Hati-Hati! Ini 7 Tanaman Hias Berbahaya tapi Banyak Dicari Orang

Tanaman ini bisa mengakibatkan berbagai reaksi di tubuh, bisa sampai kejang otot atau halusinasi

12 Januari 2021

Hati-Hati Ini 7 Tanaman Hias Berbahaya tapi Banyak Dicari Orang
Pixabay/brbrgraphics

Mengoleksi tanaman hias cantik jadi tren baru di Indonesia. Sebut saja nama-nama tanaman hias kini makin naik seiring berjalannya waktu. Eits, jangan salah meski terlihat cantik ternyata ada beberapa tanaman yang berbahaya lho.

Ternyata tanaman-tanaman itu ada disekitar kita dan lebih mengagetkannya lagi, kadang kita tidak sadar dengan hal ini.

Berikut Popmama.com rangkum informasi daftar tanaman hias cantik yang ternyata berbahaya. 

1. Philodendron yang daunnya ternyata beracun

1. Philodendron daun ternyata beracun
Etsy.com

Tanaman hias yang viral ini ternyata berbahaya lho, Ma. Pasalnya Philodendron ternyata memiliki racun yang dapat menyebabkan bibir, lidah, dan tenggorokan membengkak.

Racun tersebut bisa menampilkan reaksi ke tubuh apabila daun dari tanaman Philodendron termakan.

2. Biji bunga wisteria ternyata bisa sebabkan mual

2. Biji bunga wisteria ternyata bisa sebabkan mual
Pexels/ellie-burgin

Tanaman wisteria memiliki bunga berwarna keunguan yang cantik. Tanaman ini cukup populer dikoleksi oleh penyuka tanaman.

Namun, tak banyak orang tahu ternyata bunga cantik ini berbahaya karena memiliki racun lho. Biji tanaman ini juga berbahaya karena kandungan sapoin di dalamnya bisa menyebabkan mual, diare, muntah pusing bahkan pingsan.

Editors' Picks

3. Si Cantik daffodil jika termakan bisa sebabkan muntah

3. Si Cantik daffodil jika termakan bisa sebabkan muntah
Pexels/david-jakab

Daffodil yang biasa disebut bunga narcissus merupakan salah satu jenis tanaman hias cantik yang berbahaya karena mengandung racun.

Ternyata bagian akarnya bila termakan bisa mengakibatkan masalah pencernaan seperti muntah-muntah dan diare. Selain itu, racun daffodil juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, tremor, dan gangguan irama jantung.

4. English ivy yang bisa sebabkan iritasi kulit

4. English ivy bisa sebabkan iritasi kulit
Pinterest.com

English ivy atau daun ivy adalah tanaman hias yang biasanya digunakan sebagai tanaman gantung. Nmaun, tanaman yang bebas dijual di pinggir jalan ini ternyata punya daun yang memiliki racun. Apabila tertelan bisa mengakibatkan iritasi kulit, pembekakan di tenggorokan, dan bahkan demam tinggi.

5. Ternyata bunga terompet bisa sebabkan halusinasi

5. Ternyata bunga terompet bisa sebabkan halusinasi
Pinterest.com

Punya bunga yang cantik dan indah, ternyata bunga terompet ini cukup berhaya lho. Tanaman ini kerap ada di pekarangan rumah di Indonesia. Ternyata bunga dari tanaman ini bisa sangat beracun bagi manusia jika dikonsumsi. 

Bunga terompet mengandung skopolamin dan atropin yang jika dikonsumsi bisa menyebabkan demam, muntah, gelisah, kebingungan, halusinasi, kejang dan melemahkan pernapasan. 

Lalu kandungan atropin juga membuat penglihatan jadi kabur, detak jantung menjadi cepat, kehilangan keseimbangan, mual, pusing dan sensitif terhadap cahaya.

6. Seluruh bagian tanaman daun dolar ternyata beracun

6. Seluruh bagian tanaman daun dolar ternyata beracun
Pinterest.com

Tanaman ini ternyata masuk ke dalam tanaman hias yang berbahaya. Daun dolar biasanya ditempatkan di sudut ruangan indoor.

Tanpa disadari ternyata seluruh bagian dari tanaman hias ini beracun. Daun dolar mengandung oksalat yang dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

7. Cemara Inggris yang bijinya bisa menyebabkan kejang otot

7. Cemara Inggris biji bisa menyebabkan kejang otot
Pinterest.com

Tanaman yang disebut cemara Inggris ini bernama latin european yew dan banyak tumbuh di Timur Tengah, dan Afrika Barat Laut. Meski cantik dan unik, ternyata cukup berbahaya.

Disebut dalam jurnal Clujul Medical tahun 2013, racun yang ada dalam biji tanaman tersebut bisa menyebabkan jantung berdetak cepat, kejang otot, hingga bisa menyebabkan kematian. 

Itulah tadi daftar tanaman hias berbahaya tapi banyak dicari atau tumbuh mudah di sekitar kita. Semoga dengan adanya informasi ini kita bisa lebih berhati-hati sekarang ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.