Jadi Ikon Hari Natal, Ini 8 Jenis Pohon Cemara yang Perlu Kamu Tahu

Bentuknya yang unik serta daunnya yang indah

1 Desember 2020

Jadi Ikon Hari Natal, Ini 8 Jenis Pohon Cemara Perlu Kamu Tahu
Dok. berbagai sumber

Pohon yang memiliki ranting beruas dan dahan yang besar tampak seperti jarum ini sudah tidak asing lagi kan? Pohon cemara adalah pohon malar hijau yang kukuh dan tumbuh di iklim sejuk, serta seringkali digunakan sebagai pohon Natal saat Natal tiba.

Mama bisa dengan mudah menemukannya sebagai tanaman hias, tumbuh liar maupun untuk konservasi hutan.

Pohon Cemara seringkali digunakan sebagai tanaman hias karena perawatannya yang mudah dan disebut sebegai evergreen karena daunnya yang tidak mudah rontok dan kering.

Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa bertahan hinga ratusan tahun, lho Ma.

Pohon cemara bisa ditemukan di seluruh dunia, termasuk Australia, Selandia Baru, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, bahkan Asia termasuk Indonesia. Tumbuhan ini dapat tumbuh di daerah berbagai jenis mulai dari dataran tinggi hingga pantai.

Popmama.com akan memberikan informasi mengenai jenis pohon cemara yang perlu Mama ketahui, indah dan unik lho, Ma. Simak yuk! 

1. Cemara Pensil

1. Cemara Pensil
giorgiotesigroup.it

Jenis pohon Cemara yang pertama ini mirip dengan bentuk pensil yang memiliki bentuk ujung yang runcing, maka tak heran jika diberi nama Cemara Pensil. Pohon ini juga memiliki nama lain yang dikenal yaitu Cupressus sempervirens, Cypress mediterani, Cypress tuscan, dan Drama tree.

Cemara ini mempunyai daun yang rimbun dan berwarna hijau tua, kayunya pun sangat kuat dan mengeluarkan bau yang wangi.

Pohon ini berasal dari Mediterania, dan biasa dijadikan tanaman hias di Florida dan Eropa. Pohon ini bisa diberbagai kondisi seperti daerah yang kering dan juga di daerah lembap. Jika terkena angin, maka pohon ini bisa membungkuk lho.

2. Cemara Embun

2. Cemara Embun
instagram.com/hydroponikazzahra

Cemara satu ini memiliki nama latin Juniperus communis ini memiliki daun yang terlihat seperti salju atau embun di ujungnya.

Tumbuhan ini biasa ditemukan di daerah yang memiliki ketinggian 0 - 100 mpdl atau bahkan hingga ketinggian 600 mpdl, karenanya cemara ini dikenal bersahabat dengan angin yang kencang, kekeringan, dan tanah yang cukup bernatu.

3. Cemara Laut

3. Cemara Laut
mangrovemagz.com

Cemara jenis ini identik ditemukan di pantai bagian selatan Pulau Jawa. Seperti namanya, Cemara Laut tinggal dihabitat daerah pesisir pantai, sehingga sudah terbiasa dengan angin laut yang kencang.

Tumbuhan ini memiliki nama lain yaitu Australian pine dan Beach she-oak dan memiliki nama latin yaitu Casuarina equisetifolia.

Editors' Picks

4 Cemara Norfolk

4 Cemara Norfolk
pixabay.com/SandeepHanda-5704921

Pohon cemara yang keempat ini bernama Cemara Norflok, sesuai dengan namanya, cemara ini berasal dari Pulau Norflok yang ada di Samudera Pasifik. Cemara Norflok ini memiliki nama latin yaitu Aucaria heterophylla atau biasa disebut dengan bintang pinus.

Cemara Norflok bisa tumbuh dengan subur di daerah yang memiliki kelembapan tinggi dan mendapat sinar matahari cukup sepanjang hari. Pohon cemara ini dianggap bisa menghasilkan resin yang digunakan pada bahan pembuat kosmetik

5. Cemara Perak

5. Cemara Perak
instagram.com/freshta_garden

Jenis cemara ini memiliki daun yang unik karena berwarna perak, tak heran jika diberi nama Cemara Perak.

Cemara ini memiliki nama latin Juniperus squamata blue star atau Blue pine, cemara jenis ini termasuk tanaman perdu yang berasal dari Pegunungan Asia Tengah dan Himalaya. Walaupun, sering ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias, tapi tingginya bisa mencapai 1 meter lho.

6. Cemara Kipas

6. Cemara Kipas
davesgarden.com

Pohon cemara kipas ini memiliki nama latin yaitu Thuja Orientalis dan Thuja occidentialis atau biasa dikenal sebutan white cedar.

Cemara kipas memiliki habibat di hutan yang basah atau rawa-rawa dengan ketinggian sekitar 10-29 meter. Ciri-ciri dari cemara ini yaitu cabang daun mengerucut ke samping serta membentuk kipas.

Orang India mempercayai bahwa cemara jenis ini bisa mengobati orang yang memiliki penyakit kudis. Dan juga dipercaya sebagai obat batuk dan buang air besar.

7. Cemara Angin

7. Cemara Angin
instagram.com/tanaman.hias.bandung

Cemara angin yang memiliki nama latin Casuarina junghuhniana ini memiliki daun yang paling tipis di antara jenis pohon cemara lainnya. Cemara angin sekilas mirip dengan daun pinus tetapi ukuran dari cemara angin lebih panjang.

Namun sayangnya hanya sedikit orang yang mau membudidayakan tanaman ini, karena mudah stres yang menjadikannya rentan mengalami kekeringan daun.

8. Cemara Pua Pua

8. Cemara Pua Pua
twinspringsnursery.com

Jenis cemara yang terakhir pastinya sudah tidak asing lagi. Cemara pua-pua ini memiliki nama latin yaitu Cupressus papuanus, memiliki daun berbentuk menyerupai tanduk rusa dan dapat hidup sampai ratusan tahun lho. Pohon pua-pua ini biasanya digunakan untuk ritual tertentu seperti natal.

Banyak jenis pohon cemara yang memiliki ciri khas masing-masing. Ada yag memiliki daun seperti jarum, bagian sampingnya seperti kipas, bahkan tanduk. Selain untuk perayaan Natal, juga bisa digunakan untuk pengobatan dan tanaman hias. Di Indonesia biasanya ditanam dengan cara okulasi dan dijadikan tanaman bosai.

Itu dia Mama, delapan jenis pohon cemara yang indah dan unik-unik. Untuk Mama yang ingin membudidayakannya bisa banget lho, Mama tinggal pilih sesuai kebutuhan Mama saja ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.