Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bagaimana Sikap Suami jika Istri Menolak Berhubungan? Lakukan Hal Ini

Jangan buru-buru marah. Pahami hal-hal berikut ini dulu

16 Januari 2023

Bagaimana Sikap Suami jika Istri Menolak Berhubungan Lakukan Hal Ini
Pexels/Racool_studio

Rasanya memang tidak menyenangkan bila mendapatkan penolakan. Apalagi, penolakan datang dari istri yang enggan berhubungan intim.

Meski tidak nyaman, jangan buru-buru marah, ya. Pastikan dulu alasan istri menolak ajakan bercinta.

Selain itu, jangan menunjukkan sikap yang justru malah membahayakan keharmonisan pernikahan. Apabila tidak berhati-hati dalam bersikap, istri pun sulit untuk memahami perasaan suami.

Lalu, bagaimana sikap suami jika istri menolak berhubungan? Yuk, simak penjelasan Popmama.com berikut. Perhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan suami dan istri juga, ya.

1. Hukum istri menolak berhubungan intim dengan suami

1. Hukum istri menolak berhubungan intim suami
Freepik/partystock

Hasrat seksual merupakan kebutuhan mendasar manusia. Kebutuhan biologis tersebut perlu dipenuhi. Salah satunya adalah dengan berhubungan intim dengan pasangan dalam ikatan pernikahan.

Dalam Islam, suami berhubungan badan dengan istri mendatangkan pahala, apalagi jika dilakukan dengan niat baik dan doa. Selain itu, Islam juga mengajarkan suami menggauli istri dengan cara yang benar. Sehingga, hubungan seksual suami istri mendapatkan rida Allah SWT.

Namun, dalam kondisi tertentu, istri tidak wajib melakukan hubungan seksual dengan suami lho. Dalam HR. Tirmidzi, istri dianjurkan menerima ajakan suami untuk bercinta. Bahkan, mengutamakan ajakan tersebut bila sedang melakukan aktivitas lain yang kurang mendesak.

Perlu digarisbawahi, anjuran tersebut bukan berarti istri harus bercinta sesuai ajakan suami dalam kondisi apapun. Suami tetap harus bersikap bijaksana, tanpa semena-mena. Permintaannya harus mempertimbangkan sudut pandang dan konsisi istri.

Selain itu, suami harus menunjukkan sikap yang baik. Bagaimana sikap suami jika istri menolak berhubungan? Temukan jawabannya di ulasan selanjutnya.

Editors' Picks

2. Alasan istri boleh menolak hubungan intim dengan suami

2. Alasan istri boleh menolak hubungan intim suami
Freepik/Jcomp

Bagaimana sikap suami jika istri menolak berhubungan?

Pertanyaan tersebut kerap menjadi tanda tanya besar bagi kaum laki-laki. Mereka mungkin merasa bingung harus bersikap saat menerima penolakan. Namun, sebelum membahas tentang sikap yang tepat, cobalah memahami alasan istri menolak.

Istri memang wajib memberikan kepuasan batin pada suami, begitu pun sebaliknya. Bila istri menolak berhubungann dengan alasan tidak jelas, maka ia akan mendapatkan dosa besar.

Namun, istri juga diperbolehkan menolak bila mengalami kondisi tertentu, seperti lelah, sakit, sedang hamil, sedang menstruasi, ataupun baru saja melahirkan.

Hubungan badan seharusnya dilakukan saat tubuh sehat dan bugar secara fisik dan mental. Sehingga, bercinta terasa menggairahkan dan menyenangkan.

Berawal dari menciumnya, merayunya baru kemudian melakukan penetrasi. Intinya kedua belah pihak harus saling memandang hak satu sama lain. Sang istri harus mengerti hak suami dalam rumah tangga.

3. Perasaan suami jika istri menolak hubungan intim

3. Perasaan suami jika istri menolak hubungan intim
Freepik/ArthurHidden

Tak jarang istri juga bertanya-tanya, "Bagaimana sikap suami jika istri menolak berhubungan?" Ada kekhawatiran jika menolak, suami akan marah. Hubungan pun dapat merenggang dan mungkin bisa membahayakan pernikahan.

Untuk itu, beberapa istri masih sulit mengutarakan kondisi dan keinginannya. Pahadal, ia kurang nyaman.

Nah, perasaan suami jika istri menolak berhubungan intim pun beragam. Dilansir Psychology Today, gairah seksual suami akan menurun. Bahkan, ada laki-laki yang langsung merasa rendah diri.

Perasaan tersebut memang wajar. Namun, sebaiknya penolakan ditanggapi dengan sikap yang tepat karena penolakan tak selalu buruk. Bisa jadi penolakan juga tidak berhubungan dengan keberhargaan diri seorang suami. 

Alasan istri menolak hubungan intim juga sering kali karena ia merasa tidak siap secara fisik dan mental. Misalnya, ia merasa sangat kelelahan setelah beraktivitas seharian.

4. Bagaimana sikap suami jika istri menolak berhubungan?

4. Bagaimana sikap suami jika istri menolak berhubungan
Freepik/Freepik
Ilustrasi berhubungan seksual saat hamil tiap hari.

Perlu dipahami bahwa istri wajib melakukan hubungan seksual dengan suami. Namun, bukan berarti kewajiban tersebut membuat suami bersikap seenaknya.

Dalam Islam, suami tidak boleh bersikap semena-mena, termasuk urusan ranjang. Suami harus mempertimbangkan kondisi dan perspektif istri. Sehingga, hubungan intim sesuai dengan kehendak kedua belah pihak.

Jadi, suami tidak boleh bersikap egois, hanya ingin menyenangkan diri sendiri. Selain itu, suami harus menyikapi penolakan dengan kerendahan hati. Utamakan saling mengerti dan memahami.

5. Hal yang tidak boleh suami lakukan jika istri menolak berhubungan intim

5. Hal tidak boleh suami lakukan jika istri menolak berhubungan intim
Freepik/Gpointstudio

Bila menerima penolakan, suami dilarang memaksa istri melakukan hubungan intim. Pasalnya, hubungan seksual harus berdasarkan kesepakatan dan kehendak bersama. Jika salah satu tidak menghendaki, maka hubungan bercinta merugikan pihak lain.

Saat melakukan hubungan intim, suami dilarang bersikap egois. Sebaiknya, kalian bekerjasama untuk mendapatkan orgasme dalam waktu bersamaan.

Jangan sampai istri tidak mengalami orgasme, sedangkan suami sudah berhenti berhubungan seks.

Jadi, itulah penjelasan sikap suami yang tepat jika istri menolak bercinta. Mulai sekarang, kamu sudah tahu kan jawaban dari pertanyaan, "Bagaimana sikap suami jika istri menolak berhubungan?"

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk