Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Bercinta, Ketahui Tips Amannya!

Cari tahu penjelasan dibalik bercinta dapat meningkatkan sistem imun tubuh yuk, Ma!

19 Maret 2020

Cegah Penyebaran Virus Corona Bercinta, Ketahui Tips Amannya
Freepik/pressfoto

World Health Organization (WHO) memang telah menetapkan bahwa virus corona atau Covid-19 sebagai pandemi. Hal ini dikarenakan ada prediksi mengenai penyebaran Covid-19 masih akan meningkat lebih luas secara global. 

Penemuan vaksin pun baru saja ditemukan oleh peneliti Cina dan diumumkan oleh Duta Besar Cina untuk Riyadh bernama Chen Weiqing, Rabu (18/3/2020). 

Vaksin Covid-19 ini telah mendapatkan lampu hijau oleh Pemerintah Cina untuk dilakukan uji coba terkait keamanannya saat diberikan ke manusia. 

Sambil menunggu kabar baik, Mama pun dapat terus melakukan beberapa hal seperti menjaga kebersihan, makan bergizi, memperbanyak istirahat dan selalu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Perlu diketahui bahwa sistem imunitas tubuh mampu ditingkatkan dengan melakukan aktivitas seksual bersama pasangan. 

Namun, sebelum melakukan hubungan seks pastikan tips amannya mengingat penyebaran Covid-19 bisa saja menginfeksi orang-orang terdekat. 

Jika Mama ingin mengetahui fakta mengenai berhubungan seks dengan pasangan dapat mencegah berbagai virus, kali ini Popmama.com telah merangkum penjelasan yang menarik. 

Informasi kali ini bisa menjadi pengetahuan yang baru nih, Ma!

1. Aktivitas seksual dapat meningkatkan Immunoglobulin A (IgA)

1. Aktivitas seksual dapat meningkatkan Immunoglobulin A (IgA)
Pinterest.com/elitedaily

Dilansir dari On Health, sebuah studi mengatakan bahwa orang yang melakukan hubungan seks beberapa kali setiap minggunya dapat meningkatkan imunoglobulin A (IgA). 

Perlu Mama ketahui bahwa IgA, termasuk jenis antibodi yang paling umum ditemukan dalam tubuh serta berperan saat munculnya reaksi alergi. IgA dengan konsentrasi tinggi dapat ditemukan di lapisan mukosa atau selaput lendir tubuh, seperti saluran pencernaan, saluran pernapasan, air liur dan air mata. 

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Wilkes di Pennsylvania mengatakan pasangan yang rutin bercinta dengan pasangan akan membuat kadar IgA lebih tinggi. 

Kadar IgA yang ditemukan di air ludah juga lebih tinggi sekitar 30 persen, jika dibandingkan dengan pasangan yang jarang melakukan hubungan seks. 

Dengan berbagai riset tersebut, maka bisa dibuktikan bahwa aktivitas seksual yang menyenangkan selama berada di atas ranjang dapat berdampak positif terhadap sistem kekebalan tubuh. 

Editors' Picks

2. Hubungan intim mampu menurunkan tingkat stres akibat banyaknya pemberitaan terkait Covid-19

2. Hubungan intim mampu menurunkan tingkat stres akibat banyak pemberitaan terkait Covid-19
Freepik/Pimnana

Memantau banyak pemberitaan mengenai Covid-19 selama berada di rumah seringkali membuang waktu, bahkan dapat meningkatkan kecemasan. Padahal daripada hanya membuat diri sendiri cemas dengan mengonsumsi banyak berita, sebaiknya perlu melakukan kegiatan lain yang menyenangkan. 

Melalukan aktivitas seksual di atas ranjang bisa menjadi salah satu alternatif agar terhindar dari kecemasan berlebih terhadap penyebaran Covid-19. 

Dilansir dari dailymail.co.uk, para ahli mengatakan bahwa stres dapat meningkatkan risiko menurunnya sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, maka sangat memungkinkan membuat seseorang lebih mudah terserang virus hingga masalah kesehatan lain yang lebih serius. 

Demi kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi penyebaran Covid-19, ada baiknya ajak pasangan untuk melakukan berhubungan seks. 

Baca juga:

Berhubungan Seks saat Virus Corona Mewabah, Bagaimana Caranya?

3. Bagaimana cara aman bercinta selama penyebaran Covid-19?

3. Bagaimana cara aman bercinta selama penyebaran Covid-19
Unsplash/Mitchell Orr

Bicara mengenai penyebaran Covid-19, Mama memang perlu bijak dalam mengambil setiap langkah termasuk saat ingin melakukan hubungan seks bersama pasangan. 

Walau tubuh secara alami akan menghasilkan endorfin ketika melakukan aktivitas seksual, namun ada baiknya memerhatikan berbagai kondisi. Selain aman, ini bertujuan agar tidak mudah terinfeksi Covid-19. 

Perlu diingat bahwa seseorang yang terinfeksi Covid-19 akan menyerang saluran pernapasannya, sehingga perlu menunda untuk berhubungan seksual saat pasangan terlihat tidak sehat. Saat pasangan sedang batuk atau pilek, sebaiknya tunda dan hindari aktivitas tersebut. 

Disarankan untuk menghindari ciuman atau berada dalam kontak dekat, jika pasangan memperlihatkan adanya tanda-tanda terinfeksi Covid-19. 

Sebelum melakukan aktivitas bercinta perlu dipastikan tubuh terhindar dari virus. Jagalah kebersihan diri dengan mandi menggunakan sabun secara menyeluruh, saat sebelum menjalani hubungan intim di atas ranjang. 

Itulah beberapa rangkuman mengenai bercinta dengan pasangan dapat mencegah seseorang terkena Covid-19. 

Mulai mengatur jadwal aktivitas seksmu dengan pasangan yuk, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.