7 Tips dan Trik Membuat Kamar Mandi Sempit Terlihat Lebih Luas

Kamar mandi yang sempit ternyata bisa disulap menjadi tampak lebih luas lho!

20 April 2021

7 Tips Trik Membuat Kamar Mandi Sempit Terlihat Lebih Luas
Freepik/wirestock

Memiliki kamar mandi dengan ukuran terbatas pastinya terkadang sangat menyulitkan untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun, selain karena keterbatasan ruang, kesalahan dalam penataan interior juga bisa membuat kamar mandi menjadi semakin sempit.

Meskipun begitu, jangan khawatir! Kita bisa kok mendesain ulang kamar mandi yang sempit agar terasa lebih luas dan nyaman saat digunakan.

Apakah Mama penasaran bagaimana tips dan trik membuat kamar mandi jadi terlihat luas? Kali ini Popmama.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber.

Cari tahu yuk, Ma!

1. Pilih warna-warna yang cerah

1. Pilih warna-warna cerah
Pixabay/midascode

Agar kamar mandi terlihat stylish, minimalis dan tentunya terasa lebih luas. Sebaiknya Mama menggunakan warna-warna cerah, seperti putih, krem, biru muda dan kuning.

Terapkan warna-warna tersebut pada dinding, lantai dan plafon kamar mandi. Untuk ubinnya, pilihlah keramik yang cerah mengkilap agar ruangan terasa lebih lapang.

2. Menyamakan warna plafon dan lantai

2. Menyamakan warna plafon lantai
Pexels/Jean van der Meulen

Dinding, lantai dan plafon kamar mandi sebaiknya menggunakan warna yang sama. Warna yang sesuai antara dinding dan langit-langit akan menciptakan ilusi kesinambungan pada kamar mandi. 

Warna yang serasi juga akan mengaburkan sudut-sudut dan tepian kamar mandi. Efeknya, kita sebagai penguni rumah akan merasa ruangan tersebut seakan lebih luas.

Jika plafon, dinding serta lantai yang menggunakan warna berbeda, maka akan membuat kamar mandi terlihat pendek. Pilihlah satu warna natural seperti putih atau krem.


 

Editors' Picks

3. Atur pencahayaan di dalam kamar mandi

3. Atur pencahayaan dalam kamar mandi
Pexels/Joey

Khusus untuk kamar mandi yang sangat kecil, dapat disiasati dengan memasang lampu pada dinding. Sebaiknya cahaya lampu sejajar dengan mata dan mengarah tepat di wajah dari arah samping.

Hindari untuk meletakkan lampu di lantai kamar mandi atau di atas meja wastafel.

4. Letakan cermin berukuran besar

4. Letakan cermin berukuran besar
Unsplash/House Method

Selain membantu kita saat berdandan, cermin di kamar mandi punya fungsi lain untuk menciptakan ilusi agar ruangan terasa lebih luas.

Hal ini karena cermin akan memantulkan cahaya dari lampu ke seluruh ruangan. Alhasil kita akan merasa ruangan tampak lega dua kali lipat dari sebelumnya.

Pilihlah cermin besar bergaya modern atau tradisional, sesuai dengan selera. Tempatkan pada salah satu dinding kamar mandi secara memanjang ke langit-langit. 

Selain memberi kesan lega, cermin juga membuat kamar mandi tampak lebih terang.

5. Perhatikan ukuran toilet dan bathtub

5. Perhatikan ukuran toilet bathtub
thespruce.com

Toilet dan bathtub, termasuk dua furnitur yang cukup memakan tempat. Nah, cara mengatasinya mudah! Pilihlah toilet berukuran kecil dan letakan di tempat yang sesuai.

Sementara bathub bisa diganti dengan shower saja untuk mengurangi ruang kamar mandi.

Namun jika Mama tetap ingin menggunakan bathtub, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kamar mandi. Cari bathtub yang panjangnya sekitar 5 kaki dan menempel di dinding. Pastikan juga agar bathub nyaman saat dipakai berendam.

6. Usahakan untuk tidak menggunakan tirai shower

6. Usahakan tidak menggunakan tirai shower
Instagram.com/thecasacollective

Tempat khusus shower, sebaiknya jangan dibatasi dengan sekat tirai atau kaca yang bermotif. Jika memungkinkan, gunakan kaca transparan.

Dengan kaca tersebut, pandangan kita tidak terbatas dan bisa melihat ke setiap sudut kamar mandi. Selain itu, cahaya di dalam ruangan akan dibiaskan secara efektif sehingga kamar mandi tampak lega.

 

7. Menata kamar mandi secara fungsional

7. Menata kamar mandi secara fungsional
bcn4students

Aksesori pelengkap seperti gantungan baju, berbagai produk kebersihan dan perawatan tubuh biasanya akan membuat kamar mandi jadi penuh dan sempit.

Mama bisa menata kamar mandi dengan fungsional, misalnya menenpatkan gantungan baju yang digabungkan dengan pintu kamar mandi agar tak terlihat saat pintu dibuka.

Selain itu, Mama juga bisa minta dibuatkan lubang pada dinding kamar mandi dengan kedalaman 5 cm untuk meletakan sabun, pasta gigi dan lainnya.

Nah Ma, itulah beberapa trik membuat kamar mandi sempit agar terlihat lebih luas. Dengan begitu kamar mandi tidak akan terasa sesak. Semoga informasinya bisa bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.