Memiliki Anak yang Spesial, Agatha Suci Tebar Semangat di Instagram

Belajar memberikan yang terbaik untuk anak-anak bersama Agatha Suci yuk, Ma!

26 Desember 2018

Memiliki Anak Spesial, Agatha Suci Tebar Semangat Instagram
Instagram.com/agatha_suci

Nama Agatha Suci mungkin sudah tidak lagi asing didengar. Jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol ini, kini sudah berkeluarga. 

Setelah menikah, Agatha Suci dikaruniai dua anak yang memiliki kebutuhan khusus. Kahlia Adinda menyandang autism spectrum disorder, sementara Arsa Nuraga mengalami speech delay. Meskipun memiliki tantangan tersendiri, Agatha Suci tidak pernah menyerah dan berusaha memberikan yang terbaik untuk kedua anaknya. 

Lewat InstaStory pribadinya beberapa waktu lalu, Agatha Suci juga sempat berbagi cerita suka dan duka dalam menjalani peran sebagai orangtua yang harus menjaga dua anak berkebutuhan khusus. Untuk Mama yang sempat tertinggal, curahan hati dan pesan positif dari Agatha Suci. 

Kali ini Popmama.com sudah merangkumnya ya, Ma. Semoga terinspirasi!

1. Rutin mengonsumsi suplemen

Punya dua anak berkebutuhan khusus itu lumayan challenging. Salah satu bagian challenging adalah kalau mereka sakit, kita yang harus menerka mereka sakitnya di mana. Nah, udah hampir 2 tahun ini anak-anakku rutin minum suplemen yang dianjurkan oleh naturopath kita Debby Jean-Marie. Dari situ anak-anak memang nggak pernah sakit. Liburan ke Bali hampir 3 minggu, tiap hari berenang dari pagi sampai malam juga ama. Kalau flu didiemin aja paling 2 hari udah hilang. 

Agatha Suci memang berteman baik dengan Debby Jean-Marie, seorang Naturopathic Nutritional Therapist. Banyak berkonsultasi membuat Agatha Suci menjadi yakin untuk rutin memberikan suplemen kepada anak-anaknya. 

Hasil dari rutinitas selama hampir 2 tahun ini pun dirasakan oleh Agatha Suci, kedua anaknya menjadi tidak mudah sakit. 

Namun, perlu diingat kalau suplemen yang dikonsumsi pun harus terbuat dari bahan-bahan alami atau buah serta sayuran. Pilihan suplemen kesehatan pun juga harus benar-benar diperlukan oleh tubuh. 

Ini bertujuan agar segala sesuatu yang dikonsumsi harus selalu baik dan bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Kenali 7 Pola Hidup Sehat Ala Naturopati

Baca juga: Agatha Suci: Tuhan Percaya Saya Dapat Mengurus Dua Anak yang Spesial

Editors' Picks

2. Tetap memerhatikan asupan gizi anak

Nah, due the conditions juga anak-anak memang makan segala sesuatu yang organik. Dari mulai sayur, daging sapi grassfed, ayam dan telur juga free range. Benar-benar challenging, walau sekarang pelan-pelan mulai lebih santai karena usianya udah agar gede. Mereka pun udah melakukan pemeriksaan IgG, ternyata banyak banget alerginya. Susu anak-anak udah nggak minum dari beberapa tahun yang lalu, tetapi beberapa lama lalu kakak sempet kepingin susu. Itu pun sempet kita bikin sendiri dari kelapa karena itu yang paling aman. 

Sebagai orangtua, Agatha Suci berusaha memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk kedua anaknya. Agatha Suci sempat memberikan segala asupan makanan yang organik, namun seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit sudah lebih santai daripada dulu.

Selain itu, pemeriksaan IgG juga dilakukan demi memastikan kesehatan kedua anaknya. Pemeriksaan ini sangat penting dalam mengenai fungsi sistem kekebalan tubuh seseorang, terutama yang berkaitan dengan infeksi atau penyakit autoimun. 

Perlu diketahui kalau antibodi IgG termasuk jenis antibodi yang kapasitasnya cukup banyak di dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Antibodi ini dapat melindungi dari segala infeksi.

Baca juga: Ini Dia! Bukti Ilmiah Probiotik Bikin Anak Sehat dan Lebih Bahagia

Baca juga: Penting! 5 Cara Ini Mendukung Kesehatan Mental pada Anak

3. Konsisten melakukan terapiĀ 

Kalau terapi demi terapi sih udah dari umur 2 tahun, sekarang malah senin sampai jumat. Kebayang pasti padatnya jadwal mereka kayak apa. Sabtu biasanya les renang, habis itu kita jalan-jalan. Jadi emang juara banget ini semua suplemen yang dianjurkan oleh Debby Jean-Marie. Nah, kemarin Arsan badannya sempat panas, aku nggak kasih obat apa-apa. Hanya suruh minum air putih banyak-banyak, fish oil dan probiotiknya ditambahkan. Alhasil sore hari udah kayak kecoak kepanasan lagi, nggak bisa diam dan terus lari-lari. Keduanya sudah bertahun-tahun nggak pernah minum obat lagi. Semua diganti suplemen dan makan-makan yang baik untuk tubuh. 

Agatha Suci berusaha konsisten melakukan terapi untuk Kahlia Adinda dan Arsa Nuraga. Selain itu, kebiasaan buruk yang selalu mengandalkan obat pun sudah dihentikan dengan menggantinya bersama suplemen serta makanan sehat. 

Melalui InstaStory pribadinya, Agatha Suci juga mengungkapkan kalau kedua anaknya masih masih mengonsumsi kaldu ayam yang setiap harinya dibuat sendiri di rumah. 

Emang semua takes a lot of effort. Mau yang terbaik memang perlu usaha. Ya ribetnya, ya uang yang perlu dikeluarkan. Makanya saya dan suami harus giat kerja. Buat Mama Papa yang lain harus bisa selalu semangat. Jangan pernah memikirkan hasil. Usaha saja dulu dengan sebaik-baiknya. Namanya buat anak, kita pasti lakukan apa saja. We will do whatever it takes! Sehat selalu ya semua!   

Wah, salut ya dengan perjuangan Agatha Suci dalam membesarkan dan merawat kedua anaknya. Semoga perjuangan dari Agatha Suci bisa ditiru dan menjadi inspirasi tersendiri ya, Ma!

Baca juga: Curhat di Instagram, Rachel Vennya Sempat Melakukan Terapi Emosi