Selain Buat Memasak, Ada Fungsi Lain dari Teflon! Cek Caranya Disini

Selain untuk memasak, teflon ternyata punya beberapa manfaat lain lho. Cool!

21 Januari 2019

Selain Buat Memasak, Ada Fungsi Lain dari Teflon Cek Cara Disini
Pixabay/stocksnap
Teflon ternyata punya manfaat lain selain untuk sekedar memasak atau menumis saja.

Sebagai seorang Mama sekaligus ibu rumah tangga, semua urusan yang berkaitan erat dengan dapur dan segala isinya tentu bukan lagi hal yang baru untuk Mama.

Bisa dibilang, aktivitas sehari-hari Mama yang turut melibatkan kegiatan di dapur membuat Mama handal dengan hal-hal terkait di dapur.

Dalam perihal ini, tidak usah diragukan lagi bahwa Mama sangat familiar dengan penggunaan teflon untuk memasak.

Yup, alat penggorengan yang ditemukan oleh Roy Plunket dari Kinetic Chemical pada 1938 ini memang sudah menjadi alat dapur yang umum digunakan di era milenial sekarang ini.

Namun, tahukah Mama bahwa teflon tidak semata-mata memiliki manfaat untuk memasak makanan seperti alat penggorengan lain pada umumnya. Teflon memiliki manfaat lain yang secara spesifik wajib diketahui oleh Mama.

Mari kita lihat rangkuman Popmama.com di bawah ini.

1. Meratakan atau menghancurkan daging

1. Meratakan atau menghancurkan daging
Pixabay/tookapic

Tidak ada yang lebih melegakan saat kita mendapatkan menu makanan dengan daging yang sudah rata atau hancur.

Pasalnya, hal ini memudahkan kita untuk menyantapnya, khususnya untuk Si Kecil yang masih terbatas dalam melakukan upaya untuk belajar makan sendiri.

Nah, untuk mempersiapkannya, Mama pasti suka melakukan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya yaitu, memanfaatkan tatakan khusus yang kuat saat hendak menekan daging dengan alat keras agar bisa hancur atau rata.

Menariknya, Mama sebenarnya bisa memanfaatkan teflon untuk itu. Pasalnya, teflon terbuat dari lapisan khusus yang anti gores dan anti lengket sehingga tidak akan memberi dampak apapun terhadap tekanan maupun gesekan dari benda padat.

2. Alat memanggang

2. Alat memanggang
Pixabay/tookapic

Seperti yang telah kami tulis di artikel sebelumnya di sini, Mama sangat dianjurkan untuk memberikan Si Kecil berbagai pilihan menu makanan yang bervariasi supaya anak mama tidak membangun kebiasaan pilih-pilih makanan atau bahkan, menolak untuk makan begitu saja.

Lagipula, ada banyak sekali menu makanan yang bisa dijadikan opsi untuk Mama persiapkan. Tidak semata-mata makanan yang dimasak di atas penggorengan, tetapi ada juga menu makanan yang dipersiapkan dengan cara memanggang.

Untuk memanggang beberapa menu makanan, Mama tentu membutuhkan oven. Namun, kabar baiknya, jika Mama tidak memiliki oven, Mama bisa memanfaatkan teflon dalam menyajikan makanan panggang.

Soalnya, teflon memiliki kelebihan untuk tahan panas.  Setidaknya, teflon dapat bertahan pada suhu tinggi hingga 260 derajat celcius.

3. Menyatukan roti sandwich

3. Menyatukan roti sandwich
Pixabay/superanton

Saat menyiapkan menu makanan untuk sarapan Si Kecil, Mama pasti sering terbesit pikiran untuk memberikannya sandwich atau roti isi.

Bagaimana tidak! Menu makanan ini mengombinasikan beberapa bahan makanan yang enak dan sehat, seperti daging dan sayur.

Akan tetapi, kita tentu memahami bahwa Si Kecil masih menunjukkan keterbatasan dalam menyantap makanan.

Seringkali, anak mama melahap makanan dengan berantakan. Hal ini tentu turut berpotensi saat Si Kecil hendak menikmati sandwich berlapis-lapis.

Kabar baiknya, Mama ternyata bisa memanfaat penggunaan 2 teflon dengan ukuran besar dan ukuran kecil.

Caranya, panaskan keduanya, lalu tempatkan sandwhich pada teflon berukuran besar dan tekanlah dengan menggunakan teflon berukuran kecil untuk menyatukan setiap lapisan.

