7 Cara Merawat Kucing Anggora, Seru Banget!

Ternyata, ada perawatan khusus dalam merawat kucing anggora

5 Mei 2019

7 Cara Merawat Kucing Anggora, Seru Banget
Unsplash/Tran Mau Tri Tam

Buat kamu yang tertarik untuk memilihara kucing anggora, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara merawat kucing anggora yang benar.

Sebab merawat kucing anggora tidak sama dengan merawat kucing biasanya. Perawatan untuk kucing anggora terbilang gampang-gampang susah sebab selain bulunya sangat halus, kucing anggora memerlukan perhatian yang lebih dibanding kucing lainnya.

Anggora termasuk jenis kucing yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang ekstra karena anggora termasuk jenis kucing yang manja. Kucing ini juga tergolong kucing yang cukup nakal, terlebih jika tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari pemiliknya.

Buat kamu yang memiliki kucing anggora atau tertarik untuk mengadopsi kucing anggora, dilansir dari Wikihow dan beberapa sumber lainnya, berikut cara merawat kucing anggora yang disarankan:

1. Sediakan kandang yang luas

1. Sediakan kandang luas
Unsplash/Lenie T

Kucing anggora termasuk kucing yang senang bermain sehingga kamu perlu menyediakan kandang yang cukup luas untuknya.

Selain menyediakan kandang yang luas, pastikan pula kamu menyediakan berbagai macam mainan untuknya, termasuk “ruang” untuk tepat dirinya memanjat dan melompat.

Hal ini perlu disediakan karena kucing anggora termasuk kucing yang sangat aktif.

2. Memandikannya secara rutin

2. Memandikan secara rutin
Pinterest/Kat Proctor

Meski umumnya kucing bisa membersihkan diri sendiri dengan cara menjilati tubuhnya, kamu disarankan untuk rutin memandikan kucing anggora yang dimiliki setidaknya setiap dua bulan sekali.

Memandikan kucing anggora terlalu sering juga tidak dianjurkan karena bulu kucing anggora terbilang rapuh sehingga rentan untuk mengalami kerontokan jika dimandikan terlalu sering.

3. Rajin menyisir bulunya

3. Rajin menyisir bulunya
Pixabay/Skorchanov

Agar bulu kucing anggora tetap terawat dan tetap sehat, kamu disarankan untu rutin menyisir atau menyikat bulunya setiap hari atau setiap beberaha hari sekali. Kamu dapat menggunakan sisir metal bergerigi panjang yang biasanya dijual di toko hewan peliharaan.

Menyisir bulu anggora secara rutin tidak hanya menjadi bagian dari menjaga penampilannya saja, tetapi juga mengurangi risiko tertelannya hair ball, yang bisa menyebabkan masalah pada pencernaanya.

Editors' Picks

4. Rajin memotong kukunya

4. Rajin memotong kukunya
Pixabay/Dagmarkooijman

Selain rajin menyisir bulunya, kamu juga harus merawat kebersihan kukunya dengan baik. Caranya mudah, kamu hanya perlu memotong kukunya secara rutin setidaknya beberapa minggu sekali atau sebulan sekali.

Jika kamu memutuskan untuk memotong kuku kucing angora sendiri di rumah, buatlah suasanya senyaman mungkin. Pangku kucingmu lalu potong kukunya secara perlahan. Jika kamu masih ragu untuk memotongnya sendiri, lakukan di dokter hewan atau salon hewan terdekat.

5. Bersihkan telinganya secara rutin

5. Bersihkan telinga secara rutin
Pixabay/restocks-photos

Agar kebersihan telinga kucing anggora tetap terjaga, disarankan untuk membersihkan telinganya setiap dua minggu sekali. Kucing memang umunya bisa menghilangkan kotoran telinga sendiri, tapi terkadang juga perlu bantuan manusia untuk membersihkannya.

Nah, dalam membersihkan telinga kucing, gunakan bola kapas atau kain bersih basah dan usap lembut bagian telinganya, namun hindari membersihan saluran telinganya. Telinga kucing anggora yang bersih umumnya berwarna merah muda dan tidak berbau.

6. Bersihkan giginya secara rutin

6. Bersihkan gigi secara rutin
dailymail.co.uk

Sama halnya dengan manusia, gigi kucing juga perlu diperhatikan kebersihannya agar terhindar dari penyakit gusi atau penyakit gigi lainnya.

Untuk mengenalkan kebiasaan menyikat gigi pada kucing, kamu dapat mengoleskan pasta gigi kucing ke jari lalu biarkan kucing menjilatnya. Nah, jika kucing sudah terbiasa, kamu dapat mulai menggunakan sikat gigi halus untuk menyikat gigi kucing anggora secara perlahan.

Jangan gunakan pasta gigi manusia untuk kucing ya, karena kandungan fluoride pada pasta gigi manusia beracun bagi kucing.

7. Perhatikan makanannya

7. Perhatikan makanannya
Unsplash/Freestocks.org

Kamu harus memerhatikan makanan yang diberikan karena salah satu masalah yang kerap menghampiri kucing anggora adalah obesitas. 

Kamu disarankan untuk memberikan makanan dnegan protein yang tinggi dimana kandungan protein pada tiap makanan yang kamu berikan tidak kurang dari 40%. Kamu dapat berbicara kepada dokter hewan terkait makanan kucing anggora yang disarankan.  

Itulah cara merawat kucing anggora yang disarankan. Kamu harus benar-benar memberikan perhatian dan menyempatkan diri untuk bermain dengannya setiap hari jika memang ingin kucing anggora yang kamu miliki sehat dan tidak nakal.

Nah, selain perawatan yang telah disebutkan tadi, jangan lupa pula untuk membawa kucing anggora yang kamu miliki ke dokter hewan agar kesehatan dan kebutuhan vaksinasinya tersokong dengan baik.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!