6 Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman

Pupuk KCL atau kalium klorida adalah pupuk buatan yang memiliki kandungan unsur hara kalium

22 Mei 2022

6 Manfaat Pupuk KCL Tanaman
Unsplash/Markusspiske

Pupuk adalah salah satu komponen terpenting untuk tanaman. Seperti Mama ketahui, ada beragam jenis pilihan pupuk yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman, di antaranya ialah pupuk KCL

Pupuk KCL atau kalium klorida adalah pupuk buatan yang memiliki kandungan unsur hara kalium cukup tinggi, yakni mencapai 60 persen. Dengan kandungan kalium tersebut, pupuk KCL bisa memberikan banyak manfaat untuk tanaman. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum enam manfaat pupuk KCL untuk tanaman. Informasi di bawah ini bisa dijadikan acuan untuk beralih menggunakan pupuk KCL apabila Mama menginginkan tanaman di rumah tumbuh subur. 

1. Menghasilkan biji sempurna

1. Menghasilkan biji sempurna
Unsplash/Plasticmind

Pengaplikasian pupuk KCL sebaiknya dilakukan saat tanaman mulai memasuki masa berbuah. Pasalnya, kandungan kalium pada pupuk KCL bisa membantu tanaman untuk membentuk hasil biji yang sempurna. 

Biji tanaman sangat memengaruhi buah yang nantinya akan dipanen. Semakin baik kualitas biji tanaman, maka semakin baik pula buah yang dihasilkan.

2. Meningkatkan kualitas buah

2. Meningkatkan kualitas buah
Unsplash/Briennehong

Manfaat kedua dari pupuk KCL ialah dapat meningkatkan kualitas buah. Hal ini disebabkan unsur hara kalium pada pupuk yang bisa mengatur berbagai kegiatan unsur mineral dalam tanah. Kandungan mineral bisa membuat kualitas buah meningkat, dari bentuk, rasa, hingga memiliki warna yang lebih baik. 

Selain itu, kalium juga berfungsi untuk mengatur berbagai kegiatan tanaman, seperti membantu proses transportasi glukosa dalam tanah dan membentuk serta mengangkut karbohidrat sebagai katalisator dalam pembentukan protein. 

Editors' Picks

3. Tanaman tahan penyakit

3. Tanaman tahan penyakit
Unsplash/Johnnymcclung

Salah satu musuh manusia ketika membudidayakan tanaman ialah serangan hama dan penyakit. Kandungan kalium pada pupuk KCL dapat mencukupi kebutuhan tanaman, sehingga bisa melindungi tanaman dari gangguan hama serta penyakit. 

Kalium juga bermanfaat untuk mengaktifkan enzim, baik secara langsung maupun tidak langsung. Nantinya, kalim dapat menetralkan reaksi dalam sel, terutama dari asam organik. 

4. Memperkokoh batang tanaman

4. Memperkokoh batang tanaman
Unsplash/Phienix_han

Manfaat selanjutnya dari pupuk KCL, yakni mampu memperkokoh batang tanaman. Pasalnya, tanaman yang memiliki batang kokoh bisa menghasilkan buah yang berkualitas. 

Selain itu, kandungan dalam pupuk KCL bisa membuat tanaman bertahan hidup lebih lama. Tanaman juga tidak mudah ambruk atau rapuh apabila diterpa angin atau terserang hama dan penyakit. 

5. Meningkatkan hasil panen

5. Meningkatkan hasil panen
Unsplash/Majapetric

Tanaman yang baik ialah tanaman yang memiliki batang kokoh dan menghasilkan buah yang berkualitas. Apabila tanaman mampu menghasilkan buah yang berkualitas, maka Mama bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah. 

Untuk meningkatkan hasil panen, Mama bisa mencoba mengaplikasikan pupuk KCL pada tanaman. Sebab, kandungan klorida dalam pupuk KCL bisa meningkatkan resistensi penyakit pada tanaman, sehingga mampu meningkatkan hasil panen. 

6. Membantu proses transportasi asimilat

6. Membantu proses transportasi asimilat
Unsplash/Vadimkaipov

Apabila proses fotosintesis tanaman tidak berjalan baik, maka proses transportasi hasil fotosintesis (asimilat) akan terganggu. Oleh karena itu, Mama sebaiknya mulai menggunakan pupuk KCL untuk memaksimalkan proses fotosintesis. 

Kandungan kalium pada pupuk KCL dapat membantu proses transportasi hasil fotosintesis sekaligus memaksimalkan sistem kerja enzim pada tanaman. Hasilnya, tanaman bisa tumbuh baik dan meningkatkan hasil panen. 

Nah Ma, itulah beberapa manfaat dari pupuk KCL yang bisa membantu menyuburkan tanaman dan meningkatkan hasil panen. Apabila Mama belum menggunakan pupuk KCL, sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk beralih menggunakannya demi mendapatkan hasil buah yang berkualitas. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk