Cara Ampuh Mengatasi Saluran Mampet dengan Soda Api

Efektif, cepat, dan mudah, namun harus berhati-hati ya

20 Agustus 2019

Cara Ampuh Mengatasi Saluran Mampet Soda Api
Septictankcare.net

Saluran pembuangan yang tersumbat adalah permasalahan yang cukup umum, namun terkadang bisa membuat seseorang kesulitan jika tersumbatnya sudah hingga ke ujung salurannya.

LCara yang jelas dalam kasus-kasus seperti ini adalah memanggil tukang ledeng.

Walaupun dapat menggunakan jasa dari tukang ledeng, ada beberapa hal tertentu yang dapat kamu lakukan sendiri untuk membuka saluran agar tidak tersumbat.

Sebagian besar saluran yang tersumbat disebabkan oleh benda-benda yang membuat saluran tersumbat seperti rambut, makanan sisa, dan bahan-bahan lain yang tidak sengaja terbuang.

Jika kamu ingin mengetahui cara membersihkan saluran yang tersumbat dengan menggunakan soda api, kali ini Popmama.com akan membahas tentang cara mengatasi saluran air yang mampet dengan soda api dan efek bahaya didalamnya. Yuk dibahas!

1. Soda api memiliki sifat korosif

1. Soda api memiliki sifat korosif
Enkayindonigeria.com

Nama kimia soda api adalah Natrium Hidroksida (NaOH) yang juga disebut dengan Alkali atau Soda Kaustik.

Nama soda kaustik diambil dari Natrium Hidrat yang kaustik karena sifatnya sangat korosif yang artinya dapat membuat benda lain hancur. Karena sifatnya yang korosif, soda api dapat membantu dalam melancarkan saluran air yang tersumbat.

Soda api menyebabkan reaksi kimia ketika menyentuh bahan organik seperti kotoran, makanan, rambut yang biasanya menjadi sumber penyumbatan saluran pembuangan.

Soda api juga mudah dilarutkan dalam air. Pembersih saluran air yang biasanya kamu temukan di toko-toko memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari soda api.

2. Cara penggunaan soda api untuk melancarkan saluran air yang tersumbat

2. Cara penggunaan soda api melancarkan saluran air tersumbat
Freepik/Zaikina

Untuk membersihkan saluran air yang tersumbat, pilih soda api dalam bentuk bubuk atau cairan, kamu dapat membelinya di toko-toko bangunan atau perlengkapan rumah terdekat. Setelah itu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Gunakan ember besar dan larutkan 3 gelas (750ml) soda api dalam 3 liter air dingin.
  2. Gunakan sendok kayu atau pengaduk untuk mencampur soda dan air.
  3. Jangan lagi menggunakan wadah atau peralatan untuk kegiatan memasak ya, hindari juga penggunaan tangan untuk mengaduk campuran.
  4. Saat kamu mencampur keduanya, akan terlihat sedikit desis dan panas dari soda api.
  5. Tuangkan larutan langsung ke saluran pembuangan yang tersumbat dan diamkan selama 30 menit.
  6. Didihkan 4 liter air dan gunakan untuk menyiram selokan.

Jika kamu masih melihat ada sumbatan atau belum sepenuhnya bersih, kamu dapat mengulangi prosedur ini hingga saluran tidak tersumbat lagi.

Saat menuangkannya ke saluran, kamu harus berhati-hati dan lakukan secara perlahan agar tidak terkena cipratan air soda api ke kulit kamu ya. Gunakan sarung tangan dan kacamata pelindung sebagai antisipasi tekanan dari soda api. 

Editors' Picks

3. Efek bahaya penggunaan soda api

3. Efek bahaya penggunaan soda api
Freepik/Eddows-animator

Meskipun efektif dan mudah, menggunakan soda api dalam membersihkan saluran air yang tersumbat bukan tidak ada tantangannya. Risiko terbesar yang ditimbulkan adalah kesehatan dan keselamatan.

Sifatnya yang korosif saat membuang air soda api ke saluran pembuangan dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Kontak langsung dengan air soda api dapat menyebabkan sensasi terbakar dan pembengkakan di mata dan kulit.

Efek soda api pada kesehatan juga bisa sangat menghancurkan apabila tertelan, karena akan menyebabkan luka bakar kimiawi hingga luka pada usus besar, dan bahkan kematian.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan soda api, gunakan peralatan pelindung penuh, lalu amankan soda api dengan benar dan simpan di luar jangkauan anak-anak.

4. Cara lain selain menggunakan soda api untuk mengatasi saluran tersumbat

4. Cara lain selain menggunakan soda api mengatasi saluran tersumbat
Freepik/Zirconicusso

Jika kamu dihadapkan dengan selokan yang tersumbat, jangan menggunakan soda api sebagai langkah pertama, kamu dapat menggunakan cara-cara dibawah ini terlebih dahulu:

  • Gunakan hanger baju dari kawat: gunting 1 sisi hanger lalu luruskan dan buat kaitan di ujungnya. Lalu masukan kedalam saluran, usahakan agar berada di sisi saluran agar tidak mendorong penyumbat menjadi semakin jauh. Setelah merasakan ada yang mengganjal, putar dan tarik hanger dan tarik ke atas. Alirkan air panas kedalam saluran selama beberapa menit.
  • Gunakan air mendidih: Siapkan 1 liter air mendidih, jangan menuangkannya ke wastafel terlebih dahulu. Usahakan tuang air mendidih langsung ke saluran. Menggunakan air panas bekerja untuk melarutkan makanan-makanan sisa yang mungkin menjadi sumber penyumbatan.

Kini kamu sudah mengetahui tentang manfaat soda api dalam membersihkan saluran yang tersumbat dan dampak bahayanya bagi kesehatan.

Bagaimana cara kamu dalam mengatasi saluran yang tersumbat?

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;