Pilihan Tanaman yang Tidak Memicu Alergi, Bagus untuk Menghias Rumah!

Bukan hanya indah dan berfungsi menetralisir udara, setiap tanaman hias ini tidak memicu alergi lho

23 Januari 2021

Pilihan Tanaman Tidak Memicu Alergi, Bagus Menghias Rumah
Pixabay/quique

Setiap Mama pastilah sangat memerhatikan keindahan rumah yang menjadi tempat di mana si Kecil menjalani proses tumbuh kembangnya.

Tentu, kebersihan udara di dalam ruangan wajib untuk dijadikan sebagai landasan memperindah rumah Mama.

Dalam rangka hal tersebut, tanaman hias atau bunga-bunga yang baik untuk tempat tertutup dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik. Namun, bagaimana jika Mama atau anggota keluarga lain nyatanya alergian?

Don’t worry, Ma! Sebagaimana dilansir dari laman thespruce.com, Mama dapat memanfaatkan 7 jenis tanaman hias yang tidak masalah untuk Mama yang alergian. Semuanya memiliki penampilan yang mengesankan dan fungsi yang bisa menetralisir udara, lho. 

Cek yuk selengkapnya di Popmama.com:

1. Begonia

1. Begonia
Pixabay/monikasmigielska

Bunga dengan dominasi warna merah muda yang lembut dan bertumbuh tinggi dengan daun-daun hijau ini merupakan tanaman hias yang memiliki kelebihan utama di mana bunga-bunganya jarang terlepas meskipun terkena hempasan angin.

Selain itu, jenis tanaman hias ini diketahui sangat aman untuk para penderita alergi apapun termasuk bunga.

2. Bougainvillea

2. Bougainvillea
Pixabay/hans

Seperti yang kita ketahui, setipa bunga menghasilkan serbuk sari yang di mana hal ini dapat menjadi pemicu yang tidak baik untuk Mama yang alergian.

Beruntungnya bunga yang memiliki penampilan memukau dengan warna ungu ini diketahui menghasilkan serbu sari yang sangat sedikit sehingga aman untuk Mama yang alergian.

Editors' Picks

3. Kaktus

3. Kaktus
Pixabay/engin_akyurt

Setiap tanaman pada umumnya tergantung pada angina untuk menghasilkan benih di mana proses penyerbukan akan melakukan pembubaran oleh angin sehingga serbu sari akan berterbangan.

Beruntungnya, kaktus nyatanya tidak melakukan cara tersebut di manatanaman ini hanya memanfaatkan penyerbukan silang dari tanaman kaktus lainnya.

4. Camellia

4. Camellia
Pixabay/elsemargriet

Seperti namanya yang mengesankan, Mama tentu sudah bisa menebak bahwa bunga Camellia memang memiliki penampilan yang menarik.

Dengan warna merah dan bentuknya yang mengingatkan kita pada bunga Mawar, Camellia-pun turut menghasilkan wangi yang sangat harum.

Terlebih lagi, bunga ini memiliki organ reproduksi jantan dan betina pada bunga yang sama sehingga serbu sari tidak harus melakukan perjalanan jauh untuk penyerbukan. So safe, right?

5. Clematis

5. Clematis
Pixabay/mrgajowy3

Bunga dan dominasi warna ungu yang mengkilap di mana setiap helaian bunganya terasa sangat lembut ini nyatanya memiliki kelebihan khusus yang bermanfaat untuk Mama yang alergian.

Secara khusus, semua jenis bunga Clematis diketahui tidak akan menyebabkan iritasi saat seseorang menyentuhkan kecuali Clemetis Viticella dan Clematis Terniflora.

6. Coleus

6. Coleus
Pixabay/the pilippena

Menjadi sebuah keunikan tersendiri yang memukau di mana Coleus menampilkan perpaduan warna yang mengesankan pada setiap lembar daunnya.

Akan tetapi, hal yang paling menarik perhatian adalah keunggulan di mana Coleus tumbuh dengan daun yang sangat tebal, lebih lusher dan tidak menyebabkan pemicu alergi.

7. Hosta

7. Hosta
Pixabay/katiem2

Satu lagi jenis tanaman hias dengan dominasi daun yang menampilkan gradasi warna, Hosta.

Tanaman ini memiliki kelebihan yang membuat para pecinta tanaman senang menanamnya karena hanya membutuhkan sedikit sentuhan untuk merawatnya.

Salah satunya, Hosta diketahui memotong dirinya sendiri sebelum bermekaran kembali dan tidak akan ada masalah pemicu alergi.

Sekarang, Mama sudah mengetahui mengenai berbagai jenis tanaman hias yang tidak masalah untuk Mama alergian.

Mama dapat menanamnya di taman rumah Mama atau meletakkannya di dalam ruangan dengan pot dan jangan lupa, letakkan dekat sinar matahari, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.