7 Perabotan Rumah yang Sering Dirusak Kucing, Pastikan Selalu Diawasi

Perhatikan barang-barang di rumah ini agar tidak dirusak oleh kucing, ya!

27 Mei 2022

7 Perabotan Rumah Sering Dirusak Kucing, Pastikan Selalu Diawasi
Pexels/Arina Krasnikova

Kucing sering sekali tampak merusak perabotan rumah dengan cakar, taring, maupun gerakannya. Biasanya, tujuan kucing berperilaku demikian ialah untuk membuat beberapa bagian tubuhnya tetap terjaga sekaligus menerapkan naluri berburunya.

Sebagai pemilik kucing, tentu Mama kerap menemukan beberapa perabotan di rumah yang rusak akibat tingkah kucing. Akibatnya, perabotan-perabotan itu menjadi tampak tak layak guna, bahkan perlu diganti ketika tingkat kerusakannya sudah parah.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa perabotan rumah yang sering dirusak kucing.

Yuk Ma, disimak!

1. Sofa

1. Sofa
Pexels/Sabrini

Perilaku kucing yang gemar mencakar perabotan rumah bertujuan untuk menghilangkan lapisan mati dari cakarnya, sehingga menjaganya tetap tajam. Tak hanya itu, kucing juga menggaruk area tertentu sebagai tanda wilayah kekuasannya sekaligus mencari perhatian.

Salah satu perabotan rumah yang sering menjadi sasaran cakaran kucing ialah sofa, terutama sofa yang empuk. Sofa yang terus dicakar-cakar oleh kucing secara konsisten akan membuat lubang di sofa, sehingga isian sofa bisa keluar.

Jika terus dirusak, maka sofa lama-kelamaan bisa tidak layak pakai.

2. Karpet

2. Karpet
Pexels/Dids

Tidak hanya sofa, karpet juga sering menjadi tempat kucing mengasah cakarnya. Hal ini terutama berlaku pada karpet yang panjang karena bisa menarik perhatian kucing.

Untuk mengurangi risiko karpet rusak karena cakaran kucing, Mama bisa memilih karpet berbahan seagrass atau sisal. Bahan-bahan tersebut cukup tahan dengan cakaran kucing, sehingga tidak meninggalkan bekas cakaran kucing yang terlihat jelas.

Editors' Picks

3. Pajangan

3. Pajangan
Pexels/Min An

Kucing yang aktif biasanya juga akan naik meja dan mulai menjarah permukaan meja. Hal ini bisa jadi masalah apabila di atas meja terdapat beberapa pajangan seperti bingkai foto, pigura, atau guci dan benda-benda lain yang pecah belah.

Baik sengaja maupun tidak, kucing bisa saja menyenggol barang-barang di atas meja hingga jatuh dan rusak. Maka dari itu, sebaiknya singkirkan barang-barang yang rentan dijatuhkan oleh kucing.

4. Tirai dan vitrase

4. Tirai vitrase
Pexels/Omar Ramadan

Tirai dan vitrase biasanya menjadi sasaran mencakar, menggigit, dan mengunyah bagi kucing. Ia menganggap tirai dan vitrase yang bergantung itu tampak menarik.

Akibatnya, tirai dan terutama vitrase yang berbahan lebih mudah robek, menjadi rusak dan bahkan bisa copot dari batang tirai karena tarikan kucing yang sangat kuat.

Namun, kebiasaan kucing yang merusak tirai dan vitrase ini biasanya hanya dilakukan oleh kucing-kucing yang masih kecil.

5. Kasur

5. Kasur
Pexels/Pixabay

Bagian tempat tidur, terutama springbed dan kasur busa juga biasa menjadi incaran kucing untuk menggaruk-garuk dengan cakarnya.

Hal ini berlaku sama dengan sofa dan karpet yang menjadi tempat empuk bagi kucing, sehingga mereka merasa nyaman mengasah cakar di perabotan-perabotan rumah tersebut. Kadang beberapa kucing bisa sampai menggaruk bantal, guling, atau selimut yang ada di atas kasur.

6. Tanaman hias

6. Tanaman hias
Pexels/cottonbro

Penempatan tanaman hias di dalam rumah dengan hewan peliharaan memang membuat khawatir. Pasalnya, kemungkinan hewan peliharaan seperti kucing untuk merusak tanaman hias amat besar.

Perusakannya pun bisa beragam, mulai dari mengais-ngais bagian media tanamnya, menggigit dan mencabut batang dan daun tanaman, bahkan bisa saja menjatuhkan tanaman dari tempatnya.

7. Barang pecah belah

7. Barang pecah belah
Pexels/Max Vakthbovych

Biasanya, ketika kucing lapar, ia akan berusaha mencari-cari makanannya secara mandiri di tempat di mana ia biasa melihat makanan, salah satunya di dapur. Tak jarang kucing juga akan merogoh-rogoh perabotan makan di dapur.

Ini menjadi masalah apabila peralatan makan yang pecah belah di dapur bisa dijangkau oleh kucing karena bisa mengakibatkan kerusakan hingga tak layak guna.

Itulah beberapa perabotan rumah yang sering dirusak kucing. Pastikan barang-barang ini bisa selalu dijaga agar tidak menjadi sasaran yang empuk bagi kucing ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk