7 Ide Kegiatan Berbagi Kebaikan dari Rumah Selama Ramadan

Kebaikan bisa dilakukan di mana saja, meski saat sedang #dirumahaja

28 April 2020

7 Ide Kegiatan Berbagi Kebaikan dari Rumah Selama Ramadan
passion4people.org

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berbagi kebaikan. Adanya peraturan diam di rumah tidak membuat Mama kekurangan ide untuk menjadi dermawan. Popmama.com punya ide berbagi kebaikan dari rumah yang bisa jadi inspirasi.

Biasanya, Bulan Ramadan dipenuhi dengan berbagi makanan saat sahur dan buka. Atau, menyumbang uang di masjid tempat salat tarawih. 

Peraturan berdiam diri di rumah karena pandemi covid-19 tidak mengurangi semangat berbagi. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap berbagi kebaikan di rumah

Apa saja? Mari cari tahu!

1. Memberi tip lebih saat ada paket yang datang

1. Memberi tip lebih saat ada paket datang
Freepik

Salah satu hal yang jadi sering dilakukan saat harus #dirumahaja adalah belanja online. Tak heran jika ada saja paket yang datang di setiap harinya. 

Mama bisa berbagi kebaikan dengan memberikan tips kepada orang yang membawakan paket.

Bisa berupa uang atau makanan. Meski sedikit, namun bisa membawa kebahagiaan ke orang lain. 

2. Membelikan makanan saat memesan makanan online

2. Membelikan makanan saat memesan makanan online
Freepik/benzoix

Saat tidak bisa pergi ke tempat makan atau restoran, biasanya orang akan beralih ke pesanan makanan online. Mama bisa membelikan satu porsi lebih untuk driver yang mengantarkannya ke rumah. 

Bahkan saat ini sudah ada beberapa restoran yang menyediakan menu untuk driver. Tinggal pilih, dan langsung diberikan di restoran. 

Jika takut merasa makanannya mubazir, Mama bisa menggantinya dengan memberikan tips lebih. Jumlah tip bisa diberikan 2 kali lipat dari tip yang Mama berikan di hari biasa. 

Editors' Picks

3. Berbagi menu buka puasa dengan tetangga

3. Berbagi menu buka puasa tetangga
Instagram.com/Indonesianfavfood

Berada di rumah setelah sekian lama memberikan waktu lebih untuk mengenal tetangga di sekitar rumah. Tak ada salahnya berbagi makanan kepada tetangga di kiri atau kanan. 

Saat Mama memasak menu andalan, berikanlah sepiring atau dua piring ke tetangga. Memberikan makanan kepada orang berpuasa bisa mendapat pahala sebesar orang yang berpuasa. Berbagi kebaikan sembari mengumpulkan pahala. 

4. Mengirimkan makanan kepada teman dan keluarga

4. Mengirimkan makanan kepada teman keluarga
Freepik

Mengganti sesi buka bersama teman dan keluarga bisa dilakukan dengan mengirimkan makanan pada mereka. Tak perlu heboh atau berlebihan. 

Jika Mama merasa tak bisa masak, pesan saja makanan di teman atau kerabat yang memang menjual makanan dan sudah terkenal enak. Dengan begitu, Mama berbuat kebaikan ke teman yang menjual makanan, sekaligus berbagi kebaikan pada teman atau keluarga yang dikirim makanan. 

Pahala dobel saat berbagi kebaikan dari rumah, seru kan, Ma?

5. Menyumbang uang secara virtual ke tempat yang membutuhkan

5. Menyumbang uang secara virtual ke tempat membutuhkan
Pexels/Giftpundits.com

Tak perlu pusing mencari siapa saja orang yang sedang membutuhkan. Saat ini sudah banyak penggalangan dana yang bisa dilihat di internet. 

Mama bisa menyumbang sejumlah uang untuk orang-orang yang membutuhkan. Tak perlu uang tunai, karena sekarang sudah sangat mudah. Bisa menggunakan transfer bank via mobile banking, atau menggunakan akun dari dompet digital. 

Sebelum menyumbang, pastikan untuk melihat lagi jenis penggalangan dana. Apakah sudah terverivikasi atau belum. Juga, lihat lagi transparansi pembagian dananya, apakah jelas atau tidak. Saat ini sudah banyak penggalangan dana namun banyak juga yang bodong. 

6. Donasi pakaian atau barang

6. Donasi pakaian atau barang
Freepik

Ada beberapa kelompok non profit yang ingin membantu orang lain dengan cara berbeda. Mereka menerima donasi pakaian atau barang yang tidak terpakai untuk dijual kembali. Kemudian semua uang hasil penjualan akan disumbangkan pada yang membutuhkan. 

Hal ini bisa menjadi pilihan lain bagi Mama yang ingin berbuat kebaikan dari rumah. Memilah mana saja pakaian dan barang yang masih bagus agar bisa bernilai tinggi untuk kemudian disumbangkan. 

Mama juga bisa bertanya pada masjid di dekat rumah apakah membuka donasi pakaian atau barang. Jika ada, tentu itu akan lebih mudah mengantarnya.

7. Berbagi rejeki kepada pedagang keliling yang lewat depan rumah

7. Berbagi rejeki kepada pedagang keliling lewat depan rumah
Freepik/Maksymiv-yura

Apakah rumah Mama masih sering dilewati para pedagang keliling? Ini waktu yang baik untuk berbagi kebaikan dari rumah.

Mama bisa memberikan barang atau kebutuhan sehari-hari pada mereka yang masih harus ke luar rumah saat pandemi seperti ini. 

Mungkin Mama tak sadar betapa besar bantuan yang diberikan pada mereka. Asal ikhlas, bantuan sekecil apapun bisa berefek besar bagi orang lain. Semangat selalu berbagi kebaikan dari rumah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.