5 Tips Membuat Kamar Mandi Lebih Terang Tanpa Jendela

Jendela kamar mandi akan menghasilkan cahaya alami untuk menerangi ruangan

29 September 2021

5 Tips Membuat Kamar Mandi Lebih Terang Tanpa Jendela
Unsplash/3dottawa

Jendela adalah salah satu aspek penting dalam dekorasi ruangan, terutama kamar mandi. Jendela membuat kamar mandi tidak lembap dan mengontrol pencahayaan alami agar ruangan terlihat terang. 

Namun, tidak semua kamar mandi memiliki jendela atau ventilasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebuah kamar mandi tidak memiliki jendela.

Itulah sebabnya, Mama perlu menyiasatinya agar kamar mandi tetap terang tanpa jendela. Dilansir dari Houzz, berikut Popmama.com rangkum tips meningkatkan pencahayaan alami agar kamar mandi tetap terang. 

1. Gunakan cat warna putih

1. Gunakan cat warna putih
Unsplash/Chastityco

Tips pertama, yakni gunakan cat dinding warna putih. Dinding berwarna putih menjadi solusi terbaik untuk memantulkan cahaya alami di ruangan tertutup. Pantulan cahaya tersebut dapat membuat ruangan menjadi lebih terang. 

Warna putih tidak hanya diaplikasikan pada dinding kamar mandi, namun bisa juga memilih furnitur atau aksesori kamar mandi yang berwarna putih. Warna putih tanpa disadari dapat meningkatkan pencahayaan di kamar mandi, bahkan bisa membuat ruangan terasa segar dan nyaman. 

Editors' Picks

2. Tempatkan kaca 

2. Tempatkan kaca 
Unsplash/Steveungermann

Cara lainnya untuk membuat kamar mandi lebih terang, yakni menempatkan kaca berukuran besar atau sedang. Sama seperti warna putih pada dinding, kaca dapat memantulkan cahaya dengan baik. 

Pantulan cahaya tersebut membuat kamar mandi terlihat lebih terang dan luas. Perpaduan antara cat dinding warna putih dan kaca di kamar mandi bisa membuat ruangan terlihat minimalis dan terang. 

3. Gunakan wastafel berkaki stainless

3. Gunakan wastafel berkaki stainless
Unsplash/Steveungermann

Pemilihan furnitur kamar mandi merupakan pertimbangan lainnya untuk membuat kamar mandi terlihat lebih terang. Mama sebaiknya menggunakan wastafel atau meja rias berkaki dengan kaki logam atau stainless steel yang panjang. 

Bahan logam atau stainless akan memberikan dimensi lebih luas pada ruangan, sehingga memberikan efek lebih terang di kamar mandi. Pilihlah warna wastafel yang senada dengan warna cat dinding agar ruangan lebih terlihat minimalis. 

4. Pasang banyak lampu

4. Pasang banyak lampu
Unsplash/Fromitaly

Jendela kamar mandi akan menghasilkan cahaya alami untuk menerangi ruangan. Jika kamar mandi tidak memiliki jendela, maka Mama dapat menempatkan cahaya buatan dari lampu. 

Tempatkan pencahayaan berlapis di sudut-sudut kamar mandi untuk menghasilkan pencahayaan alami yang seharusnya dihasilkan dari jendela. Tempatkan juga lampu-lampu di sudut ruangan atau tepat di atas kaca dan wastafel untuk membuat kamar mandi lebih terang dan luas. 

5. Gunakan jendela palsu

5. Gunakan jendela palsu
Unsplash/Filios_sazeides

Tips terakhir, yakni pertimbangkan penggunaan jendela palsu di kamar mandi. Menempatkan jendela palsu di dinding yang kosong dapat menciptakan ilusi jendela yang menghasilkan cahaya alami. 

Itulah tips dan trik menyiasati kamar mandi di ruangan tertutup menjadi lebih terang tanpa jendela. Mama dapat menerapkan satu tips saja atau menggabungkan beberapa tips sekaligus.

Hal terpenting, setidaknya bisa menciptakan ruangan kamar mandi yang nyaman dan tetap terlihat minimalis meskipun tidak memiliki jendela. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.