6 Warna Cat Rumah yang Bisa Memberikan Aura Positif

Pilihan warna cat ini bisa dicoba nih, Ma!

8 Desember 2021

6 Warna Cat Rumah Bisa Memberikan Aura Positif
Freepik/wayhomestudio

Memilih warna yang tepat untuk cat rumah tentunya harus dipertimbangkan dengan matang. Pasalnya,setiap warna memiliki artinya tersendiri. Selain itu, ternyata ada warna-warna yang dapat memengaruhi suasana hati menjadi lebih positif lho, Ma.  

Pilihlah warna-warna yang tepat untuk diterapkan pada dinding dan furnitur di bagian dalam rumah. Jangan sampai kombinasi warnanya justru bertabrakan. Hal ini akan membuat komposisi ruangan jadi tidak proporsional dan kurang enak dilihat, sehingga akhirnya bisa menciptakan suasana hati yang buruk. 

Nah Ma, merangkum dari Times of India, berikut Popmama.com akan merekomendasikan beberapa pilihan warna cat dinding yang dapat menciptakan aura positif di rumah. 

Kira-kira warna apa saja ya, Ma?

1. Kuning untuk memberi kesan ceria

1. Kuning untuk memberi kesan ceria
home-designing.com

Kuning termasuk warna-warna yang memberi kesan ceria. Jika Mama ingin suasana rumah yang terang, aplikasikan warna kuning di ruangan yang selalu disinggahi banyak orang. Misalnya, ruang keluarga. 

Warna kuning seperti sinar matahari, efeknya mampu membuat orang lebih bersemangat dan mencerahkan suasana hati. 

2. Biru untuk memberi kesan menenangkan

2. Biru memberi kesan menenangkan
Elledecor.com

Sebaliknya, jika Mama ingin suasana rumah yang menenangkan dan membuat tubuh dan pikiran rileks, maka pertimbangkanlah untuk memakai warna biru. 

Biru adalah representasi dari laut dan langit. Mama bisa memilih warna biru tua jika ingin kesan elegan dan tenang. Sementara itu, biru muda untuk kesan yang lebih hangat dan nyaman. 

Editors' Picks

3. Hijau memberi kesan natural dan alami

3. Hijau memberi kesan natural alami
wow1day.com

Warna hijau yang terkesan natural dan alami dapat memberikan efek menenangkan dan dapat mengurangi kecemasan. 

Sama seperti kita melihat pemandangan pepohonan berearna hijau, pikiran jadi lebih jernih dan tubuh rileks. Cat dinding warna hijau ini bisa diterapkan di beberapa ruangan sesuai dengan selera dan kebutuhan, sehingga lebih terkesan natural. 

4. Putih memberi kesan bersih dan segar

4. Putih memberi kesan bersih segar
Pexels/Jean van der Meulen

Warna putih selalu menjadi favorit banyak orang untuk diterapkan sebagai cat rumah. Putih termasuk warna-warna netral yang cocok dikombinasikan dengan beragam warna lainnya. 

Warna yang melambangkan kesucian ini memberi kesan bersih dan segar. Bahkan putih dapat menciptakan ilusi ruang yang terlihat lebih lega dari ukuran sebenarnya. Selain di ruang tamu atau ruang keluarga, Mama bisa merapkan warna ini di dapur atau kamar mandi.

5. Merah muda memberi kesan ketenangan jiwa dan kebaikan

5. Merah muda memberi kesan ketenangan jiwa kebaikan
Freepik/wuttichai1983

Merah muda atau pink biasanya selalu jadi warna favorit anak perempuan. Mama bisa menerapkan warna ini di kamar anak. 

Warna pink melambangkan ketenangan jiwa dan kebaikan. Merah muda dapat membantu melepaskan perasaan negatif seperti amarah dan sisi emosional yang sensitif dalam diri kita. 

6. Abu-abu memberi kesan sejuk

6. Abu-abu memberi kesan sejuk
Pexels/Jean van der Meulen

Meskipun warna abu-abu terlihat kusam dan membosankan, warna ini justru memiliki efek yang menyejukkan hati dan membuat suasana lebih santai. Apalagi jika Mama berhasil menemukan perpaduan warna yang tepat. 

Kombinasikan warna abu-abu dengan warna putih dan biru. Terapkan perpaduan warna ini pada ruang tamu atau bagian depan rumah yang akan dilihat banyak orang.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.