7 Tips Menyimpan Sepatu di Rumah Lebih Rapi

Sepatu yang disusun rapi bisa membuat rumah tampak bersih dan nyaman

28 Oktober 2021

7 Tips Menyimpan Sepatu Rumah Lebih Rapi
Pexels/Km-l-1179532

Satu anggota keluarga di rumah bisa saja memiliki puluhan pasang sepatu. Bila tidak ditata dan diatur dengan benar, maka anggota keluarga di rumah akan kesulitan mencari sepatu ketika ingin digunakan. Selain itu, deretan sepatu yang tak rapi akan memenuhi ruangan dan membuat rumah terkesan berantakan. 

Jika ingin membuat rumah lebih nyaman, maka perlu menata sepatu secara rapi agar rumah terlihat bersih sekaligus membuat sepatu lebih awet. Berikut Popmama.com telah melansir dari Decor Tips terkait beberapa tips menata dan menyimpan sepatu di rumah lebih rapi. 

Yuk Ma, disimak!

1. Mengubah lemari baju jadi rak sepatu

1. Mengubah lemari baju jadi rak sepatu
Pexels/Anastasia-shuraeva

Apabila Mama mempunyai sedikit ruang di dekat tempat tidur, maka tidak ada salahnya untuk membeli lemari baju berukuran kecil untuk diubah fungsi menjadi rak sepatu. Mama dapat menyusun deretan sepatu secara rapi di lemari tersebut, sehingga tampak seperti terpajang di toko sepatu. 

Di sisi lain, Mama juga dapat mendesain ulang lemari pakaian berukuran besar untuk menyisakan 2-3 rak sebagai rak sepatu. Jangan lupa memberikan sekat antara rak sepatu dan tempat penyimpanan baju. Cara ini bisa dijadikan alternatif bagi Mama yang memiliki rumah berukuran kecil. 

Bisa jadi solusi ketika menyimpan sepatu menjadi lebih rapi nih, Ma. 

2. Meletakkan rak di dekat pintu

2. Meletakkan rak dekat pintu
Pexels/Max-artbovich

Tempatkan rak sepatu sesuai kebutuhan. Salah satunya, yakni memanfaatkan bagian depan rumah untuk menempatkan rak sepatu kecil untuk meletakkan sandal dan sepatu yang memang sering dipakai. Sebaliknya, sepatu yang jarang dipakai bisa diletakkan di rak tersembunyi di lemari lain. 

Meletakkan sepatu di bagian depan rumah seolah akan menuntut anggota keluarga lain bisa lebih rapi lagi. Sebab, bagian depan rumah menjadi area pertama untuk menyambut tamu. Rak sepatu yang rapi bisa menggambarkan kerapian dan kebersihan di rumah. 

Editors' Picks

3. Simpan sepatu dalam boks

3. Simpan sepatu dalam boks
Pexels/Technobulka

Tips menyimpan sepatu berikutnya, yakni dapat menempatkan sepatu di dalam boks.

Menyimpan sepatu dalam boks bisa melindunginya dari debu. Simpan deretan sepatu di dalam kotaknya masing-masing, kemudian disusun berdasarkan model atau warna yang sama. Penyusunan ini bisa mempermudah ketika ingin menemukan jenis sepatu yang ingin dipakai. 

Penyimpanan sepatu dalam boks bisa menghemat ruangan. Sebab, Mama bisa memasang dan membongkarnya serta bisa disusun tinggi. Cara ini cocok untuk desain rumah bergaya kontemporer atau minimalis. 

4. Hindari meletakkan sepatu di lantai

4. Hindari meletakkan sepatu lantai
Pexels/Fotios-photos

Sebagian besar orang suka menumpuk sepatu di lantai, terutama di dekat pintu masuk. Kebiasaan tersebut juga membuat sepatu saling tertindih dan tergesek dengan sepatu lain. Tumpukan sepatu membuat Mama kesulitan mencari sepatu favorit. 

Jika Mama ingin menyusunnya di lantai, gunakan wadah khusus sepatu agar sepatu tetap berjejer rapi dan tidak saling bertumpuk. Memasukkan sepatu dalam wadah juga mempermudah untuk mencari sepatu saat hendak digunakan. 

5. Urutkan sepatu berdasarkan kategori

5. Urutkan sepatu berdasarkan kategori
Pexels/Anastasia-shuraeva

Mama cukup mengurutkan sepatu menjadi dua kategori. Pertama, sepatu yang sering dipakai bisa diletakkan di bagian mudah dijangkau. Kategori kedua, yakni untuk jenis sepatu yang jarang dipakai seperti heels atau stiletto. Kategori kedua ini bisa diletakkan di tempat tinggi atau di atas lemari. 

Kelompok sepatu yang sering Mama pakai bisa dikategorikan lagi sesuai gaya sepatu tersebut. Contohnya Mama mengelompokkan sepatu kerja di sisi kiri, kemudian sepatu untuk olahraga di sisi kanan.

Dengan begitu, rak sepatu bisa terlihat lebih rapi dan memudahkan ketika sedang mencarinya. 

6. Menggantung sepatu

6. Menggantung sepatu
Unsplash/Martinadams

Tips menyimpan sepatu selanjutnya, yakni dengan menggantung sepatu. 

Mama bisa memesan rak khusus untuk menggantung sepatu. Rak gantung tersebut bisa diletakkan di kamar tidur atau sebelah pintu utama.

Rak gantung bisa membuat penyusunan sepatu tampak elegan dan menghemat ruangan. Pilihan ini menguntungkan karena mempermudah penyusunan serta pengelompokan sepatu berdasarkan fungsinya. 

7. Sepatu disusun secara menyilang

7. Sepatu disusun secara menyilang
Unsplash/Bbiddac

Masih di rak sepatu, Mama bisa menghemat penyimpanan dengan meletakkan sepatu saling berlawanan. Artinya,, sisi ujung sepatu berdampingan dengan sisi belakang sepatu. Lakukan berulang hingga deretan sepatu tampak rapi dan terorganisir. 

Jika Mama tidak memiliki rak sepatu, jangan jadikan itu alasan untuk membuatnya berantakan. Mama masih bisa menyimpannya di dalam kotak sepatu.

Sementara itu, apabila Mama memiliki rak sepatu, tetap susun sepatu berdasarkan fungsinya dan tata secara rapi agar rumah tetap terlihat indah. 

Semoga informasi tips menyimpan sepatu ini bisa membuat rumah lebih rapi lagi, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.