Editors' Picks

4. Mengeringkan tahu renyah

4. Mengeringkan tahu renyah
Pixabay/silentpilot

Salah satu menu makanan yang sehat untuk diberikan kepada Si Kecil adalah tahu. Akan tetapi, kita tentu mengetahui betul bahwa sedikit anak-anak kecil seusia anak mama yang menyukai tahu. Untuk itu, ada baiknya jika Mama membuatnya menjadi enak, seperti tahu renyah.

Dalam proses memasak tahu renyah, Mama perlu mengeringkan tahu terlebih dahulu. Namun, dalam proses mengeringkan tahu memakan waktu yang lama.

Karena itu, Mama bisa memilih cara yang lebih mudah dan cepat dengan mengandalkan manfaat lain teflon.

Benar sekali! Teflon bisa bermanfaat untuk mengeringkan tahu renyah. Caranya, bungkus tahu dengan paper towels, lalu letakkan teflonyang sudah dipanaskan di atasnya dalam posisi yang menutupi tahu tersebut. Suhu panas akan mempercepat proses pengeringan.

Mama bisa melakukannya pada menu makanan lain yang membutuhkan proses pengeringan.

5. Menghancurkan kacang-kacangan

5. Menghancurkan kacang-kacangan
Pixabay/publicdomainimages

Untuk memastikan proses tumbuh kembang Si Kecil berjalan dengan lancar, Mama sebaiknya memberikan makanan yang menyertakan kacang-kacangan.

Pasalnya, kacang diketahui memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan oleh sistem metabolsime dan imun tubuh.

Permasalahannya, anak mama dapat tersedak dengan kacang karena keterbatasannya dalam mengunyah makanan dan berkonsentasi saat makan.

Hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa Mama dianjurkan untuk menghancurkan kacang-kacangan terlebih dahulu.

Untuk menghancurkannya dengan halus, Mama harus menggunakan alat khusus, seperti ulekan. Sayangnya, alat tersebut menguras tenaga Mama secara berlebihan dan memakan waktu banyak.

Untuk mempermudah, Mama dapat memanfaatkan teflon sebagai alat pengganti ulekan untuk menghancurkan kacang-kacangan.

Hasil yang didapatkan Mama akan melihat remah-remah kacang yang sangat kecil dan ini didapatkan tanpa upaya yang keras karena beban teflon yang besar.

6. Sebagai bahan dasar rice cooker

6. Sebagai bahan dasar rice cooker
Pixabay/imageparty

Sebagai orang Indonesia, makanan utama kita tentulah nasi. Untuk membuatnya, Mama pasti memanfaatkan alat rice cooker seperti orang-orang lain pada umumnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada momen di mana Mama membutuhkan nasi dengan cepat.

Belum lagi, ada waktu di mana rice cooker rusak sehingga Mama terancam berpuasa memasak nasi dalam beberapa waktu hingga alat tersebut benar atau setidaknya, sampai Papa membelikan yang baru, bukan? Hehe.

Sambil menunggu, Mama bisa memanfaatkan teflon sebagai bahan dasar rice cooker. Mama cukup mengambil panci rice cooker sebagai wadah dan meletakkannya di atas dasar teflon yang dipanaskan di atas api.

Kualitas anti gores dan tahan panas akan membantu menyiapkan nasi dengan cepat.

7. Sebagai heat diffuser

7. Sebagai heat diffuser
Pixabay/stina_magnus

Ada banyak sekali alat-alat memasak yang bisa dijadikan opsi untuk membantu aktivitas Mama di dapur. Tentu, meskipun teflon merupakan alat yang penting untuk dimiliki, Mama tetap membutuhkan alat-alat memasak lainnya, alat untuk menggoreng lainnya seperti panci atau wajan.

Akan tetapi, alat memasak tersebut cenderung tidak tahan lama. Salah satu permasalahan yang ditimbulkan adalah bagian dasar yang semakin lama menipis sehingga rentan pada suhu panas. Alhasil, Mama tidak bisa menggunakannya lagi.

Beruntungnya, Mama tetap bisa menggunakan dengan memanfaatkan teflon sebagai heat diffuser.

Caranya, letakkan panci di atas teflon yang siap untuk dipanaskan di atas kompor. Hasilnya alat memasak tersebut dapat berguna kembali. 

Sekarang, Mama telah melihat manfaat lain teflon selain untuk memasak saja. Selamat mencoba ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;