Eksklusif: Sempat Merasa Cemburu, Bjorka Hanya Ingin Dipeluk Sabai Morscheck saat Tidur

Sebagai anak pertama, Bjorka pernah merasa perhatian orangtuanya teralihkan

23 Februari 2021

Eksklusif Sempat Merasa Cemburu, Bjorka Ha Ingin Dipeluk Sabai Morscheck saat Tidur
Instagram.com/ringgoagus

Kehidupan keluarga Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck semakin berwarna dengan kelahiran anak kedua mereka bernama Curtis Ziggy Mars Morscheck.  

Memiliki dua orang anak membuat Ringgo secara pribadi merasa lengkap, apalagi ada suasana baru ketika pulang ke rumah usai kerja. Bentuk perhatian pun Ringgo dan Sabai teralihkan ke Mars untuk mengurusi berbagai kebutuhan si Kecil yang masih bayi. 

Di awal semua proses berjalan dengan baik, termasuk ketika Ringgo dan Sabai melihat kasih sayang yang diberikan oleh Bjorka kepada adiknya. Namun, seiring berjalannya waktu ada rasa cemburu yang dirasakan oleh Bjorka Dieter Morscheck (4).

Bjorka merasakan kalau bentuk perhatian orangtuanya berbeda dan ia sangat rindu untuk dipeluk oleh sang Mama. 

Kecemburuan pada seorang kakak terhadap adiknya itu memang wajar terjadi. Mengingat di awal-awal memang perlu adanya adaptasi, sehingga semua proses bisa berjalan dengan baik. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita detail dari Sabai Morscheck dan Ringgo Agus Rahman terkait hubungan dari kedua jagoan kecilnya sebagai kakak beradik sekaligus mengatasi adanya rasa cemburu, kali ini Popmama.com telah merangkumnya melalui wawancara eksklusif untuk Millennial Family of the Month edisi Februari 2021.

Simak cerita lengkapnya yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Ringgo dan Sabai selalu berusaha untuk melibatkan Bjorka dalam mengurus adiknya 

1. Ringgo Sabai selalu berusaha melibatkan Bjorka dalam mengurus adiknya 
Instagram.com/sabaidieter

Ketika kilas balik mengenai peran Bjorka untuk adik pertamanya, Ringgo menceritakan banyak hal. Sewaktu Mars dilahirkan, Ringgo sempat mencari rumah sakit yang memperbolehkan Bjorka tetap bisa hadir untuk melihat persalinan sang Adik. 

"Kita sempat pindah ke rumah sakit untuk mencari tempat yang tepat agar Bjorka bisa ikut. Saya pribadi ingin kelahiran anggota baru di keluarga kita bisa disambut oleh semuanya, termasuk Bjorka," jelas Ringgo. 

Menurut Ringgo dan Sabai, putra sulungnya semakin lama sudah bisa diandalkan untuk menjaga sang Adik. Bentuk-bentuk perhatian yang diperlihatkan oleh Bjorka untuk adiknya, mulai dari mengambilkan barang-barang yang dibutuhkan hingga bisa mendadak keluar kamar untuk memberitahukan kalau Mars terbangun dan menangis. 

"Dari perhatian dan rutinitas kesehariannya, Bjorka itu terlihat sekali sayang sekali dengan Mars. Cuma terkadang yang menyebalkan itu ketika dia mulai menganggu adiknya sewaktu lagi tidur, seperti memeluk, dicium atau dipegang-pegang," ucap Sabai. 

"Itu juga karena bentuk ekspresi Bjorka karena ingin mengajak adiknya main," tambah Ringgo. 

Terkait dengan rasa cemburu yang sempat dirasakan oleh Bjorka di awal-awal kehadiran Mars. Ringgo mengatakan bahwa perasaan putra sulungnya itu sempat tidak diperlihatkan secara langsung. 

"Sebenarnya Bjorka itu sudah ingin sekali punya adik dari dulu. Ketika Mars lahir, Bjorka tidak pernah mengutarakan secara langsung kalau ia cemburu. Dia selalu menyayangi adiknya sejak Mars lahir," ucap Ringgo.

2. Bjorka sempat merasa perhatian orangtuanya teralihkan

2. Bjorka sempat merasa perhatian orangtua teralihkan
Instagram.com/sabaidieter

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Ringgo sempat memberikan sebuah peringatan untuk orangtua yang akan mempunyai dua orang anak. 

