

Setelah semua perencanaan dan referensi berbagai jenis taman impian sudah didapat, langkah selanjutnya hanya tinggal menjalankan proses pembuatan taman sesuai rencana. 

Pahami kalau cara membuat taman di rumah tidak akan memakan waktu yang singkat, prosesnya bisa saja lama tergantung ukuran taman dan desain yang diinginkan. Agar tidak terlalu lama karena dapat membuat biaya pekerja menjadi lebih mahal, ada baiknya tetap fokus terhadap waktu pengerjaan taman serta perencanaan anggaran yang sudah dibuat. 

Ma, perlu diingat semua waktu dan tenaga harus diperhitungkan termasuk saat waktu dan tenaga dalam membuat sebuah taman. Semoga beberapa tips di atas bisa menginspirasi. 

Baca juga: Tips Jitu Menyulap Tanaman Rumah yang Sempit Menjadi Taman Asri

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;