5 Langkah yang Dilakukan saat Mendapati Pasangan Berbohong

Rasanya memang nggak enak saat tahu pasangan berbohong, tapi cobalah untuk mendengar alasannya

12 Agustus 2020

5 Langkah Dilakukan saat Mendapati Pasangan Berbohong
buildingblocks.solutions

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, dan juga kebohongan. Saat mendapati pasangan berbohong, Popmama.com punya 5 langkah yang bisa dilakukan. 

Rasanya, semua orang tidak suka jika dirinya dibohongi, apalagi oleh pasangan tercintanya. Namun, tidak semua bisa sesuai dengan yang diinginkan. 

Ada kalanya pasangan berbohong dan parahnya, jika Mama bisa sampai mengetahuinya. Pasti perasaan akan campur aduk dan ingin langsung meledak-ledak. 

Agar keadaan tidak makin runyam, mari ketahui apa saja saja langkah yang bisa dilakukan jika mendapati pasangan berbohong.

1. Cari tahu penyebabnya sebelum langsung marah

1. Cari tahu penyebab sebelum langsung marah
Pexels/Vera Arsic

Saat pertama kali mengetahui pasangan berbohong, jangan langsung mengejarnya untuk mendapatkan kebenarannya. Lebih baik ketahui dahulu apa latar belakang ia melakukan kebohongan itu. 

Setelah mengetahui kebohongannya, kamu bisa mencari tahu apa penyebabnya. Misal berbohong pulang malam karena mengerjakan tugas kantor, atau pergi menemani teman. 

Dari sana, kamu bisa mengetahui lebih baik mengenai penyebabnya dan mencoba menjadi dirinya. Dengan begitu, kamu tak lagi meledak-ledak dalam menanyakan perihal bohong tersebut. 

Editors' Picks

2. Ajak bicara baik-baik

2. Ajak bicara baik-baik
Freepik/Yanalya

Setelah mendapati pasangan berbohong, sempatkan waktu untuk berbicara dari hati ke hati. Usahakan untuk mengajaknya mengobrol, pastikan waktunya tepat untuk kalian berdua. 

Jangan lupa untuk menyiapkan suasana yang menyenangkan. Kamu bisa menyiapkan camilan atau minuman kesukaannya untuk mencairkan suasana. 

Meski sedang kesal, coba kesampingkan dahulu perasaan dan siapkan sesi bincang dari hati ke hati untuk mendapatkan alasan sebenarnya mengapa ia berbohong. 

Suasana yang menyenangkan membuat orang lebih rileks dan mudah mengungkapkan perasaan tanpa tertekan. 

3. Siapkan skenario terburuk 

3. Siapkan skenario terburuk 
thebrunettediaries.com

Sebelum mengetahui alasan pastinya, biasanya Mama memiliki beberapa alternatif alasan penyebabnya. Tak masalah mengumpulkan beberapa kemungkinan tersebut. 

Dengan menyiapkan skenario terburuk, kamu bisa menyiapkan mental saat mengetahui kenyataan sebenarnya. 

Meski pada dasarnya kamu ingin jawabannya bukanlah masalah besar dan semua bisa kembali seperti sedia kala, tak ada salahnya mulai berdamai dengan kenyataan. 

Menyiapkan skenario terburuk menghindari kamu dari kaget berlebihan dan berujung kekecewaan. Tapi, semoga yang terburuk tidak terjadi, ya!

4. Sampaikan pendapatmu dengan logis

4. Sampaikan pendapatmu logis
thebridalbox.com

Setelah mengetahui alasan sebenarnya mengapa dirinya berbohong, siapkan pertanyaan dan pendapat yang logis. Kamu bisa meminta waktu sebentar untuk mencerna kebenaran tersebut. 

Pastikan untuk mencernanya dengan kepala yang dingin. Jika terlalu rumit, kamu bisa meminta waktu lebih lama untuk memikirkannya dahulu. 

Setelah selesai mencerna kenyataan, nyatakan pendapatmu. Usahakan agar memberikan pendapat yang logis agar bisa diterima oleh pasangan. Juga, pastikan untuk memberikan pendapat sekaligus solusi terbaik. 

5. Sama-sama memperbaiki diri

5. Sama-sama memperbaiki diri
rd.com

Jika kesalahannya masih bisa ditoleransi, mari melangkah ke halaman selanjutnya. Tutup masalah kebohongan ini dengan janji tidak akan mengulanginya. 

Perbanyak komunikasi agar hubungan lebih lancar dan terbuka. 

Kamu dan pasangan juga bisa membuat daftar untuk memperbaiki diri. Bagian sifat mana saja yang bisa diperbaiki untuk menghidupkan hubungan yang harmonis. 

Ingat, jalankan rencana perbaikan diri dengan konsisten, ya! Jika tidak, maka masalah yang sama bisa kembali berulang.

Itulah 5 langkah yang bisa kamu lakukan saat mendapati pasangan berbohong. Siapkan hati dan kepala yang dingin adalah hal yang sangat penting. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.