"Peringatan tentang punya dua anak yang saya dan Bojo terima sebelumnya adalah hati-hati dengan perasaan cemburu anak pertama. Perasaan khawatir itu hilang ketika Mars lahir dan Bjorka terlihat sayang banget adiknya," tulis Ringgo dalam unggahan tersebut. 

Ringgo dan Sabai sempat merasa jarak kedua anak mereka dirasa pas, namun sikap Bjorka kemudian mulai berubah dalam waktu dua bulan. 

Ringgo bercerita bahwa kedekatan Sabai dan Mars semakin intens, apalagi selama proses menyusui secara eksklusif. Kedekatan antara Sabai dan Mars yang selalu terlihat dekat membuat terjadinya perubahan sikap pada Bjorka. Apalagi putra pertama mereka sudah mulai bosan karena tidak bisa bepergian dan hanya di rumah saja karena situasi pandemi Covid-19

"Bjorka mulai sering marah-marah dan rewel, sering ngebantah walaupun sama adiknya masih sayang-sayang aja. Makan jadi susah, disuruh mandi nggak mau," kata Ringgo. 

Ketika berusaha ditanya "Bjorka maunya apa?", lalu putra sulungnya mengungkapkan keinginan dan isi hatinya. 

"Jawaban dia adalah "mau dipeluk sama Mama setiap bobo", nangislah Bojo. Ngerasa kalau anak yang istimewa ini kangen ibunya, saya doang nemenin main nggak cukup. Dia lagi kangen ibunya. Kehadiran adiknya dan perhatian yang terlalihkan drastis dirasakan Bjorka," cerita Ringgo. 

Pada akhirnya, Ringgo dan Sabai pun bisa mengerti suasana hati yang dirasakan oleh Bjorka. Sebagai orangtua, keduanya pun ingin agar Bjorka memiliki perasaan seperti dulu dan tidak menganggap kasih sayang Ringgo dan Sabai teralihkan oleh Mars. 

3. Ringgo dan Sabai bicara dari hati ke hati bersama Bjorka 

3. Ringgo Sabai bicara dari hati ke hati bersama Bjorka 
Instagram.com/ringgoagus

Untuk mengatasi perubahan sikap Bjorka yang sempat mendadak berubah, akhirnya Ringgo dan Sabai tidak ingin membiarkan kondisi tersebut terlalu berlarut-larut. 

Demi pertumbuhan dan perkembangan putra sulungnya, pasangan ini langsung berbicara dari hati ke hati bersama Bjorka. Sampai pada akhirnya Bjorka mengutarakan keinginan dan perasaannya. 

"Mau dipeluk Mama kalau tidur seperti dulu," ucap Bjorka kepada Ringgo dan Sabai. 

Sabai pun menjelaskan bahwa sewaktu hamil anak kedua, kebiasaan berpelukan bersama Bjorka saat tidur masih tetap dilakukan. Namun, ketika Mars lahir kebiasaan tersebut berkurang dan  perubahan tersebut dirasakan oleh Bjorka. 

"Sebenarnya yang Bjorka permasalahan bukan kehadiran adiknya. Hanya saja kondisi Sabai yang dulu 100 persen hanya untuk Bjorka, sekarang harus terbelah dua karena mengurus Mars. Bjorka sendiri hanya ingin kebiasaannya bersama Sabai bisa seperti dulu," jelas Ringgo. 

Dalam kondisi seperti sekarang, Sabai pun berusaha berbagi peran dengan baik agar Bjorka tidak merasakan kasih sayang atau bentuk perhatiannya berubah. 

Demikianlah sedikit cerita dari Sabai Morscheck dan Ringgo Agus Rahman mengenai kedekatan hubungan antara Bjorka dengan adiknya.

Walau sempat ada kendala ketika perubahan sikap Bjorka berubah karena merasa perhatian orangtuanya teralihkan, namun pasangan ini tetap berusaha memperbaiki kondisinya agar sesuai dengan porsinya. 

Dari pengalaman Ringgo dan Sabai, kira-kira Mama di rumah memiliki pengalaman serupa nggak nih? 

#MillennialFamily of the Month Edisi Februari 2021 – Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter - FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer - Aldia Nadezhda Mediani

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck
Millennial Mama

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck

"Rumah kami kecil, jelek, tapi kami suka"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.