9 Ide Pernak Pernik Bernuansa Natal untuk Mendekorasi Rumah

Menyambut Natal dengan pernak pernik yang memberikan nuansa baru

25 November 2019

9 Ide Pernak Pernik Bernuansa Natal Mendekorasi Rumah
Freepik/Jakkapan21

Beberapa minggu menjelang Natal, menjadikan alasan untuk menghias rumah dengan pernak pernik menarik yang bertemakan natal dan musim liburan. Dengan begitu banyak jenis ornamen dan dekorasi Natal yang dapat dipilih, seringkali membuat bingung mana yang harus digunakan.

Namun, setiap tahunnya banyak jenis ornamen baru yang dapat menjadi inspirasi tema untuk dekorasi Natal dirumah. Sehingga, setiap tahunnya memiliki berbagai macam dekorasi yang berbeda dengan cara yang berbeda. Hal ini juga membuat suasanya Natal yang baru dan lebih menyenangkan lho!

Untuk membantu kamu memilih pernak pernik bernuansa natal, kali ini Popmama.com memberikan daftar pernak pernik yang bisa kamu pilih untuk menjadi cara baru memeriahkan suasana menyambut Hari Natal di rumah.

1. Meletakkan pohon natal miniatur di sudut rumah

1. Meletakkan pohon natal miniatur sudut rumah
Amazon.com

Pohon natal menjadi salah satu hal penting yang wajib ada ketika perayaan hari Natal. Jika kamu ingin mencoba suasana lain, selain memasang pohon natal utama, kamu juga bisa mencoba menggunakan pohon natal miniatur yang menggemaskan untuk menghias sudut rumah, dengan tema khusus. 

Ini membuat dekorasi yang menarik untuk dikagumi oleh tamu yang datang. Kamu bisa letakan di pintu masuk rumah, di sudut ruang tamu, atau di meja samping ruang makan. Sehingga suasana Natal dapat hadir di setiap sudut rumahmu.

Jika kamu mendekorasi pohon natal, lebih baik untuk meletakkan lampu natal dan rumbai-rumbainya terebih dahulu. Kemudian baru letakan ornamen natal di setiap sisinya dan kemudian ornamen untuk puncak pohon. Ini memungkinkan untuk menghias pohon dengan lebih efisien.

2. Membuat tema khusus untuk warna bola kaca di pohon natal

2. Membuat tema khusus warna bola kaca pohon natal
Wallmart.com

Ornamen bola kaca adalah pernak pernik pohon natal yang selalu dipakai.  Banyak orang, yang masih menghiasi pohon-pohon mereka dengan pernak pernik menarik yang satu ini. Beberapa orang bahkan membuat tema untuk pohon natal mereka menggunakan ornamen bola kaca dengan warna yang sepadan agar tampil lebih elegan. 

Jika ingin memiliki suasana baru untuk pernak pernik natal, bola kaca dapat kamu atur untuk memperingati acara khusus selama setahun. Misalnya, pernikahan menggunakan bola kaca berwarna silver, kelahiran anak perempuan menggunakan warna merah muda, atau acara khusus lainnya.

Bingung memikirkan idenya? Coba renungkan peristiwa menarik di tahun ini dan buatlah daftar semua momen istimewa yang dapat kamu ingat. Lalu, tentukan warna pernak pernik bola kaca yang menjadi tema pohon natal tahun ini. 

3. Ornamen kaca untuk menghias pohon natal agar lebih mewah

3. Ornamen kaca menghias pohon natal agar lebih mewah
Fineartamerica.com

Selain menggunakan pernak pernik bola kaca, kamu juga dapat menggunakan ornamen kaca dengan memiliki variasi lainnya. Ornamen kaca ini mempesona untuk dilihat oleh tamu yang hadir dan membuat dekorasi lebih menawan dengan menggunakan pernak pernik tradisional Natal yang satu ini.

Beberapa ornamen kaca dibentuk menjadi binatang atau simbol. Berikut adalah rekomendasi ornamen kaca yang dapat kamu pilih untuk menghias pohon natal di rumah:

  • Ornamen Kaca Berbentuk Telur: Ornamen ini juga dinamai ornamen oval memanjang.
  • Ornamen Kaca Berbentuk Es: Ornamen menawan ini sangat mengingatkan pada musim dingin.  Ornamen ini cocok untuk dijadikan tambahan yang untuk pohon Natal dengan tema alam, seperti dengan bunga, burung atau ornamen hewan liar lainnya. 
  • Ornamen Kaca Berbentuk Teardrop: Ornamen serupa juga dinamai berbentuk lampu gantung.
  • Ornamen Kaca Berbentuk Lampu: Ornamen ini paling sering digunakan karena bentuknya yang klasik.  Bentuk lampu sangat klasik atau bisa juga disebut berbentuk hati.
  • Ornamen Kaca Berbentuk Sphere: Berbeda dengan ornamen bola kaca, ornamen ini berbentuk bola, dan memiliki hiasan yang dibuat dengan tangan.

Editors' Picks

4. Ornamen pohon natal yang dipersonalisasi untuk mengingat kenangan baik bersama keluarga

4. Ornamen pohon natal dipersonalisasi mengingat kenangan baik bersama keluarga
Wallmart.com

Sementara ornamen tradisional masih menarik untuk dilihat, ornamen yang dipersonalisasi memiliki makna yang lebih dalam hati dan jiwa. Ornamen yang dipersonalisasi membuat hadiah atau kenang-kenangan yang sempurna untuk hampir semua kesempatan, dan itu akan dihargai selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Karena setiap orang memiliki ingatan khusus tentang liburan favorit, pernikahan atau ulang tahun, atau bahkan olahraga favorit yang suka disaksikan atau mainkan. Ornamen yang dipersonalisasi adalah sebagai pengingat atau kenangan khusus pada Hari Natal.

Koleksi ornamen yang dipersonalisasi adalah tambahan terbaik untuk setiap pohon Natal. Untuk menceritakan kisah keluarga atau berbagi tawa dengan orang yang dicintai.

Ornamen ini mengingatkan akan masa-masa indah yang telah dibagikan dan seringkali menjadi momen berharga dalam hidup.

5. Membuat sendiri ornamen natal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga

5. Membuat sendiri ornamen natal menghabiskan waktu bersama keluarga
Firstforwomen.com

Natal adalah waktu khusus tahun yang menyatukan keluarga, jadi luangkan waktu ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, salah satunya dengan membuat ornamen Natal sendiri.

Ornamen DIY memungkinkan untuk menambahkan sentuhan pribadi pada dekorasi di rumah. Dengan sedikit kreativitas dan sedikit waktu, anggota keluarga dapat membuat sendiri dekorasi dan menjadi hadiah untuk diberikan kepada orang lain, atau untuk digantung di rumah sendiri.

Tentu saja, inspirasi tidak selalu datang dengan mudah. Telusuri kerajinan di Google atau Pinterest untuk pernak pernik natal DIY favorit, kemudian siap ditambahkan ke pohon natal keluarga!

6. Menggunakan rumbai-rumbai tinsel dan garland untuk menambah suasana Natal di musim dingin

6. Menggunakan rumbai-rumbai tinsel garland menambah suasana Natal musim dingin
Amazon.com

Rumbai-rumbai Natal yang disebut tinsel atau garland adalah dekorasi Natal klasik yang biasanya diletakan pada bagian bawah pohon untuk menutupi tiang penyangga pohon serta membuat tempat kado menjadi lebih menarik. 

Tinsel atau garland juga dapat digunakan untuk menghias perabotan rumah, dari rak buku, dinding, depan pintu. Kamu juga bisa menggunakan garland yang memiliki hiasan bunga untuk dililitkan di pegangan tangga atau di pinggir jendela untuk sentuhan musim dingin di rumah.

Namun jika memiliki hewan peliharaan, kamu harus lebih hati-hati meletakkan tinsel dan garland ya! Karena biasanya hewan tergoda untuk bermain dan menggigitnya. Letakan tinsel dan garland pada tempat yang sulit dijangkau oleh hewan peliharaan.

7. Menggunakan lampu pohon natal dengan pola berkelip dari bawah hingga puncak pohon

7. Menggunakan lampu pohon natal pola berkelip dari bawah hingga puncak pohon
Familylivingtoday.com

Lampu natal hadir dalam banyak warna. Lampu natal kuning, putih dan merah adalah yang paling umum. Saat ini juga ada lampu  natal yang mengkombinasikn berbagai warna lampu seperti pelangi agar lebih menarik dan berwarna. 

Kamu dapat memilih warna lampu sesuai dengan tema ornamen pohon natal. Namun jika kamu ingin menambahkan latar belakang berwarna-warni untuk semua ornamen, kamu dapat memilih lampu natal pelangi.

Beberapa lampu memiliki variasi cara berkelip sehingga mereka berkelap-kelip dengan cara yang berbeda. Mereka dapat berkelip semuanya dalam satu waktu atau memiliki urutan berkelip dari satu ujung ke ujung lainnya. Saat merangkai lampu, kamu dapat membuat pola lampu berkelip dari bawah pohon hingga ke puncak pohon.

8. Memilih puncak pohon natal yang memiliki filosofi sendiri atau filosofi dalam keluarga

8. Memilih puncak pohon natal memiliki filosofi sendiri atau filosofi dalam keluarga
Ornamentshop.com

Biasanya bintang menjadi ornamen yang diletakkan pada puncak pohon natal. Beberapa pohon natal juga menggunakan malaikat. Puncak pohon natal menjadi simbol yang penting untuk membuat pohon natal menjadi lebih menawan.

Jika kamu bosan menggunakan ornamen bintang dengan 5 sudut, kamu bisa menggunakan jenis bintang lainnya. Salah satu contohnya adalah menggunakan bintang bohemian. Simbol bintang bohemian ini diyakini memiliki kekuatan astrologi dalam agama-agama di seluruh Eropa dan Arab.

Kamu juga dapat menyesuaikan warna ornamen pada puncak pohon natal sesuai dengan tema pohon natal yang kamu miliki. Jika tema natal bernuansa Santa Claus, kamu bisa menggunakan Santa Claus sebagai puncak pohon natal.

9. Melengkapi suasana Natal dengan mendekor bagian meja dengan ornamen Natal

9. Melengkapi suasana Natal mendekor bagian meja ornamen Natal
Toydeals.com.au

Untuk menambah kelengkapan suasana Natal dirumah, jangan lupa untuk memberikan dekorasi pada bagian meja. Kamu bisa menggunakan taplak meja berwarna putih, untuk suasana tenang dan mewah. Untuk suasana ceria, gunakan taplak meja berwarna terang seperti merah dan hijau.

Agar menambahkan keceriaan, gunakan ornamen istimewa yang tidak digunakan di pohon natal. Kamu dapat membuat tempat khusus untuk hiasan tersebut. Sebuah ornamen dapat menjadi hiasan bagian tengah hanya dengan meletakkannya di dudukan ornamen atau dengan cara digantung.

Kini kamu telah mengetahui ide pernak pernik untuk  mendekorasi rumah menyambut Natal dengan suasana baru yang tentunya membuat kagum keluarga dan seluruh tamu!

Dekorasi Natal apa yang menjadi favoritmu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.