7 Perabotan Rumah yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Baking Soda

Perabotan ini bisa cepat rusak dan kehilangan warna aslinya

14 April 2021

7 Perabotan Rumah Tidak Boleh Dibersihkan Baking Soda
Freepik/Indrepau

Baking soda merupakan nama lain untuk natrium bikarbonat yang memiliki fungsi sebagai pengembang adonan kue. Selain menjadi bahan pembuatan makanan, baking soda juga dikenal sebagai pembersih serbaguna untuk peralatan rumah tangga.

Pengembang kue ini terbukti efektif dalam membersihkan furnitur rumah hingga peralatan masak di dapur, bahkan mampu mengatasi noda yang cukup sulit dibersihkan oleh cairan pembersih biasa.

Meski demikian, ada beberapa perabotan rumah tangga yang tidak bisa dibersihkan dengan baking soda. Sebab, kandungan zat di dalam baking soda nya dapat merusak benda-benda tersebut. 

Nah Ma, penasaran perabotan rumah tangga apa saja yang tidak boleh dibersihkan dengan baking soda? Berikut Popmama.com telah merangkumnya dari Reader's Digest.

Disimak ya, Ma! 

1. Alat makan perak

1. Alat makan perak
Pexels/Rawpixel

Apakah Mama memiliki peralatan makan perak yang antik?

Baking soda sebetulnya bisa menghilangkan noda di peralatan makan dengan cepat. Caranya hanya perlu merendam sendok, garpu atau pisau dalam campuran air dan baking soda.

Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk alat makan biasa. Untuk peralatan makan dari perak, sebaiknya hindari membersihkannya dengan baking soda karena bisa menggores permukaan perak dan mengubah warna aslinya.

Mama bisa membersihkan peralatan makan dari perak dengan larutan air hangat dan deterjen lembut. Hindari juga menggunakan sikat berbulu keras untuk menghilangkan bagian nodanya. 

2. Perabotan yang terbuat dari kaca

2. Perabotan terbuat dari kaca
Freepik/Jcomp

Perabotan apapun yang permukaannya terbuat dari kaca seperti vas bunga, toples, aquarium sangat tidak disarankan untuk dibersihkan dengan baking soda.

Baking soda bersifat abrasif. Zat tersebut bisa menggores kaca atau cermin ketika dibersihkan, sehingga lama kelamaan akan terkikis dan mudah pecah.  

Sebaiknya Mama bisa menggunakan cairan pembersih kaca atau cuka untuk membersihkan noda pada perabotan berbahan kaca.

Editors' Picks

3. Kompor keramik 

3. Kompor keramik 
Freepik

Baking soda memang efektif untuk membersihkan kompor, namun bukan kompor yang permukaannya terbuat dari keramik, ya!

Sama dengan peralatan makan perak dan perabotan dari kaca, zat dalam baking soda bisa menggores permukaan kompor keramik dan meninggalkan lapisan putih yang sulit dibersihkan. 

Sebaiknya Mama menggunakan cuka jika ada noda membandel di kompor keramik yang sulit dibersihkan.

4. Perabotan berbahan aluminium

4. Perabotan berbahan aluminium
Freepik/wirestock

Membersihkan aluminium dengan baking soda sebetulnya boleh saja. Namun harus langsung dibilas karena bisa menyebabkan oksidasi pada aluminium, sehingga dapat mengubah permukaannya menjadi cokelat. 

Hal ini karena tekstur aluminium tipis dan lebih berpori. Baking soda dapat membuat aluminium teroksidasi dan akhirnya bisa menyebabkan perabotan tersebut berubah warna dan cepat rapuh. 

5. Furnitur dari Kayu

5. Furnitur dari Kayu
ambfurniture.com

Membersihkan furnitur berbahan kayu atau lantai kayu dengan baking soda sangat tidak disarankan. Apalagi jika baking soda dicampur dengan air atau cuka, bahan pembersih ini dapat merusak pernis kayu.

Lebih buruknya lagi, partikel dari bubuk baking soda dapat meresap ke dalam pori-pori kayu. Hal tersebut pada akhirnya dapat membuat furnitur kayu di rumah jadi cepat rusak. 

Mama sebaiknya membersihkan furnitur kayu dengan sabun cuci piring dan air. Sementara lantai kayu bisa menggunakan pembersih yang memang khusus untuk lantai jenis tersebut.

6. Permukaan benda yang terbuat dari marmer

6. Permukaan benda terbuat dari marmer
Freepik

Baking soda juga tak disarankan untuk sebagai pembersih permukaan benda yang terbuat dari marmer, seperti kursi, meja atau lantai.

Meskipun marmer merupakan jenis batuan yang kokoh, namun pengaplikasikan baking soda secara berulang kali dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung atas marmer dan menggores permukaannya.

Mama bisa mengunakan air perasan jeruk nipis dan garam, lalu gosok dengan kain berbahan lembut untuk membersihkannya.

7. Perabotan rumah berlapis emas

7. Perabotan rumah berlapis emas
Freepik

Jangan pernah membersihkan perabotan rumah berlapis emas, seperti alat makan atau guci antik menggunakan baking soda.

Emas merupakan logam yang sangat lembut dan baking soda adalah zat yang bersifat abrasif. Baking soda akan menggores permukaannya dan menyebabkan pelapisan emas luntur. 

Untuk memebrsihkannya, sebaiknya Mama membilas perabotan berlapis emas dengan kain lap lembut untuk menghilangkan partikel makanan atau debu. Jika nodanya tak kunjung hilang, rendam di wastafel dengan air panas dan semprotkan sabun cuci piring cair lembut selama dua menit.

Nah, itulah beberapa perabotan rumah tangga yang sebaiknya jangan dibersihkan dengan baking soda. Perhatikan tips-tips merawat perabotan rumah tangga sesuai dengan jenisnya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.