TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips agar Balkon Rumah Kuat saat Hujan Deras

Cuaca ekstrem saat musim hujan bisa menyebabkan balkon rumah basah

8 September 2022

5 Tips agar Balkon Rumah Kuat saat Hujan Deras
Unsplash/Vidarnm

Cuaca ekstrem saat musim hujan sering disertai angin kencang dan petir. Kondisi tersebut bisa menyebabkan balkon rumah basah dan tidak dapat ditempati. 

Padahal, salah satu fungsi balkon rumah adalah tempat bersantai untuk menikmati pemandangan di sekitar atau berkumpul bersama keluarga saat hujan turun.

Sebagian besar pemilik rumah atau apartemen memang kerap menyediakan satu area khusus untuk dijadikan balkon rumah. Lantas, bagaimana cara bersantai di balkon rumah saat hujan turun?

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cara melindungi balkon rumah dari air hujan dan angin kencang, sehingga masih bisa digunakan sebagai area bersantai atau tempat duduk. 

1. Gunakan furnitur anti air

1. Gunakan furnitur anti air
Unsplash/Wanderfleur

Hal pertama yang perlu diperhatikan, yaki pemilihan furnitur untuk diletakkan di balkon rumah. Lantai balkon sebaiknya menggunakan ubin antiselip, sehingga tidak licin saat basah dan terkena air hujan. 

Apabila Mama ingin menggunakan lantai kayu, pilihlah panel interlocking yang bisa terlindung dari paparan sinar matahari dan air hujan. 

Selanjutnya, furnitur tahan hujan yang terbuat dari rotan sangat cocok ditempatkan di balkon rumah atau apartemen. Furnitur yang terbuat dari rotan bisa kuat dan tahan lama meski sering terkena air hujan.

Jika ingin menikmati hujan turun, sebaiknya gunakan tempat duduk anti air seperti bean beag. 

Editors' Picks

2. Memasang tirai hujan

2. Memasang tirai hujan
Unsplash/Srosinger3997

Setelah memilih furnitur yang tepat, kali ini Mama perlu memasang tirai hujan di balkon rumah atau apartemen untuk melindungi pemilik rumah dari air hujan. 

Tirai hujan tersedia dalam berbagai warna dan pola yang bisa disesuaikan dengan anggaran keluarga dan keinginan pemilik rumah. Tirai hujan tidak hanya berfungsi saat musim hujan saja, melainkan juga bisa digunakan saat musim panas untuk menghalangi sinar matahari. 

3. Menggunakan tirai bambu

3. Menggunakan tirai bambu
Unsplash/Nguyendhn

Selain tirai khusus musim hujan, Mama juga bisa memasang tirai bambu. Tirai bambu mampu mencegah air hujan masuk ke balkon sekaligus melindungi dari paparan sinar matahari saat musim panas. 

Tirai bambu cocok untuk Mama yang ingin menampilkan sisi estetik dari balkon rumah. Pasalnya, celah di antara bilah mampu bisa terlihat cantik saat terkena sinar matahari.

Kelemahan dari tirai bambu, yakni tidak mampu melindungi balkon dari air hujan secara maksimal. 

4. Memasang kanopi 

4. Memasang kanopi 
Unsplash/Fromitaly

Cara lainnya yang paling efektif untuk melindungi balkon rumah, yakni memasang awning atau kanopi kain. Kanopi kain dapat mencegah air hujan masuk ke balkon, sehingga Mama dan keluarga masih bisa bersantai di area tersebut. 

Selain itu, kanopi kain tersedia dalam berbagai desain dan ukuran. Jadi, kanopi bisa disesuaikan dengan bentuk dan jenis balkon di rumah.

5. Menambah layar kaca

5. Menambah layar kaca
Unsplash/Rivphoto

Terakhir, cobalah untuk menambahkan layar kaca di balkon rumah atau apartemen. Layar kaca memang bisa membuat balkon terasa sempit, namun mampu melindungi Mama dan keluarga dari air hujan dan angin kencang. 

Mama masih bisa menikmati pemandangan luar ruangan tanpa takut basah akibat air hujan. Selain itu, layar kaca juga dapat menghadirkan cahaya alami saat musim panas. 

Nah Ma, itulah lima cara untuk melindungi balkon rumah dari air hujan. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka tentukan pilihan yang tepat yang telah disesuaikan dengan ukuran dan jenis balkon rumah atau apartemen mama. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk